Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tren Kacamata 2022 untuk Menambah Gaya Tahun Depan

Model kacamata tahun depan berbicara tentang warna, motif, dan frame.

Tren Kacamata 2022 untuk Menambah Gaya Tahun Depan
Layout by Sophie El Fasya

Selain tabir surya, kacamata merupakan salah satu aksesori penting yang wajib Anda bawa untuk perjalanan liburan musim panas. Bagi Anda pencinta fashion khususnya bagian aksesori, pastinya akan terus mengikuti perkembangan trennya yang selalu memikat hati dari tahun ke tahun.

Dan sepertinya tren kacamata mendatang akan kembali membuat momen liburan Anda semakin menyenangkan dengan variasi pada warna, motif, dan juga frame. Semuanya telah disetujui oleh beberapa runway yang telah mengenakannya dalam presentasi Spring/Summer 2022 luar biasa seperti dari Versace, Christian Dior, hingga Mark Fast. 

Baca juga: Tren Aksesori yang Akan Naik Daun dari Akhir Tahun 2021 sampai 2022

Jika Anda tidak menyukai kacamata untuk menemani hari-hari liburan (yang identik dengan lensa hitam), tenang saja, ada juga model kacamata yang dapat Anda gunakan untuk berjalan santai dengan gaya. Simak seluruh tren kacamata 2022 yang akan menambah gaya pada padu padan busana Anda, di bawah ini!  

1. All Over Face

Bora Aksu
Bora Aksu

Pemakaian masker mungkin saja akan diikuti dengan "masker mata". Kacamata ini tidak hanya akan melindungi mata Anda tetapi juga hampir seluruh wajah Anda, terlebih yang miliki wajah kecil. Bora Aksu memilih model kecamata besarnya berbentuk kotak besar dengan lensa gradasi yang elegan. Namun berbeda untuk Lacoste yang memadukan kacamata kotak besar, hampir seperti kacamata aktivitas ski, dengan rincian tangkai penyambung perak di atasnya.

Lacoste
Lacoste

2. Bold Frame

Versace
Versace

Tampilkan keberanian Anda dengan bingkai bold. Selain Anda bisa memainkanya dengan pilihan warna, Anda juga dapat memilih bingkai tebal dengan berbagai bentuk. Versace menampilkan salah satu kacamata bingkai tebalnya dengan warna hijau terang dan lensa yang serasi. Untuk Anna Sui, merek tersebut memilih untuk tampil lebih unik dengan frame bulat dan gradasi yang sempurna. 

Anna Sui
Anna Sui

3. Sci-Fi Rise

Balenciaga
Balenciaga

Masih terinspirasi dengan gaya di film Matrix, tren kacamata seperti robotik masih banyak muncul pada runway Spring/Summer 2021, tetapi kami tidak bisa komplain karena tampilannya yang semakin keren dan edgy. Anda bisa mencoba seperti yang ditampilkan oleh Balenciaga, di mana mereka miliki desain timbul di bagian bawah mata yang memberikan Anda looks layaknya berada di dunia robotik yang sangat modern. Jika Anda lebih berani akan selera padu padan busana, Anda bisa mencoba kacamata dari Acne Studios yang menampilkan dunia robotik feminin dengan desain bunga metalik.

Acne Studios
Acne Studios

4. Watch Grip

Balmain
Balmain

Masih ingatkah Anda dengan jam tangan klasik Rolex atau merek jam lainnya yang miliki strap rantai khas? Ya, model rantai itu dijadikan gagang kacamata. Mungkin saja, ide kreatif ini dibuat karena sudah jarang sekali orang yang kenakan jam klasik dibandingkan smart watch yang miliki ciri strap sendiri. Kita tidak pernah tahu. Namun, apa pun itu inspirasinya, Balmain berhasil menampilkan kacamata yang akan terlihat di mana-mana tahun depan.

5. Cat-Eye Shade

Christian Dior
Christian Dior

Selain riasan mata, ada kacamata cat-eye yang bisa melengkapi tampilan Anda. Christian Dior merancang kacamatanya dengan sentuhan emas elegan yang membingkai ujung lensa serta memadukannya dengan lensa transparan merah yang indah. Sedangkan koleksi rancangan Andreas Kronthaler untuk Vivienne Westwood, memilih kacamata transparan total dengan model bingkai cat-eye

Andreas Kronthaler for Vivienne Westwood
Andreas Kronthaler for Vivienne Westwood

6. Frame Doesn’t Exist

Emporio Armani
Emporio Armani

Entah mengapa, ternyata kacamata tanpa bingkai terlihat sangat berkelas. Selama ini kacamata memiliki ciri khas yaitu bingkai, yang bisa miliki bentuk bermacam-macam, tapi pada zaman ini hal tersebut sudah tidak lagi berlaku. Emporio Armani miliki desain kacamata tanpa bingkai ungunya dengan lapisan transparan di atasnya, untuk memastikan rancangannya tidak polos dan membosankan. Untuk Hui, mereka memadukan model kacamata ini dengan bentuk klasik aviator.

Hui
Hui

7. Reflector

Giambattista Valli
Giambattista Valli

Anda tidak perlu cermin untuk melihat keadaan tampilan make-up, jika Anda miliki kacamata dengan lensa reflector. Dalam pandangan kami, kacamata ini berteriak chic! Lihat saja dari pilihan warnanya, sangat berbeda dari lensa transparan, lensa ini miliki warna yang lebih vibran yang tentunya lebih menyenangkan untuk dipadupadankan. Lihat saja reflector dari Giambattista Valli, yang memilih warna hijau emerald, apa kurang cantik? Walau berbeda warna dengan Rick Owens, namun keduanya sama-sama menawan! Rick memilih warna oranye-kuning-merah yang menyatu.

Rick Owens
Rick Owens

8. Rectangle Block

Mark Fast
Mark Fast

Meski hanya menutupi setengah mata Anda, model rectangle block tetap menjadi salah satu pilihan favorit Bazaar. Semua tentangnya dapat membuat tampilan menjadi lebih trendi. Baik tanpa bingkai seperti presentasi Mark Fast ataupun berbingkai balok seperti milik Richard Quinn. 

Richard Quinn
Richard Quinn

9. Never Ending Prints

Missoni
Missoni

Jika membicaranya motif, tidak akan pernah selesai. Motif baju, celana, tas, hingga kacamata saja miliki motifnya sendiri. Dari bentuk bingkai kotak, bulat, segitiga, hingga oval, tidak akan salah jika diberikan sentuhan motif, karena itulah yang akan membuat tampilan Anda menarik. Seperti motif tribal dari Missoni dan motif abstrak warna-warni dari MSGM.

MSGM
MSGM

Baca juga:

Beberapa Tren Tas dari Runway Fashion Week yang Akan Marak Tahun Depan!

Varian Jaket Gaya '90-an yang Kini Kembali Tren, Ada Favorit Anda?

Pilihan Kacamata Bening Stylish Untuk Melindungi Diri

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of IMAXTREE)