Inspirasi Didit Hediprasetyo Merancang Jersey Merah Putih Tim Indonesia

Tolok ukur baru agenda olahraga Indonesia.

Hasil fotografi karya Davy Linggar yang mengelilingi Nusantara Garden, The Dharmawangsa Jakarta.


Sekali lagi, seni menjadi tempat menyatunya sebuah bangsa, termasuk Indonesia. Digelar di Nusantara Garden, Hotel Dharmawangsa, segenap rangkaian acara dipersiapkan guna menyambut Olimpiade Paris 2024.

BACA JUGA: Semua Informasi Seputar Olimpiade Paris 2024!

Bersama Didit Hediprasetyo Foundation, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menggelar pameran yang berisikan instalasi, fotografi, digital art, dan tentu revealing jersey merah putih Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Payung besar pameran ini adalah sang Merah Putih, alias bendera bangsa Indonesia. Sejumlah nama besar yang terlibat di sini adalah Didit Hediprasetyo, Davy Linggar, Naufal Abshar, Iabadiou Piko, Angki Purbandono, dan Redy Rahadian.

Jersey Merah Putih Tim Indonesia di Paris 2024 Olympics

Agenda utama hari istimewa ini adalah Reveal Jersey Merah Putih hasil rancangan Didit Hediprasetyo. Dibuka dengan konferensi pers yang dihadiri oleh Didit Hediprasetyo, selaku desainer sekaligus perwakilan dari foundation-nya, Raja Sapta Oktohari selaku ketua umum KOI, kemudian ada Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Anindya Novyan Bakrie selaku Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Joe Aditya Wijaya Kurniawan, atlet renang yang berhasil mendapatkan tiket Olimpiade 2024 Paris, dan Ria Lirungan selaku editor in chief Harper’s Bazaar Indonesia sekaligus director of content strategy.

Poin penting diutarakan oleh pemimpin redaksi Harper’s Bazaar Indonesia akan unsur sebuah jersey, yakni fungsionalitas dan desain. Rancangan Didit Hediprasetyo kaya akan keduanya.

Ria Lirungan, editor in chief Harper's Bazaar Indonesia.
“Untuk fungsionalitas penting untuk bisa bergerak dengan nyaman. Dari desain bisa menjadi representasi identitas negaranya. Desain ini punya itu. Memang tidak salah inspirasinya diambil dari bendera kita.” - Ria Lirungan

Sang Menteri Pemuda dan Olahraga RI juga mengutarakan kebanggaannya akan pameran yang berlangsung selama dua hari ini. “Memberikan standar baru untuk agenda reveal jersey, terutama untuk Olimpiade,” tutur Dito.

Tidak berhenti di sana, jersey yang di-reveal hari itu belum koleksi sepenuhnya. Akan ada peran Lavani Amero Jewellery yang akan dipakai di Paris saat parade, dan juga desain lain untuk kepentingan berbeda. Selaku CdM, Anindya Bakrie, memberi kisi-kisi yang membuat wartawan tak sabar menanti, “Nanti akan di-reveal di Hôtel de Ville. Akan menggambarkan ketradisionalan dan modernitas. Itu saja yang bisa saya bagi,” tutupnya.

Anindya Novyan Bakrie, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris berpose bersama Joe Aditya Wijaya Kurniawan, atlet renang yang berhasil mendapatkan tiket Olimpiade 2024.

Jersey kontingen Indonesia ini didominasi oleh warna merah dan putih. Tak tertinggal juga lambang Garuda Pancasila yang berada dalam perisai lingkaran di bagian kiri dada, dan tentu logo Olimpiade 2024 Paris. Para atlet, official NOC Indonesia, dan tim CdM wajib mengenakan dua set seragam dan merchandise resmi saat pengukuhan dan pelepasan kontingen, keberangkatan dan kepulangan kontingen, dan juga acara resmi lainnya. Ada juga satu seragam motif khusus yang akan dikenakan saat penerimaan medali. Beberapa desain Didit Hediprasetyo juga akan tampak saat para atlet latihan dan di area resmi lainya.

Joe Aditya Wijaya Kurniawan

Ucapan terima kasih tak terhingga dari Raja Sapta Oktohari, atau Okto, selaku ketua umum KOI, “Terima kasih kepada Didit karena bukan hanya mendesain seragam kebanggaan tim di mata dunia, tapi juga turut mempromosikan olahraga Indonesia ke wadah yang lebih luas lagi.”

Sebagai sang desainer di balik jersey yang dibanggakan, Didit tak berkata banyak saat konferensi pers. Namun tak lupa ia menuai harapannya untuk bangsa Indonesia agar selalu berjuang dan mengharumkan nama bangsa. Satu yang ia bagi adalah ketika melakukan proses pengembangan jersey, Didiet mendapatkan inspirasinya dari lagu ciptaan Ibu Sud yang berjudul Berkibarlah Benderaku.

Seluruh hasil foto yang dipamerkan sebagai karya seni digital.

“Semua karya seni di sini menjadi representasi setiap seniman yang melihat Merah Putih,” ujar Winda Malika Siregar, selaku kurator seni. Ia menjelaskan bahwa pameran singkat ini diadakan karena tak hanya Didiet sebagai pelaku desainer mode, ia juga salah satu sosok yang mengedepankan kesehatan mental. Ibarat sebuah titik temu, acara ini merupakan pertemuan antara seni, bangsa, kesehatan raga, dan kesehatan jiwa.

BACA JUGA: Merayakan Perhelatan Olimpiade Paris 2024 Bersama Omega House

Fotografi oleh Andrew Aris.