Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Buku Fiksi yang Wajib Masuk dalam Daftar Baca Tahun 2023

Berikut adalah 10 rilis buku baru terbaik di tahun ini.

Buku Fiksi yang Wajib Masuk dalam Daftar Baca Tahun 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Tahun baru berarti daftar segar dari rilis buku fiksi baru yang menarik juga tiba! Mulai dari novel karya Bret Easton Ellis yang paling ditunggu-tunggu sejak terakhir merilis karya 13 tahun lalu hingga karya Diana Evans, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 20 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Anda Baca di Pantai

Ada juga daftar debut yang memukau untuk diketahui, termasuk Maame karya Jessica George, Nothing Special yang mencengangkan dari Nicole Flattery, dan cerita saga dari keluarga luar biasa Wiz Wharton, Ghost, Girl, Banana.

Di bawah ini Bazaar merangkum 10 novel yang dapat Anda bersemangat menjalani hari-hari di tahun 2023...

The Shards karya Bret Easton Ellis

The Shards by Bret Easton Ellis best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Salah satu buku sastra terbesar tahun 2023, yaitu The Shards yang merupakan novel terbaru karya Bret Easton Ellis dalam 13 tahun. Penulis American Psycho kembali dengan gaya khas-nya. Memusatkan sentral pada tiap karakter, namun dengan penuh imajinasi, novel ini berfokus pada seorang pahlawan yang harus menavigasi keinginan dan paranoianya sendiri saat seorang pembunuh berantai berkeliaran di sekitar area kampus. Selamat datang kembali, Easton Ellis!

The Shards akan rilis pada tanggal 17 Januari.

Maame karya Jessica George

Maame by Jessica George best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Maame bercerita tentang Maddie, seorang wanita muda Inggris berkulit hitam yang ingin mengukir jati dirinya sendiri, jauh dari tekanan rumah dan ekspektasi orang lain. Debut yang berani dan cemerlang, mengatasi kesedihan, ras, keluarga, dan identitas, novel karya Jessica George ini bisa dibilang sangat menyentuh hati yang dikemas dengan hati dan prosa yang berkilau.

Maame akan rilis pada tanggal 14 Februari.

Lady Macbethad karya Isabelle Schuler

Lady MacBethad by  Isabelle Schuler best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Merindukan kisah House of the Dragon? Baca novel debut Isabelle Schuler yang sangat menghibur, yang mengangkat kisah Grouch, Ratu Skotlandia bersejarah yang terinspirasi dari Lady Macbeth karya Shakespeare. Karya ini mengandung semua yang Anda butuhkan dari suatu karya epik yang imersif dan menawan dan dikemas dengan gaya tulisan yang brilian dan plot yang penuh akan sarat ketegangan. 

Lady MacBethad akan rilis pada tanggal 2 Maret.

Nothing Special karya Nicole Flattery

Nothing Special by Nicole Flattery best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Novel pertamanya, Nothing Special sepatutnya menjadi salah satu karya rilis paling menarik di tahun 2023. Bertempat di sekitar Pabrik Andy Warhol yang terkenal di New York tahun 1960-an, ini adalah eksplorasi seks, kebebasan, seni, dan voyeurisme yang memusingkan yang tercermin melalui kehidupan Mae yang berusia 17 tahun. Disusun dengan cekatan dan menawan, itu menandakan kedatangan bakat sastra baru.

Nothing Special akan rilis pada tanggal 2 Maret.

Rootles karya Krystle Zara Appiah

Rootless by Krystle Zara Appiah best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Sebuah saga romantis yang indah yang menyorot rasa sakit dan kegembiraan cinta muda dan kerumitan pernikahan yang sedang dalam kondisi krisis. Krystle sukses melahirkan novel yang unik dan menarik yang mungkin dapat menyaingi novel Normal People. Kaya akan eksplorasi budaya yang menyentuh, novel debut Krystle adalah kisah pedih yang membawanya menjadi salah satu penulis muda baru terbaik yang dimiliki oleh Inggris.

Rootless akan rilis pada tanggal 16 Maret.

A House of Alice karya Diana Evans

A House for Alice by  Diana Evans best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Sosok besar di balik novel Ordinary People yang brilian, penulis dan jurnalis Diana Evans memiliki bakat untuk menciptakan dunia yang kaya dan terealisasi secara mendalam. Maka tidak mengherankan jika novel pertamanya, 26a berhasil memenangkan Betty Trask Award, dan Ordinary People juga sukses masuk dalam nominasi Women's Prize for Fiction. Karya terbarunya, A House for Alice, adalah novel pertamanya sejak tahun 2018 dan layak untuk ditunggu. Narasi yang hangat namun menghancurkan mengangkat dampak tragedi Grenfell, menampilkan kehidupan yang saling terkait dan mengeksplorasi arti sebenarnya dari rumah di dunia yang brutal. Seperti novel karya Diana lainnya, novel ini layak untuk dinantikan.

A House for Alice akan rilis pada tanggal 6 April.

The Five Sorrowful Mysteries of Andy Africa karya Stephen Buoro

The Five Sorrowful Mysteries of Andy Africa by Stephen Buoro best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Debut yang menggemparkan namun di sisi lain juga memilukan, The Five Sorrowful Mysteries of Andy Africa adalah sebuah narasi masa depan yang berlatarkan kekerasan komunal di Nigeria bagian Barat Laut. Mengatasi ancaman dalam mengukir identitas unik di tengah dunia pembantaian dan kebingungan yang juga berada di bawah bayang-bayang kolonialisme, buku yang menarik ini akan membuat Anda jatuh cinta dengan karakter remaja Andy Aziza, dan tidak diragukan lagi akan membuat  Stephen Buoro menjadi seorang bintang.

The Five Sorrowful Mysteries of Andy Africa akan rilis pada tanggal 13 April.

Ghost, Girl, Banana karya Wiz Wharton

Ghost, Girl, Banana by Wiz Wharton best fiction books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Mungkin Ghost, Girl, Banana adalah salah satu novel berjudul paling aneh tahun ini namun dengan salah satu narasi paling unik dan memikat. Ghost, Girl, Banana berlatar di Inggris pada tahun 1960-an dan Hong Kong di tahun 1990-an dan merupakan rangkaian saga dari sebuah keluarga besar yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang kepemilikan, ras, dan pengkhianatan. Memusatkan hubungan ibu dengan anak perempuan yang juga melintasi dekade dan benua, ini membuka rahasia yang menyakitkan dalam novel debut yang kaya dan bermanfaat dari Wiz Wharton.

Ghost, Girl, Banana akan rilis pada tanggal 18 Mei.

The Guest karya Emma Cline

The Guest by Emma Cline Best Fiction Books 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Debut novel Emma yang dirilis pada tahun 2016 dengan The Girls menceritakan kisah seorang gadis yang kesepian di hari-hari gerakan hippie di California memang sungguh sensasional. Dan untuk melanjutkan kesuksesannya, Emma merilis The Guest di tahun 2023 yang  telah lama ditunggu-tunggu. Mengangkat kisah perjalanan memusingkan dari orang kaya di Long Island, novel ini diceritakan dari sudut pandang seorang wanita yang mengalami putus asa dan terisolasi.

The Guest akan rilis pada tanggal 18 Mei.

The Late Americans karya Brandon Taylor

The Late Americans by Brandon Taylor Best Fiction Book 2023
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)

Salah satu yang sangat ditunggu-tunggu adalah novel terbaru dari Brandon Taylor yang bahkan belum memiliki desain sampul. Mengeksplorasi karakter dan pertanyaan kenegaraan dengan prosa yang mengesankan, The Late Americans adalah salah satu karyanya yang paling menarik, sebuah saga yang menampilkan sekelompok teman dan kekasih yang hidupnya mencapai titik yang berbahaya.

The Late Americans akan rilis pada tanggal 22 Juni.

Baca juga:

5 Novel Romantis Terbaru yang Menumbangkan Pikiran Anda Tentang Cinta

10 Buku Coffee Table yang Anda Wajib Miliki di Rumah

(Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)