Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lihat 7 Prediksi Tren Pakaian untuk Pria di Tahun 2021

Inspirasi busana untuk mengawali dekade baru dengan busana modis.

Lihat 7 Prediksi Tren Pakaian untuk Pria di Tahun 2021
Foto: Courtesy of Gucci and Lou Dalton

Dunia mode menghadirkan serangkaian inovasi baru pada tahun 2020 dengan pemanfaatan digital yang maksimum pada masa pandemi. Mulai dari merilis koleksi menggunakan Instagram, pergelaran fashion secara virtual, hingga penggunaan film pendek dengan beragam estetika.

Tak terasa kita sudah memasuki dekade baru, yang artinya, saatnya mengintip prediksi tren fashion 2021. Meskipun tren berpakaian terus berputar dari tahun ke tahun, para penggemar mode sudah mulai mencari tren fashion apa yang paling populer dan digemari untuk musim depan. Dari mulai tren motif, pola pakaian, hingga gaya yang selalu menjadi perbincangan.

1. Tampilan monokrom

Foto: Courtesy of Fendi, Balenciaga, dan No. 21

Foto: Courtesy of Fendi, Balenciaga, dan No. 21

Bukan lagi rahasia bahwa monokrom memiliki magnet yang kuat pada dunia fashion. Pada dasarnya, monokrom identik dengan tampilan skema warna dasar yang memberikan tampilan kohesif. Walaupun tren yang berkembang silih berganti, tampaknya para desainer masih menggemari warna-warna dasar seperti hitam, putih, dan abu-abu. Tren ini mengangkat tema pemblokiran warna secara keseluruhan, menghasilkan busana yang terlihat simpel tapi modis. 

2. Feminin x Vintage

Foto: Courtesy of JW Anderson
Foto: Courtesy of JW Anderson

Saat kebangkitan vintage semakin meningkat dan garis pemisah gender semakin menghalus, Spring/Summer 2021 memperlihatkan warna feminin dalam palet pakaian pria. Mengambil inspirasi dari masa lalu, nuansa cerah dengan sisi feminim yang dipadukan dengan potongan busana retro memberikan statement dalam kombinasi yang tidak terduga seperti yang nampak pada koleksi JW Anderson Spring/Summer 2021.

3. Motif abstrak

Foto: Courtesy of Marni
Foto: Courtesy of Marni

Para penggemar mode memang sudah tidak asing dengan corak pakaian yang memiliki berbagai macam motif atau lebih dikenal dengan abstrak. Motif ini sepertinya tidak ada matinya dalam dunia fashion. Motif abstrak sudah menjadi salah satu motif yang paling banyak digemari dari usia muda hingga usia tua karena menghasilkan penampilan yang segar untuk dikenakan, khususnya pada acara-acara yang santai.

4. Celana pendek dan lebar

Foto: Courtesy of Gucci and Lou Dalton
Foto: Courtesy of Gucci and Lou Dalton

Tren celana pendek tahun 2020 sepertinya akan tetap berjaya di tahun ini. Jumlah celana pendek yang terlihat kebesaran itu terlihat digandakan pada pergelaran di dunia fashion  akhir-akhir ini. Untuk musim Spring/Summer 2021, tampilan itu tampaknya hadir pada hampir seluruh rumah mode termasuk Gucci dan Lou Dalton.

5. Jaket bomber

Tampaknya jaket bomber akan hadir menemani Anda selama musim Spring/Summer 2021. Dan meskipun ini mungkin tidak terdengar seperti berita mengejutkan bagi Anda, para desainer mencoba memberikan inovasi kepada potongan jaket ini dan menghadirkan estetika yang lebih unik dari sebelumnya. Lihat saja koleksi Ader Error yang menawarkan potongan rumit pada seluruh sisi jaket bomber-nya.

Tak hanya Ader Error, Berluti nampaknya juga memampangkan desain bomber jaketnya yang tak kalah keren, menampilkan warna merah bata yang mewah dan corak yang unik.

Foto: Courtesy of Berluti
Foto: Courtesy of Berluti

6. Kardigan klasik

Foto: Courtesy of Gucci and Fendi
Foto: Courtesy of Gucci and Fendi

Sepertinya outer yang satu ini memiliki perjalanan tanpa akhir pada dunia mode, secara diam-diam muncul kembali setiap dekade dan memberikan penawaran dari desain klasik hingga desain kontemporer yang unik. Pakaian multifungsi ini kembali tampil dengan gaya yang tegas namun effortless.

7. Sweater berwarna ceria

Selalu berkembang dengan material, potongan, dan strukturnya, penggemar sweater akan mendapat kabar gembira bahwa musim ini terdapat banyak pilihan sweater baru untuk dipilih. Dari gaya kasual hingga streetwear, sweater sudah terbukti dapat dipadupadankan dengan apa pun. Lihat kolaborasi kapsul terbaru oleh Gucci x Doraemon, sweater hangat dengan gambar karakter menggemaskan sekaligus ceria yang dapat menjadi teman sehari-hari Anda saat di rumah saja. 

Foto: Courtesy of Gucci
Foto: Courtesy of Gucci
Foto: Courtesy of Gucci
Foto: Courtesy of Gucci

Hadir pula berbagai macam sweater dengan kombinasi warna yang harmonis pada pagelaran busana musim Spring/Summer 2021 seperti dalam koleksi Burberry ini. Apapun desain sweater yang Anda kenakan akan tetap stylish saat dipakai sendiri atau pun untuk dipadupadankan dengan kemeja sebagai lapisan dalam atau jaket sebagai lapisan luar.

Foto: Courtesy of Burberry
Foto: Courtesy of Burberry

(Penulis: Nursifaa Azzara; Foto courtesy of Dok. Bazaar)