Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alasan Anda Perlu Jadikan Kesenangan Sebagai Prioritas!

Apa kesenjangan waktu luang, dan bagaimana kita menutupnya?

Alasan Anda Perlu Jadikan Kesenangan Sebagai Prioritas!
Courtesy of Bazaar UK

Kita semua pernah mendengar tentang kesenjangan upah gender, tetapi bagaimana dengan kesenjangan waktu luang? Waktu luang memainkan peran penting dalam kesehatan, produktivitas, dan kesejahteraan kita, namun menurut laporan ONS, pria menghabiskan rata-rata lima jam lebih banyak dalam seminggu untuk melakukan aktivitas waktu luang daripada wanita (yang berarti sekitar 260 jam lebih banyak per tahun).

Baca juga: 9 Cara Mudah Mengatur Keseimbangan Hidup Kerja dan Pribadi

Terutama pada saat begitu banyak wanita berjuang untuk tetap bekerja, mengapa kesetaraan waktu senggang itu penting? Penulis pilihan klub buku Reese Witherspoon Fair Play dan pakar manajemen waktu Eve Rodsky mengeksplorasi pertanyaan ini, bersama dengan solusi praktis, dalam buku barunya, Find Your Unicorn Space: Reclaim Your Creative Life in a Too-Busy World.

Eve mendorong pembaca untuk "merebut kembali hak mereka untuk menjadi menarik" dengan mengambil ruang dalam jadwal sibuk mereka untuk rekreasi dan kreativitas, yang ia sebut sebagai "Unicorn Space".

Meskipun mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, bahkan kadang-kadang berpotensi memanjakan diri sendiri, bersenang-senang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita, dan oleh karena itu merupakan bagian kunci (jika sering diabaikan) dari perjuangan untuk kesetaraan gender.

Apa itu waktu luang, atau Unicorn Space?

Dalam Leisure: The Basis of Culture, filsuf Josef Pieper menunjukkan bahwa kata Yunani untuk waktu luang adalah akar etimologis dari kata "sekolah". Jauh dari konsep pasif, waktu luang terhubung dengan pembelajaran, kontemplasi, pemikiran kreatif, dan tindakan.

Eve mengambil langkah lebih jauh untuk pembaca modern dengan membedakan antara istirahat atau perawatan diri (yang mencakup hal-hal seperti cukup tidur dan olahraga), bersosialisasi, dan Unicorn Space. Didefinisikan sebagai waktu pribadi yang dihabiskan untuk mengembangkan “karunia, minat, dan bakat alami, yang membuat Anda menjadi diri yang unik”.

Apa pun yang membuat Anda bersemangat dan membuat Anda merasa segar kembali diperhitungkan, baik itu belajar bahasa, mengambil foto, atau menghadiri kelas dansa. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai, di luar pekerjaan dan pekerjaan rumah tangga, dapat membantu Anda menemukan kembali rasa identitas dan tujuan, yang mengarah pada peningkatan ketahanan emosional dan rasa kepuasan yang mendalam.

Kenyamanan seharusnya tidak selalu tentang kemewahan, bahkan jika sering terasa seperti itu

Pada Find Your Unicorn Space, Eve menggunakan penelitian ekstensif untuk menunjukkan betapa pentingnya kita mempertahankan waktu luang dan ekspresi diri yang kreatif. “Menurut sebuah penelitian di Selandia Baru, terlibat dalam ekspresi kreatif seperti yang saya gambarkan berkontribusi pada 'spiral ke atas' emosi positif, kesejahteraan psikologis, dan perasaan 'berkembang' dalam hidup, yang didefinisikan para peneliti sebagai perasaan terlibat dalam kehidupan sehari-hari, dapat mengalami pertumbuhan pribadi yang positif dan membina hubungan sosial,” tulisnya.

Seperti yang ditunjukkan Eve, penelitian menunjukkan bahwa waktu luang (dan kekurangannya) juga memiliki dampak besar pada kesehatan fisik dan mental kita. Dalam satu penelitian yang dilakukan di UCLA yang berfokus pada pasangan berpenghasilan ganda dengan anak-anak, misalnya, Profesor Darby Saxbe menemukan "korban kesehatan sehari-hari" lebih banyak karena pekerjaan rumah tangga dan lebih sedikit waktu luang bagi wanita. “Pasangan yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaan rumah memiliki pemulihan tingkat kortisol, hormon stres yang lebih lemah di malam hari,” jelasnya.

Mengingat buktinya, Eve mendesak pembaca untuk “mulai memikirkan pengejaran aktif dan terbuka ekspresi diri kreatif Anda, bukan sebagai opsional atau sebagai 'tambahan' untuk kehidupan Anda saat ini tetapi sebagai esensial yang mendasar bagi fisik, emosional, dan kesehatan mental secara keseluruhan.”

Namun, penting juga untuk menyadari bahwa lebih sulit bagi sebagian orang untuk mengakses waktu luang daripada yang lain. Misalnya, orang tua tunggal dan orang-orang yang hidup dalam kemiskinan, serta orang-orang kulit berwarna yang sepanjang sejarah memiliki hak untuk bersantai, beristirahat, bermartabat, dan otonomi pribadi yang ditolak oleh masyarakat luas.

Ketika mendesak pembaca untuk tidak mengabaikan waktu luang sebagai kemewahan, Eve mengutip aktivis keadilan sosial Mia Birdsong, “Berpaling dari pekerjaan bisa terasa seperti pemanjaan, tetapi dalam konteks kapitalisme, tindakan sukacita adalah bentuk pemberontakan dan penegasan kehidupan, cinta, kreativitas, keterhubungan, dan semangat.”

Cara menciptakan lebih banyak ruang untuk bersantai dan bersenang-senang dalam hidup Anda

“Langkah pertama untuk menjaga waktu Anda adalah kesadaran,” kata Eve. “Apakah Anda bekerja seolah-olah waktu Anda bertambah untuk memenuhi kebutuhan orang lain? Jika demikian, Anda perlu menyadari bahwa waktu Anda berharga dan terbatas. Selagi banyak pria bahkan tidak mempertanyakan apakah mereka 'diizinkan' waktu luang, Anda mungkin perlu melatih kembali otak Anda untuk mengatasi beberapa pesan toxic yang dikirim oleh budaya kita tentang waktu perempuan dan bagaimana seharusnya dihabiskan.”

Penelitian terbaru dari badan amal pendidikan The Female Lead menegaskan betapa pentingnya mengakui masalah dan mengubah pemikiran Anda tentangnya. Laporan Women at Work mereka menunjukkan bahwa akar masalah yang mendasari banyak masalah yang membuat perempuan berada pada posisi yang kurang istimewa dalam masyarakat adalah "pola pikir yang tidak memiliki hak". Seperti yang mereka katakan, "jika wanita mengharapkan lebih sedikit, maka mereka tidak akan mengeluh tentang memiliki lebih sedikit". Intinya, kita harus mulai berharap lebih.

Setelah menyadari pentingnya Unicorn Space, Eve mengatakan bahwa langkah selanjutnya untuk memiliki lebih banyak waktu luang adalah mempraktikkan penetapan batas yang lebih baik. “Membingkai ulang cara Anda berpikir tentang waktu Anda hanyalah bagian dari persamaan. Pengaturan batas, di mana Anda dengan sengaja mempertaruhkan dan menjaga waktu Anda, membuatnya utuh, ”tulisnya. “Jaga ruang dan waktu Anda,” desak Eve, “dengan mengomunikasikan secara jelas dan hormat apa yang Anda butuhkan dan mengapa Anda membutuhkannya dan mengungkapkan penghargaan, sebelumnya, karena batas Anda dihormati.”

Jangan takut untuk memulai dari yang kecil juga. Eve dan kelompok penelitiannya menemukan bahwa “bahkan dalam dosis kecil, yang sebagian besar dari kita miliki pada hari tertentu, menciptakan ruang dan waktu tanpa gangguan untuk hal-hal yang memberi kita kegembiraan dan meningkatkan diri kita (dan yang dapat kita bagikan dengan orang lain), menanamkan hidup kita dengan makna dan tujuan yang lebih besar.”

Semua bukti menunjukkan bahwa waktu "ajaib" yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang membuat kita bersemangat dapat membantu kita melawan stres dan menghindari kelelahan, dan merupakan alat penting untuk membantu kita mengatasi badai kehidupan yang tak terhindarkan. Seperti yang dikatakan Eve, "Anda terlibat dalam penindasan Anda sendiri ketika Anda dengan rela menempatkan diri Anda dan waktu Anda kedua atau terakhir."

Jadi, anggap ini sebagai ajakan bertindak untuk semangat untuk bersenang-senang. Pernahkah ada cara yang lebih menyenangkan untuk melawan patriarki?

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Find Your Unicorn Space oleh Eve Rodsky keluar 28 Desember 2021.

Baca juga:

5 Alasan Rehat Dari Sosial Media Baik Bagi Kesehatan Mental

Ini Manfaat Ritual Berendam atau Mandi Mewah yang Termasuk Self-Healing untuk Melepas Penat di Rumah

Beauty Experience: Relaksasi Rambut di Tengah Kesibukan

(Penulis: Sophie Caldecott; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)