Mengingat Issey Miyake, Pelopor Seragam Non Konformitas

Perancang asal Jepang yang telah meruntuhkan segala stigma dalam dunia fashion Eurocentric, meninggal pada pekan lalu di usia 84 tahun.

Issey Miyake di show spring 1992


Pada awal 1970-an, fashion Eropa berkuasa. Bukan hanya karena Prancis dan Italia adalah ibu kota mode, tetapi, ada kepercayaan di berbagai negara bahwa fashion yang sebenarnya, dengan emosi dan teknik luhur serta keterampilan dunia lain, berasal dari Paris. Beberapa desainer dari negara lain yang berhasil dirangkul oleh adegan ini, seperti Kenzo Takada kelahiran Jepang, menemukan diri mereka dalam situasi dimana pakaian dari Timur hampir secara eksklusif dilihat sebagai tema eksotis yang diangkat orang Prancis untuk koleksi musiman.

Dan ke dunia ini datanglah Issey Miyake, perancang inovatif asal Jepang yang meninggal minggu lalu pada usia 84 tahun.

Ia mendirikan labelnya, Miyake Design Studio, pada awal tahun 1970-an dan mulai tampil di Paris beberapa tahun kemudian, menggunakan bentuk, warna eksotis dan kesenangannya untuk mempersembahkan sesuatu yang tidak biasa, ia kemudian membentuk kembali sebagaimana dunia mode yang Anda lihat saat ini.

Issey menyadari hegomoni mode Paris yang tidak perlu diragukan lagi, dan mengagumi rasa tradisinya, dan juga kekakuan sistemnya. Ia berpikir secara obsesif dan bahagia tentang kebebasan, dan bahkan pemberontakan apa yang dapat terjadi karena bereksperimen. Jepang memiliki tradisi modenya yang tersendiri, dan tentu saja, figur kimono akan muncul dalam karya Issey, tetapi apa yang sebenarnya dicari sang desainer adalah modernitas. Pakaian yang berbicara tentang kebaikan dunia kita, kesenangan tubuh manusia, kerusakan pikiran manusia.

dua model di pergelaran Spring 1997

Sementara Saint Laurent dan Hubert de Givenchy menunjukkan penghormatan kepada seni, sastra dan masyarakat pada abad ke-19 ke penonton kaum "atas," Issey menunjukkan apa yang dulu disebut pembeli sebagai "flying-squirrel things", pakaian yang mempunyai sejumlah lubang dimana pemakainya dapat keluarkan kepala, kaki dan tangannya dengan gayanya masing-masing. Meskipun deskripsinya mungkin konyol, desainnya yang berbeda ini menemukan bahan sumbernya dalam geometri Alberto Giacometti yang gelisah dan sweet orbs-nya Constanin Brancusi.

Daripada fantasi, Issey tertarik pada inovasi kain teknis yang menarik mode, dan gayanya pun sudah lebih maju. Pakaian yang ia buat semuanya tentang gerakan, perubahaan dan kegembiraan. Kebahagiaan adalah sebuah keyakinannya. Ada rasa penciptaan yang konstan, bahkan konspirasi antara pemakai dan pakaian, dari gaun oompah'd seperti ubur-ubur, jaket mengembang, mantel yang ditutupi dengan jutaan kantong resleting, mengubah fungsional menjadi sesuatu yang secara ilahi, dekoratif. Kesemangatannya dengan pakaian itu tidak terbatas, dan sebagian itu berkat dari kebutuhannya untuk terus menciptakan.

Issey sering merasa sebuah garmen belum sepenuhnya kelar meskipun ia telah selesai mengerjakannya. Buat sang desainer, untuk membuatnya nyata, pakaian itu perlu dikenakan di tubuh orang, dari kembang kempisnya dada saat bernapas yang membuat lengannya mengembang, hingga tangannya yang meremas atau memutar topi. Sesuatu yang tidak hanya terlihat pada kain atau nuansanya, tetapi juga konstruksinya. Ia sering berusaha untuk membuat pakaiannya dari satu bahan panjang yang kemudian akan dibuat ke tampilan yang terbungkus, elegan, dan longgar, untuk memberi yang pemakai determinasi lebih tentang penampilan dan perasaan mereka.

Salah satu asisten Miyake yang sedang memotong gaun model di runway sebagai bagian dari pertunjukan Fall 1999

Issey lahir di Hiroshima pada tahun 1938, dan ibunya meninggal akibat bom atom pada tahun 1945. Ia belajar desain grafis saat kuliah di Tokyo, dan kemudian belajar mode di Paris, di mana ia bekerja untuk desainer Guy Laroche dan Hubert de Givenchy. Pekerjaan singkatnya di New York juga sama-sama informatif baginya karena saat inilah ia mengarahkan dirinya ke dalam dunia seni avant-garde yang pada akhirnya akan mempengaruhi pendekatannya terhadap desain kain yang dipengaruhi patung. Sepanjang hidupnya, ia tetap sangat tertutup, jarang membahas masa kecil atau kehidupan pribadinya. Pada usia 84, pada Jumat lalu, Issey Miyake meninggal karena kanker hati, dan penyitasnya tidak segera diberi kabar.

"Pakaian-pakaiannya tentang gerakan, perubahaan dan kegembiraan. Kebahagiaan adalah keyakinannya."

Daripada dirinya sendiri, Issey fokus pada gagasan, pada filosofi yang menekankan perubahan yang dapat menjadi inspirasi, dalam kain, seni, dan kehidupan. Kefasihannya yang setara dengan kelancarannya terhadap seni dan mode, mungkin hanya Elsa Schiaparelli dan Miuccia Prada. Dulu terkenal sebagai model dalam ansambel merah dan hitamnya, seperti prajurit yang muncul di masalah-masalah awal dalam masa jabatan radikal Ingrid Sischly sebagai editor di Artforum, sebuah platform untuk menegaskan bahwa perancang busana memiliki banyak hal untuk dikatakan tentang dunia yang dilihat dari mata seniman.

Sebuah Tampilan dari Koleksi Spring 1988

Exuberant pleating and knitwear di pergelaran Spring 1985

Dalam banyak hal, Issey melambangkan pertemuan oposisi. Mode dan seni. Timur dan barat. Sejarah dan masa depan. Seragam dan non konformis. Teknologi dan emosi, mesin dan otak, keindahan dan kepraktisan. Namun, bukannya penjajaran yang ia cari, tetapi semacam harmoni yang memancarkan kehangatan.

Mantel Issey Miyake di Paris Fashion Week pada tahun 2016.

Mungkin kontribusi Issey adalah daya tahan pakaiannya yang kuat, memang, daya tahan dari ide-idenya. Namun, pada akhir tahun 1980-an, ia memperkenalkan kembali sebuah penemuan, lipatan akordeon ketat Mariano Fortuny yang terkenal, yang tidak hanya menjadi sebuah ode pada proporsi keindahan dan kekakuan Yunani Klasik, seperti yang dimaksudkan oleh Fortuny, tetapi sebagai seragam yang kuat, yang dapat dikemas dan dipakai sebagai seragam live-in-able. Biasanya, secara cara tradisional, desainer akan melipat kain setelah di konstruksi, tetapi, Issey melipat kain poliester sebelum memotongnya karena teknik pemasan yang ia gunakan untuk membuat lipatan berbeda.

Kini, pakaiannya dapat dicuci dengan mesin tanpa kehilangan bentukannya. Pakaian yang sesederhana seperti kaos berlengan pendek atau sekompleks tangga Winchester Mystery House. Setelah mematenkan proses pelipatan tersebut pada tahun 1993, ia membuat koleksinya sendiri yang dinamakan, Pleats Please, yang sudah menjadi seragam selama beberapa dekade sejak Ikonoklasme, kelas kreatif, dan pemikir independen.

Keberhasilan dari koleksi plissé ini adalah kemudahan pakaiannya, dari kain sintetis yang lembut, lipatan yang tidak melekat tubuh, dan pinggang elastis, serta bentuk yang menyelubungi, yang diimbangi oleh keanehan siluet dan bahan yang berbeda. Untuk mengenakan lipatannya berarti sekaligus melindungi dan mengumumkan diri Anda.

Bola pantai berkerut besar menjadi topi di pertunjukan Musim Semi 1994.

Desainer lain dengan style khusus yang dikenal seperti Issey telah memudar dari pandangan, meskipun tampilan atau teknik khusus yang mendorong mereka menjadi terkenal, setelah seiringnya waktu, keinginan mode menghukum mereka menjadi tidak relevan. Namun bentuk siluet Issey, terutama lipatannya, telah teruji oleh waktu. Memang, pemakainya sering menambahkan gaun warna-warni atau celana cropped mereka dengan tas Bao Bao desainer yang sama populernya. Desainnya sering diibaratkan sebagai jeans dan kaos untuk seniman, arsitek, dan selebriti atau pebisnis dengan zany nucleus, seperti Robin Williams dan Steve Jobs. Blythe Marks, seorang penjual barang antik di Los Angeles memperkirakan bahwa ia memiliki “lebih dari 75” potongan pakaian Issey, dan mengatakan bagaimana desainnya mengubah cara berpikir pemakai tentang bentuknya. “Dia mengajari saya bagaimana melampaui tubuh saya dengan memahami konturnya dan kemudian segera menghapus batasan apa pun yang ditempatkan di atasnya oleh standar penjahitan tradisional barat. Lipatan dan lipatannya membuatku merasa benar-benar bebas.” Sudah begitu lama, begitu banyak, tidak ada desainer lain, yang berhasil menjadi emblem untuk kreativitas, kebebasan, dan eksperimen intelektual.

Pakaian yang membungkus tubuh, mengundang pemakainya untuk bermain, adalah warisan Issey Miyake. Sudah terlihat di mana-mana mulai dari karya rekan-rekannya, Yohji Yamamoto dan Rei Kawakubo, yang mengikuti jejaknya ke Paris pada 1970-an, hingga talenta-talenta yang lebih baru seperti Simone Rocha, Jonathan Anderson, dan Glenn Martens. Karyanya mewakili kemungkinan gaya melalui kain, dan bagaimana pencarian abadi untuk penemuan baru adalah apa yang membuat kita manusia.

Baca juga:

Seperti Apa Rasanya Generasi Milenial yang Akan Menginjak Usia 40 Tahun?

Pameran Fashion di New York yang Menyoroti Desainer Arab Saudi

(Penulis: Rachel Tashjian; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)