Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jangan Asal Pilih, Ketahui Jenis Acid yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Anda!

Dengan memilih jenis acid yang sesuai dengan jenis kulit dapat meminimalisir risiko iritasi dan dapat bekerja secara maksimal untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Jangan Asal Pilih, Ketahui Jenis Acid yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Anda!
Courtesy of Freepik.com

Mendengar kata “acid” di dalam produk perawatan kulit, terbayang kandungan skincare yang harsh dan bisa mengiritasi kulit. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi ketika digunakan pada konsentrasi yang tepat, kandungan acid sebenarnya dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat, kerutan, age spots, dan warna kulit tidak merata.

Dengan begitu banyaknya jenis acid, itu bisa terasa membingungkan, bahkan mana yang harus digunakan dan apa manfaatnya. 

Berikut ini, panduan untuk Anda mengenai jenis acid yang dapat digunakan sesuai dengan jenis kulit. 


Kulit Berjerawat dan Berminyak


Dikutip dari laman kesehatan, jerawat adalah salah satu masalah kulit umum yang dihadapi oleh sebagian besar orang, terjadi karena adanya penyumbatan oleh minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati pada folikel rambut. Berikut adalah beberapa jenis acid yang dapat membantu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat. 


Salicylic Acid


Salicylic acid termasuk ke dalam Beta-Hydroxy Acid (BHA) yang terkenal efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Jenis acid ini berasal dari kulit pohon willow, yang dapat mengurangi dan mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori tetap bersih dan mengontrol produksi minyak di wajah. 


Dikutip dari salah satu laman kesehatan dan lifestyle, menurut Noelani Gonzalez, MD, ahli dermatologi di Mount Sinai di New York City, asam salisilat dapat membantu pengelupasan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 


Azelaic Acid


Azelaic acid adalah jenis acid yang secara alami diproduksi oleh ragi pada kulit yang sehat. Jenis acid ini sangat bagus digunakan ketika ingin mengatasi masalah jerawat besar atau kecil. Ini juga sangat bagus untuk menenangkan kulit yang meradang atau teriritasi, menghaluskan tekstur kulit, mengatasi bintik hitam, dan bahkan dalam sebuah ulasan tahun 2014 yang diterbitkan di The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, azelaic acid juga bagus untuk mengatasi bercak-bercak gelap pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 


Azelaic acid lebih dari sekedar eksfoliator, secara khusus, jenis acid ini dapat menghambat enzim tirosinase, yang terlibat dalam produksi melanin sehingga dapat membantu meratakan warna kulit.


Glycolic Acid


Glycolic acid termasuk Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang berasal dari tebu, dan bisa Anda temukan di banyak produk pembersih, serum, masker, dan pelembap. 


Menurut sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Brazilian journal ABD, jenis acid ini adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat besar atau jerawat kecil, dan hiperpigmentasi. Ini juga bagus untuk membantu memperbaiki dan menghaluskan kulit setelah jerawat (post-inflammatory hyperpigmentation). Dengan kata lain, Anda dapat mengatasi dua masalah kulit sekaligus dengan satu kandungan skincare, yakni glycolic acid


Kulit Kering


Seperti diketahui, kulit kering dapat menyebabkan gatal, bercak bersisik, dan tekstur yang tidak rata pada kulit. Beberapa jenis acid ini sangat bagus untuk menambah hidrasi dan kelembapan pada kulit Anda. 


Ascorbic Acid


Ascorbic acid atau vitamin C adalah salah satu asam terbaik untuk membantu memperbaiki kulit kering dan patchy, serta membuat kulit Anda lebih cerah dan merata. Seperti yang ditunjukan dalam sebuah studi tahun 2014 di Journal of Drugs in Dermatology, asam askorbat adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas, menghambat produksi pigmen, merangsang kolagen, dan juga efektif sebagai anti-aging. 


Hyaluronic Acid


Sudah menjadi rahasia umum jika hyaluronic acid adalah salah satu jenis acid yang sangat baik untuk kulit kering. Berdasarkan sebuah ulasan yang diterbitkan tahun 2018 di International Journal of Biological Macromolecules, hyaluronic acid (HA) berfungsi sebagai humektan kuat, menarik air dari lapisan dermis ke lapisan kulit di atasnya serta mempertahankan kadar air, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Alasan inilah yang membuat hyaluronic acid sangat bagus untuk kulit kering, karena dapat membantu menjaga kulit Anda terhidrasi sepanjang hari dan memberikan tampilan kulit yang sehat. 


Glycolic Acid


Tak hanya baik untuk membantu mengatasi masalah jerawat, glycolic acid juga dinilai sangat bagus untuk kulit kering. Hal ini karena, asam glikolat dapat menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati dan mendorong produksi elastin dan kolagen, yang membuat kulit tampak lebih sehat dan kenyal. Selain itu, glycolic acid juga berfungsi sebagai humektan yang dapat menjaga kelembapan kulit. 


Lactic Acid


Lactic acid termasuk Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang juga sangat baik untuk kulit kering. Menurut sebuah penelitian tahun 2018 di jurnal Molecules, asam laktat adalah jenis acid yang dapat melembapkan dan mengeksfoliasi kulit. 


Dibandingkan dengan glycolic acid, lactic acid dinilai lebih ringan sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda pemilik kulit kering dan sensitif. 


Anti Aging


Tidak pernah terlalu dini atau terlambat untuk mulai memasukkan produk anti-penuaan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Beberapa jenis acid ini dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah penuaan pada kulit. 


Fatty Acid


Sebagai anti-penuaan, asam lemak seperti omega 3 adalah power ingredients. Jenis acid ini mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV dan radikal bebas, membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya, awet muda, dan tampak lebih halus.


Citric Acid


Citric acid atau asam sitrat sangat bagus untuk memerangi tanda-tanda penuaan, karena jenis acid ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel baru. Ini membantu kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih kencang. Asam sitrat juga menyimpan banyak antioksidan untuk melindungi dan membantu melawan penuaan.


Ascorbic Acid


Ascorbic acid atau vitamin C dikenal sebagai superstar ingredients untuk anti-penuaan, karna sifat antioksidan kuatnya yang telah terbukti dapat meratakan warna kulit, meningkatkan hidrasi, dan mencegah penuaan dini. Ini dapat membuat kulit Anda lebih halus dan awet muda. 


Kulit Sensitif


Jika Anda memiliki kulit sensitif, tentu tidak mudah mendapatkan produk perawatan kulit dengan kandungan aktif yang efektif namun tidak menyebabkan iritasi. Beberapa jenis acid ini dinilai efektif mengatasi permasalahan kulit di kulit sensitif tanpa menyebabkan iritasi. 


Hyaluronic Acid


Asam hialuronat adalah jenis acid yang harus dimiliki untuk kulit sensitif karena selain efektif, asam hialuronat juga dinilai sangat lembut di kulit. Apakah Anda menginginkan kelembapan, kulit lebih kenyal, atau ingin mendapatkan kilau sehat dan glowing? Hyaluronic acid adalah pilihan yang tepat!


PHA


PHA (Polyhydroxy Acids) adalah jenis acid yang benar-benar luar biasa untuk kulit sensitif. Ini karena, molekul PHA jauh lebih besar, membuatnya lebih lembut dibandingkan exfoliating acid lainnya. PHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit secara gentle sehingga memiliki risiko iritasi yang lebih sedikit. 

(Foto: Courtesy of Freepik.com)