Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Duchess Meghan Menyumbang Hasil Keuntungan dari Kasus Melawan Tabloid kepada Badan Amal Anti-Bullying

Media The Mail on Sunday telah setuju untuk membayar pelanggaran hak cipta kepada Meghan karena telah melanggar privasinya.

Duchess Meghan Menyumbang Hasil Keuntungan dari Kasus Melawan Tabloid kepada Badan Amal Anti-Bullying

Sebut saja ia sebagai 'Meghan Thee Money". Penerbit surat kabar Daily Mail Inggris telah setuju untuk membayar ganti rugi kepada Duchess of Sussex dalam jumlah yang "signifikan" setelah menerbitkan sebagian besar surat pribadi yang ia kirimkan kepada ayahnya, Thomas Markle.

Baca juga: Duchess Meghan Menjadi Trending Topic Setelah Akhirnya Mengakui Kekalahan di Pengadilan

Dokumen pengadilan yang dilihat oleh Bazaar.com menunjukkan bahwa Surat Kabar Associated akan menyerahkan sejumlah uang yang tidak ditentukan karena telah melanggar hak cipta surat tersebut setelah mereka mempublikasikan catatan tulisan tangan di halaman depan surat kabar tersebut pada hari Minggu dan di beberapa artikel MailOnline pada tahun 2018. Jumlah yang kecil, tepatnya sebesar 1 pound sterling (sekitar kurang lebih dua puluh ribu rupiah) juga akan ditransfer ke Meghan karena telah melanggar privasinya — jumlah “nominal” yang disepakati oleh kedua belah pihak untuk menghindari argumen panjang tentang tingkat kerusakan yang diderita sang bangsawan.

Pada Maret 2021, seorang hakim Pengadilan Tinggi Inggris juga memerintahkan penerbit tabloid untuk mengganti rugi sebagian besar biaya hukum Meghan, yang sekarang diyakini lebih dari 2 juta dollar Amerika. Seorang juru bicara duchess mengonfirmasi kepada Bazaar bahwa pembayaran untuk pelanggaran hak cipta yang sangat besar itu akan disumbangkan ke badan amal anti-intimidasi pada waktunya.

Sebagai bagian dari penyelesaian pengadilan yang terungkap hari ini, 5 Januari, semua media di bawah naungan Mail juga telah diperintahkan untuk tidak pernah mengungkapkan nama lima teman Meghan yang secara anonim berbicara kepada majalah People untuk edisi tahun 2019 yang membahas tentang keluarga kerajaan. Tahun lalu, sang penerbit menjelaskan bahwa mereka ingin menyebutkan nama individu-individu tersebut.

Berita tersebut mengikuti Mail on Sunday dan MailOnline yang memuat pemberitahuan hukum di halaman depan dan halaman beranda yang diperintahkan oleh pengadilan, di samping laporan singkat dari ringkasan keputusan, yang dikirimkan ke koran oleh Hakim Warby. Penerbit berharap berita itu akan tak terlalu menarik perhatian  dengan menerbitkannya pada 26 Desember, salah satu hari pembelian surat kabar paling tenang di kalender Inggris, tetapi pendukung Sussex dengan cepat mengubah #MeghanMarkleWon menjadi tagar trending di seluruh dunia.

Pada bulan Desember, Associated Newspapers kalah dalam banding agar kasus dibuka kembali dan dibawa ke pengadilan setelah tiga hakim di Pengadilan Banding menyimpulkan bahwa Meghan memiliki "hak privasi yang wajar" mengenai isi suratnya yang ia tulis kepada Thomas Markle.

Menyusul kemenangan gandanya, Duchess of Sussex menyebutnya sebagai kemenangan “bukan hanya untuk saya, tetapi bagi siapa saja yang pernah merasa takut untuk membela apa yang benar.” Menanggapi "praktek berbahaya" Mail, ia menambahkan, "Pengadilan telah meminta pertanggungjawaban terdakwa, dan harapan saya adalah kita semua bisa melakukan hal yang sama."

Baca juga:

Pangeran Harry dan Meghan Markle Dikabarkan "Bangga" dengan Keputusan Mereka untuk Meninggalkan Kehidupan Kerajaan

Meghan Markle Panggil Para Senator untuk Bicarakan Cuti Keluarga Berbayar

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)