Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Hal yang Akan Mendominasi Dunia Kesehatan Tubuh dan Mental di Tahun 2021

Dari tidur, ketenangan hati, dan cara menikmati hidangan yang perlu Anda kaji ulang.

5 Hal yang Akan Mendominasi Dunia Kesehatan Tubuh dan Mental di Tahun 2021

Masih jauh rasanya untuk menyebut planet Bumi sudah berada dalam fase pasca Covid-19. Larangan berpelesir masih ada bahkan diperketat, acara kumpul-kumpul masih belum diperbolehkan, hingga larangan merayakan pergantian tahun pun muncul di daerah yang biasanya ramai dengan saut-sautan kembang api. Tak peduli apa namanya, rem darurat, lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), rasanya pasti sama saja.

Dengan lahirnya kebiasaan baru seperti sekarang ini, tercipta juga keseimbangan baru, yakni antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga atau pribadi. Sadarkah bahwa apapun yang berhubungan dengan health and wellness juga mendadak melonjak tinggi?

Dalam kenyataannya, sebuah reportase menyatakan tren wellness sudah berlangsung sejak lima tahun terakhir. Lebih dari sedikit upaya yang dilakukan dalam pencaharian gaya hidup aspiratif ini, mulai dari kelas kebugaran untuk tubuh, meditasi dan kristal untuk kelarasan jiwa, pola makan vegan atau plant-based, perlengkapan organik, activewear, hingga produk sehat eksklusif lainnya.

Jika Anda bertanya apa yang dapat dipetik dari tahun yang baru saja berlalu, itu adalah mengenal diri sendiri. Sesungguhnya, kesehatan bukanlah tren atau sekadar estetika. Senantiasa dalam keadaan sehat adalah salah satu cara Anda dapat menikmati hidup semaksimal mungkin. Simak apa saja yang patut Anda prioritaskan agar memiliki tubuh yang sehat secara jasmani dan rohani.

1. Tidur yang pulas dan berkualitas

Hampir satu tahun Anda mengaplikasikan aktivitas work from home, tapi masih belum ada yang berhasil untuk switch off secara menyeluruh. Berbeda dengan saat beraktivitas di lapangan, perjalanan pulang ke rumah adalah masa transisi sebelum sepenuhnya beralih ke rest mode saat tiba di rumah. Sadarkah Anda dengan mengonsumsi kopi lebih dari biasanya dan pancaran sinar biru dari gadget adalah dua faktor utama dalam penurunan kualitas tidur?

Sering terlupakan tapi tidur yang berkualitas adalah kebutuhan dasar, bahkan ada yang menganggapnya kemewahan yang tak semua orang bisa miliki. CB Insights, sebuah firma riset memperkirakan bahwa sleep healthy economy akan mencapai 85 miliar dolar Amerika di tahun 2021! Ubah suasana kamar guna mengoptimalkan jam istirahat Anda dengan beberapa cara, seperti mengandalkan alarm dengan teknologi terdepan sampai sleep monitoring gadgets.

Courtesy of My Dodow

Dodow Sleep Aid Device
$59.90 (848,124 rupiah)

Dodow adalah sebuah alat mekanis yang dapat mengatur tempo dengan komposisi tepat atau diketahui sebagai metornom. Dodow mengandalkan sistem cahaya yang mengajari Anda cara tertidur secara alami tanpa minum obat apa pun dalam waktu kurang dari 30 menit.

Courtesy of Go2Sleep

Cincin Go2Sleep
$99.00 (1,401,741 rupiah)

Gadget mungil ini adalah tracker tidur tercanggih di dunia sejauh ini. Alat yang menyerupai bentuk cincin ini bekerja dengan merekam sleeping habits Anda setiap kali digunakan melalui fungsinya yang mampu memantau detak jantung, denyut nadi, dan kandungan oksigen.

Courtesy of Hatch Restore

Hatch Restore
$129.95 (1,839,986 rupiah)

Serupa dengan judulnya, jam alarm Restore dapat membantu Anda yang jarang menikmati tidur nyenyak atau bahkan rasa cemas yang berlebihan sejak adanya pandemi. Alarm ini memiliki beberapa fitur yang secara perlahan membuat diri Anda semakin mengantuk, seperti fitur yang mengurangi cahaya biru, mengurangi fitur dengan suara yang menenangkan, bahkan latihan meditasi.

2. Yang asri untuk mata dan hati

Untuk pindah ke daerah pinggiran yang lebih asri dan jauh dari kericuhan kota adalah hal yang diinginkan namun tidak semua orang dapat merealisasikannya dengan mudah. Oleh karena itu Bazaar punya alternatif lain, yaitu dengan memilih destinasi libur sejenak yang tak jauh dari kota tempat Anda tinggal, namun dekat dengan alam. Beberapa di antaranya adalah:

Sukasantai Farmstay

Nikki Peucang Resort

Schitzo Hills Forest Resort

3. Cermin sehat

Dengan laporan yang menunjukkan penjualan alat kebugaran melonjak hingga 55 persen dalam kurun waktu tiga bulan, sudah terlihat kurva olahraga di rumah masing-masing akan terus meninggi. Dengan demikian, berbagai macam brand berlomba-lomba memberikan activewear baru dengan desain terkini dan juga ternyaman.

Setelah menghabiskan hampir satu tahun untuk menentukan pakaian olahraga favorit, why don’t you invest on the gadget? Bukan sembarang benda elektronik, ini adalah cermin andalan Bazaar! Apabila biasanya Anda bergabung dengan kelas online via laptop, tablet, atau bahkan dengan sambungan eksternal ke televisi, kini Anda dapat melakukannya lewat cermin yang satu ini.

Courtesy of Lululemon

Mirror
$1,495 (21,010,505 rupiah)

Hanya dengan cermin latihan interaktif dan aplikasi yang terprogram di dalamnya, Anda dapat mengikuti kelas olahraga secara daring. Opsi group class juga dapat Anda pilih apabila tidak ingin melepas hormon endorfin seorang diri.

4. Hunian ergonomi

Dulu kantor menjadi rumah kedua Anda, sehingga segala penempatan harus diatur sedemikian mungkin agar tidak menimbulkan penyakit pada sendi hingga mengubah postur tubuh Anda. Sekarang sudah banyak firma kecil hingga besar yang memberi lampu hijau pada sistem kerja dari rumah. Jadi, sudah saatnya Anda memperbaharui desain rumah Anda!


Banyak celah yang bisa Anda mainkan dalam perihal desain interior ergonomis, seperti sumber sinar cahaya alami masuk ke dalam rumah, standing working table, area yang jauh dari gemuruh tetangga, dapur, dan juga garasi, hingga spot yang paling optimal menerima pancaran sinyal wi-fi.

Courtesy of Ronan & Erwan Bouroullec

Grid (karya Ronan & Erwan Bouroullec)
Price upon request

Courtesy of Autonomous

Zen Work Pod
Coming soon

Courtesy of Autonomous

ErgoStool
$99 (1,375,357 rupiah)

Courtesy of Ikea Indonesia

Idåsen (Ikea Indonesia)
10.695.000 rupiah

5. Menghargai mother nature

Planet Bumi merupakan sumber daya alam yang bukan main kekayaannya, apapun yang Anda cari pasti dapat ditemukan, atau diciptakan. Lantas apa yang membuat keadaan sekarang begitu mencekam dan menakutkan? Keserakahan manusia.

Meski tidak bisa mengendalikan dan memuaskan setiap insan di muka bumi, mulailah dari diri Anda sendiri terlebih dahulu. Mustahil untuk mengubah kebiasaan orang lain apabila Anda sendiri belum melakukannya terhadap diri sendiri. Mulai dari sesuatu yang biasa, yaitu makan. Makan dan minum adalah kebutuhan hidup. Namun karena seringnya dilakukan, rasa nikmat pun sering terlupakan. Selama karantina, pernahkah Anda melihat unggahan di media sosial dengan caption foraging? Pasti ada.

Pada dasarnya, foraging adalah mencari makan. Biasanya, Anda mencari makan dengan belanja di pasar, atau lewat aplikasi pada smartphone. Bagaimana jika Anda pergi ke ladang atau hutan untuk mencari bahan-bahan tersebut? Foraging adalah salah satu bentuk meditasi fisik. Dengan memusatkan pikiran Anda untuk berjalan dan menjelajahi apa saja yang ada di dalam tanah atau atas pohon sekalipun, Anda sedang menyatu dengan alam.

Jika Anda membutuhkan insprasi, buka Instagram Anda, dan kunjungi laman anak perempuan dari aktor Inggris, Jude Law yang bernama Iris Law. She made foraging looks good.

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Instagram @lirisaw)