Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kanye West Membuka Presentasi Balenciaga di Paris Fashion Week

Rapper dan desainer Kanye West, kini dapat memasukkan profesi model ke dalam sederet pengalamannya.

Kanye West Membuka Presentasi Balenciaga di Paris Fashion Week
Courtesy of BAZAAR US

Rapper dan perancang busana ini mengejutkan penonton dalam pertunjukkan musim Spring/Summer 2023 rumah mode Balenciaga, saat membuka presentasi, Kanye berjalan pada runway yang berlumpur di Parc des Expositions, ia mengenakan jaket gaya militer yang dihiasi dengan celana kulit hitam yang serasi, serta tudung jaket yang ditarik ke atas.

Baca juga: Memperkenalkan Konsep Perfomative Coupledom Kepada Generasi Ini

Rapper dan direktur kreatif dari Balenciaga, Demna, telah berteman lama, dengan Kanye. Selama masa jabatan Demna di rumah mode tersebut, bintang itu telah memakai merek Balenciaga secara eksklusif. Teman-temannya bahkan berkolaborasi pada lini kapsul utilitarian miliknya pada awal tahun ini, Yeezy Gap Engineered by Balenciaga. 

Penampilan Kanye juga berada di daftar deretan upaya Balenciaga untuk memilih bintang besar sebagai model; rumah mode ini Juli lalu menampilkan model seperti Dua Lipa, Nicole Kidman, dan Kim Kardashian. 

Dalam catatan acara hari ini, Demna menjadikan kumpulan lumpur dystopian, yang meliputi genangan air dan tumpukan lumpur, sebagai "metafora untuk menggali kebenaran dan turun ke bumi." Ia juga mengungkapkan niatnya untuk membiarkan suasana pertunjukan berlangsung di tengah genangan air dan tumpukan lumpur, ucapnya.

"Saya telah memutuskan untuk tidak lagi menjelaskan koleksi saya dan mengungkapkan desain saya, tetapi untuk mengekspresikan keadaan pikiran saya," tulisnya. "Saya benci mengkotak-kotakkan, individualisme dalam mode diturunkan menjadi tren semu yang ditentukan oleh postingan dalam stories dari beberapa selebriti saat ini."

Perancang busana ini juga menulis sentimen anti-perang, mengingat kembali catatannya untuk pertunjukan musim dingin 2022, yang berlangsung setelah Rusia menginvasi Ukraina. "Mari kita biarkan semua orang menjadi siapa saja dan menyebarkan cinta, bukan perang," tulisnya.

Baca juga:

Julia Fox dan Kanye West Tampaknya Tak Bisa Berhenti Tampil Kembar selama Paris Fashion Week

Pertunjukan Perdana Kolaborasi Yeezy dan Gap Akhirnya Hadir

(Penulis: Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)