Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Buckingham Palace Mengumumkan Raja Charles Jalani Pengobatan untuk Masalah Kesehatan Prostat

Kabar ini datang segera setelah Kensington Palace mengumumkan bahwa Putri Kate harus dirawat di rumah sakit.

Buckingham Palace Mengumumkan Raja Charles Jalani Pengobatan untuk Masalah Kesehatan Prostat
Courtesy of Bazaar US

Raja Charles III akan segera menjalani prosedur untuk mengatasi pembesaran prostatnya. Buckingham Palace mengumumkan dalam sebuah pernyataan, bahwa sang Raja akan pergi ke rumah sakit minggu depan untuk menjalani pengobatan.

BACA JUGA: Ucapan Ulang Tahun Manis Raja Charles untuk Putri Kate Middleton

Meskipun kondisinya tidak perlu dikhawatirkan, beberapa kewajiban publik Raja Charles akan ditunda sejenak selama masa pemulihannya.

"Sesuai dengan ribuan pria setiap tahunnya, sang Raja mendapat perawatan untuk pembesaran prostat," demikian pernyataan istana. "Kondisi Yang Mulia bersifat jinak, dan beliau akan pergi ke rumah sakit minggu depan untuk menjalani prosedur korektif. Kewajiban publik Raja akan ditunda untuk sementara waktu selama masa pemulihan."

Walau pun informasinya mungkin terdengar tidak umum untuk seorang Raja, Harper's Bazaar mengerti bahwa Raja Charles berharap dengan membagikan diagnosisnya, bisa mendorong orang lain yang mengalami gejala serupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut NHS, pembesaran prostat yang bersifat jinak tidak bersifat kanker dan tidak menunjukkan kemungkinan lebih tinggi untuk mengembang menjadi kanker prostat. Sebaliknya, kondisi ini bisa menyebabkan tekanan pada kandung kemih dan uretra, yang mengakibatkan kesulitan buang air kecil atau sering buang air kecil. Cara pengobatannya tergantung pada seberapa parah gejalanya, bisa melibatkan perubahan gaya hidup dan diet, penggunaan obat, atau bahkan operasi.

Diagnosis sang Raja datang tak lama setelah Kensington Palace mengumumkan bahwa Catherine, Putri Wales, harus dirawat di rumah sakit setelah menjalani "operasi perut yang direncanakan."

Wales tidak memberikan detail sejelas yang diberikan Raja Charles, melainkan menyatakan bahwa sang putri "menghargai keingintahuan yang mungkin muncul dari pernyataan ini. Ia berharap masyarakat dapat memahami keinginannya untuk menjaga kehidupan normal semampunya bagi anak-anaknya; dan agar informasi medis pribadinya tetap bersifat pribadi."

Diperkirakan Kate akan tetap dirawat di rumah sakit selama hingga dua minggu, dan setelah itu baru akan kembali ke tugas kerajaan pada akhir bulan Maret.

BACA JUGA:

Biografi Kerajaan Terbaik untuk Dibaca

Kartu Natal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)