Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pemenang Prudential Eye Awards 2016

Pemenang Prudential Eye Awards 2016 diumumkan saat Singapore Art Week 2016 berlangsung.

Pemenang Prudential Eye Awards 2016
Production Line-Made in China & Made in Taiwan (Huang Po Chih)

Kembali diadakan untuk kedua kalinya, Prudential Eye Awards 2016, sebagai rangkaian dari Singapore Art Week 2016, mengangkat seniman-seniman baru yang berbasis di kawasan Asia. Total ada 15 seniman yang dipilih berkat sisi kreativitas dan karakter kuat dalam berkesenian. Kelima belas seniman ini kemudian dikelompokan ke dalam lima kategori berdasarkan medium seni yang digunakan.

Hadiah utama dalam ajang penghargaan ini adalah uang sebesar 50.000 USD serta kesempatan melakukan pameran tunggal di Saatchi Gallery. Dan kesempatan bergengsi tersebut berhasil diraih oleh Overall Emerging Artist of the Year, yakni Sareth Svay, seniman asal Kamboja yang karya-karyanya dinilai begitu personal namun tetap bisa bergema dan menginspirasi siapapun yang mengamatinya.

Dalam acara penganugerahan yang berlangsung pada 19 Januari di Sands Theatre, Marina Bay Sands, diumumkan pula seniman lain berhasil mendapatkan predikat yang terbaik dalam kelima nominasi. Kelima seniman tersebut adalah:

Best Emerging Artist using Installation:
Huang Po Chih (Taiwan)

Best Emerging Artist using Digital/Video:
Trinh Thi Nguyen (Vietnam)

Best Emerging Artist using Painting:
Manish Nai (India)

Best Emerging Artist using Photography:
Shumon Ahmed (Bangladesh)

Best Emerging Artist using Sculpture:
Sareth Svay (Cambodia)

Kelima belas karya seniman yang masuk dalam nominasi Prudential Eye Awards 2016 ini bisa dinikmati dalam ekshibisi yang berlangsung hingga 27 Maret mendatang di ArtScience Museum. Di antara kelima belas karya, Anda bisa menemukan dua karya seniman Indonesia yakni Aditya Novali dan Indieguerillas, yang keduanya dinominasikan sebagai Best Emerging Artist using Instalation.

 

(Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Prudential Eye Awards; Daniar Cikita)