Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Trik Padu Padan Denim dengan Berbagai Warna

Beragam cara untuk memakainya!

Trik Padu Padan Denim dengan Berbagai Warna
Courtesy of Unsplash

Mungkin, bisa dikatakan, hampir semua orang memiliki denim di lemarinya. Bahan yang sudah berumur kurang lebih 200 tahun ini dikenal dengan warna biru, dan ketahanannya. Tapi apakah denim hanya sebatas warna biru? 

BACA JUGA: Trik Mengenakan Kemeja Denim untuk Segala Tipe Tubuh

Di era modern ini, ada banyak sekali cara untuk berkreasi dengan denim. Beberapa di antaranya mampu mengubah warna, hingga tekstur yang dimiliki denim. Tentu saja, ini menjadi bagian menarik ketika memiliki denim. Permainan padu padan pakaian di lemari Anda akan semakin beragam, dengan kehadiran berbagai proses ini. 

Semakin banyak ragam, semakin banyak juga keputusan untuk diambil. Jeans denim washed blue cocoknya dengan atasan seperti apa? atau mungkinkah jaket denim biru dongker pantas dipakai dengan bawahan berwarna hitam? Berbagai pertanyaan serta keraguan terbersit di benak Anda ketika melihat isi lemari. 

Worry not! Anda akan terbebas dari paradox of choice ini, dan melangkah dengan busana yang apik, dengan bantuan trik dari Bazaar!

Courtesy of Pexels

Warna-warna denim

Warna pada denim bergantung pada proses washing dan dyeing yang dialami oleh bahan tersebut. Setidaknya ada beberapa warna umum yang kerap dijumpai:

1. Indigo

Warna ini berada di spektrum antara warna biru dan ungu. Warna ini awalnya berasal dari tanaman, namun sekarang dilakukan secara kimiawi. Jika menggunakan tanaman Indigo murni dapat menghasilkan warna biru yang indah, yang tak dapat diduplikasi oleh pewarna lainnya. 

2. Tinted

Memiliki warna krem muda atau menyerupai kopi. Dihasilkan melalui sandblasting, yakni menembakkan pasir ke permukaan kain dalam kecepatan tinggi. Hasilnya pun berupa denim yang memiliki kesan worn out look. 

3. Rinse wash

Teknik ini digunakan untuk tetap mempertahankan warna gelap yang ada pada denim. Oleh sebab itu, denim yang dihasilkan cenderung berwarna biru gelap hingga hitam. 

4. Bleach wash

Denim direndam dengan pemutih, untuk menghilangkan warnanya. Kadar pemutih mempengaruhi hasil akhir denim yang diinginkan. Umumnya denim yang melalui proses ini memiliki warna dalam rentang biru muda hingga putih. 

5. Stone wash 

Jika metode sandblasting menghasilkan efek kecoklatan, maka stonewashing menghasilkan efek berwarna putih, dan memudarkan warna biru gelap bawaan dari denim. Namun berbeda dengan bleach yang sifatnya menyeluruh, di proses ini lebih menyerupai efek memudar dan worn out. 

Setelah mengenal jenis-jenis warna denim, berikut ada beberapa inspirasi padu padan yang patut Anda terapkan. Mulai dari tampilan influencer hingga koleksi merek dunia!

Worn out jeans dengan atasan menggoda

Masih ingat campaign Acne studio yang dibintangi oleh Kylie Jenner beberapa saat lalu?

Acne Studio sedang bereksperimen dengan jeans yang kotor, dan usang. Serta, Anda dapat mensonteknya! Celana jean tinted low waist, digabungkan dengan atasan rajut pas badan, dengan berbagai cut out di bagian depannya. Kombinasi yang sesuai sebagai busana kasual!

Courtesy of Acne Studios

Pop-up Color

Jika rekomendasi sebelumnya kurang sesuai bagi Anda yang ingin berpenampilan lebih santai dan tak mengundang perhatian. Lirik saja salah satu look dari merek Jepang ini, Masu. Padukan jaket denim gelap Anda dengan bawahan hitam, namun berikan warna pada kaus, dan alas kaki yang Anda kenakan (atau mungkin, berbagai aksesori lainnya. 

Dengan ini tampilan santai Anda tetap punya sorotannya tersendiri, namun tidak terlalu mencolok.

Courtesy of Masu

Smart Look

Walau jeans sering dikaitkan dengan busana kasual, bukan berarti ia tak bisa menjadi salah satu ansambel smart look. Ini tentu saja dibuktikan melalui padu padan milik Elxi Elvina. Celana jeans patched, ia padukan dengan atasan kaus putih, rompi krem dengan lis coklat, dan topi breton. 

Courtesy of @elxielvina

Streetwear asimetris 

Ader Error, brand asal Korea Selatan yang terkenal dengan karyanya yang ganjil namun artistik. Kali ini salah satu look dari koleksi Fall/Winter 2020 patut Anda tiru. Hoodie hijau olive melapisi kaus biru cerah, dengan sentuhan berbagai jenis warna coklat pada aksesorinya, tentu saja tak akan sempurna. Jika tidak dikombinasikan dengan  detail washed asimetris pada jeans, memberikan sorotan atraktif. 

Courtesy of Ader Error

Jika ragu, gunakan warna putih!

Warna putih senantiasa sesuai dengan berbagai warna lainnya, termasuk dengan beragam warna denim, dan tentunya Coperni setuju dengan ini. Look yang satu ini tentu saja pembuktiannya. Celana jeans straight cut, dipadankan dengan atasan dalam berbagai shade putih. Mulai dari paling luar, blazer putih gading, dengan kemeja oversized berkerah turun, dan dalaman putih sheer. Chic!

Courtesy of Coperni

BACA JUGA:
Inilah Cara Merawat Pakaian Denim Menurut Ahlinya
40 Tampilan Denim Ikonis dalam Sejarah Perfilman Hollywood

(Foto: Courtesy of Coperni, Ader Error, Masu, Acne Studios, Pexels, Unsplash dan @elxielvina)