Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Siasat Road Trip Aman Semasa Pandemi

Perlindungan pertama selama roadtrip, terlebih di masa pandemi.

Siasat Road Trip Aman Semasa Pandemi

Satu tahun lalu, semua orang bebas memilih destinasi liburan atau sekadar staycation di akhir pekan. Selain memilih destinasi, moda transportasi juga disesuaikan dengan preferensi masing-masing (meski sebagian besar memilih pesawat untuk efisiensi waktu dan kenyamanan). Namun, masa pandemi menghentikan segala rencana liburan ke luar negeri maupun luar kota tanpa batas waktu yang pasti. Kini hanya ada satu hal yang jelas adanya bagi Anda yang merindukan pengalaman berkelana ke luar kota, kenyamanan mobil pribadi masing-masing.

Jalur darat menjadi satu-satunya jalan bagi kita semua untuk lepas dari rutinitas dan mungkin melepas rindu dengan anggota keluarga, road trip menjadi sebuah tren di era new normal saat ini. Meski tidak serumit ketika traveling dengan transportasi lain seperti pesawat dan kereta, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal berikut sehingga dapat menikmati keindahan Tanah Air dan tetap aman.

  1. Sebelum melakukan road trip

    Kondisi kendaraan pribadi Anda harus menjadi prioritas utama sebelum melakukan road trip. Mulai dari hal yang sederhana (tetapi lebih sering dilakukan ketika mengalami kerusakan) adalah membaca buku panduan kendaraan Anda dari halaman pertama hingga terakhir untuk memastikan berbagai sistem yang harus mendapatkan perawatan ekstra sebelum Anda siap berangkat.

    Setelah membaca manual, terdapat tiga esensial dalam kendaraan yang perlu Anda perhatikan yaitu: ban, oli, dan kondisi lampu. Pastikan tekanan udara di dalam ban secara rutin setiap minggu, khususnya beberapa minggu menjelang keberangkatan Anda. Hal tersebut perlu dilakukan karena ketika berada di jalan raya, tekanan di dalamnya akan meningkat ketika mengalami gesekan dengan aspal.

    Berikutnya, oli. Ketika Anda mengendarai kendaraan dalam keseharian, kadar oli hanya berkurang seperempat sebelum mengganti dengan oli yang baru. Jika Anda membiarkannya, hal tersebut dapat membahayakan mesin kendaraan Anda.

    Terakhir adalah memastikan lampu kendaraan Anda berfungsi maksimal. Tidak hanya lampu bagian depan, tetapi juga penanda arah dan lampu penanda rem. Kemudian melakukan pengecekan setiap bulan. Sebab adalah beberapa jenis lampu yang dengan mudah diperbaiki ataupun dirawat, tetapi jika jenis lampu kendaraan menggunakan teknologi LED membutuhkan pekerjaan lebih ekstra untuk memperbaikinya.

  2. Riset dan reservasi

    Dengan virus yang menghantui kehidupan semua orang saat ini, berbagai tindakan harus dilakukan untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. “Jika Anda ingin bepergian, Anda tidak akan bebas dari risiko,” ungkap Dr. Sandra Albrecht, seorang ahli epidemiologi dari Columbia’s Mailman School of Public Health kepada sebuah media. Sandra juga mengungkapkan bahwa Anda dapat menikmati hidup dan liburan dengan tetap bijak dalam berperilaku selama berpelesir.

    Dimulai dari akomodasi, sebelum Anda melakukan reservasi, pertanyaan wajib ditanyakan adalah: Kapan terakhir kamar tersebut ditempati? Menurut Sandra, kamar hotel dapat digunakan kembali setidaknya tiga hari setelah penggunaan sebelumnya. Jika petugas hotel atau akomodasi yang Anda pilih tidak dapat memberikan jawaban, maka untuk perjalanan kali ini, Anda perlu mencari tempat menginap yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik (atau mencari camping spot dan bermalam di sana. Lakukan pengecekkan maupun reservasi di setiap akomodasi pilihan Anda, serta membaca panduan maupun peraturan yang diterapkan masing-masing kota sebelum menjelajahinya.

    Kemudian, melakukan riset terkait tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, tidak hanya mencari tahu jam operasional terbaru di masa pandemi, tetapi juga memahami protokol kesehatan yang diterapkan tempat tersebut. Selain itu, memahami rute pada peta sehingga dalam perjalanan, Anda dapat lebih menikmati pemandangan selama menyusuri setiap rutenya. Lalu, pastikan Anda mengunjungi kota-kota kecil dengan fasilitas SPBU maupun supermarket untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar maupun persediaan camilan yang menemani perjalanan Anda. Meski, himbauan social distancing juga berlaku ketika Anda berkelana ke tempat-tempat yang cenderung lebih sepi, jangan membuat perjalanan Anda kehilangan kesempatan untuk mengenali kehidupan masyarakat di kota-kota yang dilalui.



  3. Selama melakukan road trip

    Masker dan pembersih tangan menjadi esensial semua orang sejak virus COVID-19 menyerang seluruh dunia, termasuk ketika Anda ingin berkelana dan melepaskan penat. Kenakan masker setiap saat, selain keberadaan regulasi penggunaan masker wajah yang semakin ketat di setiap toko maupun restoran yang Anda kunjungi. Selain itu, membawa tisu pembersih atau pembersih tangan (dengan kandungan minimal 60% alkohol), terlebih ketika keluar dari mobil.

    Biasakan diri untuk mencuci tangan secara menyeluruh (dengan sabun dan air minimal 20 detik) setelah menggunakan kamar kecil, dan kembali membersihkan tangan ketika masuk ke dalam mobil. Lalu, ketika berada di tempat umum seperti restoran atau SPBU, manfaatkan fasilitas tersebut tanpa lupa memastikan kebersihan area tersebut.

    Selain itu terapkan kebiasaan untuk menjaga jarak minimal dua meter ketika mengantri di supermarket, membeli makanan, atau tempat-tempat umum lainnya. Namun, jika Anda dapat mempersiapkan camilan atau bekal makanan untuk dinikmati sepanjang perjalanan, mungkin Anda ingin menikmati makan siang dengan pemandangan sawah hijau di dalam kenyamanan kendaraan pribadi bersama orang-orang tersayang.

    Berhati-hati dalam berkendara. Mungkin terdengar seperti pesan yang selalu Anda dengar ketika pergi ke luar kota melalui jalur darat. Namun, kita semua baru saja menjalani masa karantina di rumah masing-masing, dan kembali memegang kursi kemudi setelah lebih dari enam bulan tidak berkendara membutuhkan penyesuaian. Jadi, ketika pengendara lain mengemudikan kendaraannya lebih lambat atau bahkan lebih cepat, pastikan Anda berada di dalam posisi aman dan mematuhi rambu-rambu yang berlaku, serta mengemudi sesuai batas kecepatan.

    Terakhir, nikmati petualangan Anda berkelana ditemani pemandangan alam menghiasi setiap sisi jalan raya yang dilalui dan tentunya, menyegarkan mata serta hati yang selama ini diselimuti ketakutan dan kejenuhan di masa pandemi. Road trip dapat menjadi pilihan Anda untuk menikmati liburan bersama keluarga, dan merelaksasi diri.

Selamat mencoba, dan stay safe!

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Michael Pondaag for Harper’s Bazaar Indonesia; Unsplash Martin Kallur)