Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Perhiasan Batu Giok Menjadi Sebuah Simbol Harapan

Teruntuk banyak anak muda keturunan Asia-Amerika, batu itu dulunya terasa terlalu tradisional. Namun baru-baru ini, batu Giok melahirkan makna baru.

Bagaimana Perhiasan Batu Giok Menjadi Sebuah Simbol Harapan
Eva Chen

Pada musim gugur 2019, saya kebetulan sedang berlibur di Taipei. Saya sedang berjalan-jalan di pasar batu giok besar, tidak berharap untuk membeli apa pun, ketika seorang perempuan  yang bekerja di salah satu kios menarik saya. Dia meletakkan sarung tangan plastik di atas tanganku dan mulai memakai berbagai gelang dalam berbagai nuansa hijau. Satu, katanya, cocok dengan warna kulit saya dan akan memberikan keberuntungan dan perlindungan untuk tahun depan. Saya begitu tergiur dengan penawarannya sehingga saya membiarkan dia mengikuti saya tiga blok ke ATM terdekat untuk membayarnya. Sejak saat itu, gelang itu tidak pernah lepas dari pergelangan tanganku.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Jade Roller, Menurut Sang Ahli

Ketika saya mengunggah tentang pengalaman tadi di Instagram, kotak DM saya diisi dengan wanita Asia-Amerika lainnya yang ingin tahu membeli perhiasan giok mereka sendiri, atau memamerkan perhiasan yang sudah mereka peroleh. Ketertarikan mereka mengejutkan saya, terutama karena saya ingat tumbuh dengan teman sebaya yang menganggap batu giok sudah ketinggalan zaman dan menua. Ketika saya masih remaja, bukanlah hal yang keren untuk mengenakan Buddha pada tali merah tradisional, atau liontin cakram Bi dengan bentuk melingkar. (Kami sering bercanda menyebut mereka Penyelamat, tetapi sebenarnya itu adalah bentuk klasik yang berasal dari era Neolitikum dan melambangkan surga.)

Giok adalah apa yang akan dikenakan nenek atau tante Anda yang sudah lanjut usia. Paling ekstrem, mengenakan batu menunjukkan bahwa Anda tidak berasimilasi dengan benar — pemikiran yang menakutkan bagi seorang anak yang menghadapi tekanan sosial yang kuat untuk mengadopsi kebiasaan dan estetika budaya Amerika yang dominan. Tetapi sementara teman-teman saya mungkin gagal melihat nilai batu giok di masa remaja kami, itu tidak dapat disangkal.

Giok secara tradisional dihormati di banyak budaya Asia, di mana ia dianggap lebih berharga daripada emas atau berlian. Legenda mengatakan bahwa itu melindungi pemakainya dari kemalangan — jika gelang Anda rusak, itu karena menyerap niat jahat yang ditujukan kepada Anda. Bukan hal yang aneh untuk menghabiskan ratusan, jika bukan ribuan, dolar untuk barang berkualitas tinggi.

Bagi banyak imigran, batu giok adalah salah satu dari sedikit ikatan ke tanah air mereka. “Jade adalah ikatan yang tidak bisa dihancurkan antar generasi. [Agar tetap aman] Anda menyembunyikannya di kantong jacquard kecil bersulam di dalam lemari obat, laci kaus kaki, brankas, atau bahkan di dapur di sebelah tempat nasi,” jelas humas Cynthia Leung yang berbasis di New York City.

Diwariskan dari satu kerabat perempuan ke yang lain, gelang dan liontin mulai mengambil bobot sejarah; Anda dapat dengan mudah mengumpulkan koleksi dengan potongan-potongan yang berusia berabad-abad. “Liontin dan gelang yang saya miliki adalah pusaka keluarga, pemberian ibu atau nenek saya yang sangat dekat dengan saya. Mereka diturunkan dari ibu dan nenek mereka,” jelasnya.

Aksesori bernama Lucy dalam varian lavender jadeite dari label perhiasaan Ren Official
Aksesori bernama Lucy dalam varian lavender jadeite dari label perhiasaan Ren Official

Aksesori bernama Lucy dalam varian lavender jadeite dari label perhiasaan Ren Official
Aksesori bernama Lucy dalam varian lavender jadeite dari label perhiasaan Ren Official

Mengasosiasikan perhiasan batu giok dengan generasi yang lebih tua pernah membuat sulit bagi wanita yang lebih muda untuk menerima potongan-potongan ini, tetapi untungnya, sikap itu telah berubah. Sebagian, itu karena gelombang rasisme anti-Asia baru-baru ini, dan aktivisme berikutnya yang diilhami oleh orang Asia-Amerika. “Sikap saya terhadap barang-barang tradisional Asia – khususnya gelang giok saya – mulai berubah sebelum pertarungan rasisme anti-Asia baru-baru ini, tetapi sekarang saya bahkan lebih tegas. Naluri pertama mungkin bersembunyi, karena takut akan keselamatan kita, tetapi kita berisiko kehilangan bagian [identitas kita] itu selamanya. Saya bertekad untuk tidak membiarkan lampu kami redup,” kata humas mode yang berbasis di New York, Lisa Lu.

Emily B. Yang menggemakan sentimen Lu. “Saya telah memakai batu giok saya lebih banyak dalam dua tahun terakhir. Ini adalah campuran dari usia 30 tahun dan tumbuh menjadi diri saya sendiri. Saya ingin lebih blak-blakan tentang siapa saya dan apa yang saya perjuangkan, termasuk tidak takut untuk 'tampak Asia' di saat sentimen anti-Asia,” katanya. Di samping pekerjaannya sebagai asisten profesor di Parsons School of Design, yang juga menjadi sukarelawan untuk Welcome to Chinatown, sebuah organisasi akar rumput yang didedikasikan untuk melestarikan Chinatown New York City.

"Ini adalah sesuatu yang saya kenakan dengan bangga yang mengumumkan warisan saya."

Pandemi ini juga menjadi perhatian utama Emily Cherkassky — terutama dampaknya terhadap bisnis kecil milik kaum Asia. Saat menghabiskan waktu di rumah masa kecilnya di Minnesota bersama keluarganya, Emily memutuskan untuk membelikan ibunya sepotong perhiasan giok. “Saya selalu mengunjungi toko-toko kecil di Chinatown untuk barang-barang ini, jadi saya mengirim DM ke Jalee Jewelry untuk meminta bantuan,” katanya.

Prosesnya tidak ada hambatan sehingga menginspirasinya untuk memulai L. Lu Fine Jewelry, sebuah situs yang menghubungkan pelanggan dengan butik perhiasan kecil Mom-and-Pop di Chinatown area New York City. “[Mereka] memiliki produk hebat tetapi mereka cenderung menghadapi stigma negatif dan kurangnya lalu lintas pejalan kaki, jadi saya ingin mengubahnya. Situs seperti Mejuri memudahkan wanita untuk membeli barang, jadi mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk mereka?” dia menjelaskan. L. Lu dinamai menurut nama neneknya, Long Xian Lu. Awalnya dia menjual emas 14k, tetapi pelanggan terus meminta batu giok, dan itu menjadi penjual teratas.

Crystal Ung juga ingin memberi kembali kepada komunitasnya selama pandemi, yang menginspirasinya untuk menemukan Ren, situs web perhiasan batu giok langsung ke konsumen. Ren berspesialisasi dalam cincin dan kalung ala Catbird yang halus, serta barang antik yang dapat dimiringkan baik modern maupun tradisional, seperti gelang, cakram Bi, dan liontin Buddha. “Pada puncak pandemi, ketika kekerasan dimulai, saya berpikir tentang apa artinya menjadi orang Asia dan juga identitas Amerika saya. Saya merasa bentuk aktivisme terbaik adalah menciptakan sesuatu yang bermakna dan bernilai, yang menjaga tradisi Asia Timur tetap hidup,” katanya. Sejak peluncuran Ren, karya Ung telah ditampilkan di majalah, dan dikenakan oleh orang-orang seperti Eva Chen, serta Gemma Chan di majalah gaya hidup ternama di Ingrris.

Dengan semakin banyaknya perhiasan giok yang bermunculan di kalangan selebriti dan influencer serta semakin mudah ditemukan secara online, banyak wanita Asia-Amerika telah menemukan bahwa kecemasan mereka tentang mengenakan batu telah berkurang. Delaney Wing, seorang konsultan di Chicago, berbelanja di Ren setelah melihat Chen memposting tentang hal itu di Instagram-nya. Dia akhirnya membeli liontin lavender, menambah koleksi yang juga mencakup gelang warisan dari neneknya dan gelang hadiah dari seorang teman.

“Saat tumbuh dewasa, saya terobsesi dengan Michelle Kwan, yang terkenal mengenakan liontin keberuntungan. Hari ini, saya suka bagaimana Eva Chen memakainya, ”katanya. Apa yang memotivasi Delaney untuk memakainya sekarang? “Saya setengah keturunan China dan generasi ketiga, jadi saya biasa mengasosiasikan batu itu dengan wanita yang lebih tua. Saya selalu berasumsi bahwa saya tidak 'cukup China' untuk memakainya. Karena saya menjadi lebih percaya diri dengan latar belakang saya, perhiasan giok saya memiliki lebih banyak arti bagi saya. Itu adalah sesuatu yang saya kenakan dengan bangga yang mengumumkan warisan saya.”

"Penting untuk tidak hanya menghargai tampilannya, tetapi juga memahami ikatan budaya yang mendalam."

Situs seperti Ren dan L. Lu Fine Jewelry menjadi hit di kalangan wanita Asia milenium terutama karena di masa lalu, memperoleh batu giok harus melalui beberapa rintangan. Mendapatkan gelang atau liontin asli berkualitas tinggi membutuhkan kerja keras. Butik perhiasan kecil biasanya dimiliki oleh imigran generasi pertama, sehingga sulit untuk berkomunikasi kecuali Anda fasih berbahasa. Beberapa bahkan akan berpendapat bahwa batu giok terbaik dibeli di Asia, membutuhkan tiket planet. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda lihat di Amazon, Anda bisa menghabiskan ratusan hingga ribuan dolar. Tapi sekarang semudah mengklik tombol, tidak perlu tawar-menawar.

Saat batu giok menjadi mainstream, ia juga berisiko kehilangan makna budayanya. Rekan Emily, seorang relawan Welcome to Chinatown, Gabi Tran, yang menjabat sebagai Director Grants & Outreach dari organisasi tersebut telah memperhatikan bagaimana media sosial telah mengubah banyak hal: “Sikap berubah, terutama dengan munculnya gelang giok yang sedang tren di TikTok, di mana ia dihargai karena estetikanya. Tetapi penting untuk tidak hanya menghargai penampilannya sebagai aksesori, tetapi juga memahami ikatan budaya yang dalam, ”katanya.

Seniman yang berbasis di Las Vegas, Lyvian Dao, melihat secara langsung apa yang terjadi ketika perhiasan giok menjadi viral. Ketika dia mengunggah video TikTok yang memamerkan tangannya yang memar setelah ibunya memaksakan gelang hadiah di pergelangan tangannya, video itu ditonton lebih dari lima juta kali. Pertanyaan oleh komentator tentang apakah pantas memakai batu giok jika Anda bukan orang Asia mendorongnya untuk merekam video spin-off.

“Seorang komentator benar-benar ingin tahu perbedaan antara sebuah pemberian dengan apresiasi, ketika harus memakai gelang. Ini merupakan perbedaan yang tipis, tetapi saya perlu mengatasinya,”katanya. Reaksi di komentar beragam, dengan beberapa menuduhnya sebagai penjaga gerbang, tetapi Lyvian tidak menyesal berbicara, “Siapa pun bisa memakai batu giok. Lakukan saja riset mendalami dan pahami mengapa itu sangat berarti bagi kami.”

Tapi mungkin popularitas ini tidak semuanya buruk. Bagi kita yang, selama masa mudanya, khawatir tentang hal itu mengkhianati asing kita, perhiasan giok sekarang terasa normal, menyatu mulus dengan kehidupan kebarat-baratan kita. Jika ada, itu menunjukkan bahwa kami telah berhasil di rumah baru kami, pada akhirnya giok merupakan simbol sarana keuangan.

“Orang tua saya adalah kelas pekerja, jadi lambang kekayaan ini terasa sangat sulit bagi saya, tetapi sekarang menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk saya dapatkan kembali sebagai orang dewasa,” kata Jess Tran, seorang influencer yang besar di Sydney dan sekarang menyebut Brooklyn sebagai rumahnya. Untuk menemukan kesuksesan dan memakainya dengan bangga — bukankah itu yang diinginkan nenek moyang kita?

Baca juga: Sejarah di Balik Perkembangan Lini Kristal Luks, Baccarat

Penulis: Diana Tsui, Alih bahasa: Sabrina Sulaiman menyadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US