Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran Charles Puji Kedua Anaknya, William & Harry atas Perjuangan Mendukung Gerakan Ramah Lingkungan

“Dunia berada di ambang kehancuran,” tulis Pangeran Wales dalam sebuah esai tentang perubahan iklim, “dan kita membutuhkan urgensi memobilisasi pijakan dan semangat seperti perang jika kita ingin menang.”

Pangeran Charles Puji Kedua Anaknya, William & Harry atas Perjuangan Mendukung Gerakan Ramah Lingkungan

Ia mungkin pewaris takhta berikutnya, tetapi Pangeran Charles juga seorang ayah yang bangga. Pangeran Wales tersebut memuji Pangeran Harry dan Pangeran William atas upaya lingkungan mereka dalam esai baru untuk Newsweek.

Baca juga: Pangeran Charles "Sangat Bangga" dengan Pangeran William, Menjelang Earthshot Prize Awards

Menulis untuk masalah perubahan iklim, sang pewaris juga membandingkan darurat iklim dengan Krisis Rudal Kuba, dengan alasan bahwa meskipun taruhannya tinggi, umat manusia dapat mengatasi ancaman tersebut.

"Sebagai seorang ayah, saya sangat bangga dengan anak-anak saya yang menyadari ancaman ini," tulis Charles. “Baru-baru ini, putra sulung saya, William, meluncurkan Earthshot Prize, program yang bergengsi untuk mendorong perubahan dan membantu memperbaiki planet kita selama sepuluh tahun ke depan dengan mengidentifikasi dan berinvestasi dalam teknologi yang dapat membawa perbedaan.”

Ia kemudian melanjutkan, "Sedangkan putraku yang lebih muda, Harry, dengan penuh semangat menyoroti dampak perubahan iklim, terutama yang berkaitan dengan Afrika dan berkomitmen untuk badan amalnya."

Ini adalah pertama kalinya Charles berbicara tentang Duke of Sussex sejak ia mundur dari peran kerajaannya pada tahun 2020, dan itu terjadi setelah ratu gagal mengakui kontribusi lingkungan Harry ketika memuji anggota keluarga lainnya tahun lalu.

Harry dan William juga memuji Charles atas ketertarikan mereka terhadap gerakan pro-lingkungan; Charles menulis bahwa ayahnya sendiri juga yang menginspirasinya.

“Enam puluh tahun yang lalu, almarhum ayah saya mengidentifikasi kerusakan yang ditimbulkan umat manusia di planet ini dan membantu mendirikan Dana Margasatwa Dunia,” ujarnya. “Satu dekade kemudian, ketika saya pertama kali berbicara di depan umum tentang lingkungan, banyak yang bertanya-tanya apakah rasa urgensi saya salah tempat. Namun pandangan itu telah bergeser dalam dekade-dekade berikutnya, meskipun terlalu lambat, dan, bahkan hari ini, tidak memiliki urgensi yang dibutuhkan.”

Dalam esainya, ia juga turut menggambarkan degradasi lingkungan yang ia lihat selama kunjungan ke Yordania, Mesir, dan, yang terbaru, Barbados, dan berbagi rencana tiga poinnya untuk “menciptakan planet yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat untuk generasi mendatang.”

Berbicara tentang urgensi bagi orang-orang dan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil tindakan sebelum terlambat, ia berkata, “Saat ini, tidak ada yang lebih mendesak daripada menempatkan alam, manusia, dan planet kita yang tunggal dan rapuh di posisi utama.  Kita harus hidup, bekerja, dan berbisnis untuk menciptakan masa depan yang paling cerah bagi umat manusia.”

Charles menambahkan, “Waktunya sekarang. Mata anak cucu kita menilai kita. Mari kita menjadi generasi yang kuat. Dan ya, saat kita memasuki tahun baru, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.”

Baca juga:

Gayle King Mengungkapkan Bahwa Pangeran Harry Telah Berbicara dengan Pangeran Charles dan Pangeran William setelah Wawancaranya bersama Oprah Winfrey

Pangeran William Menegaskan Bahwa Keluarga Kerajaan Menentang Segala Bentuk Rasisme

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)