Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua Informasi Seputar Olimpiade Paris 2024!

Di mana Anda bisa menonton, olahraga apa yang akan disertakan, dan banyak lagi.

Semua Informasi Seputar Olimpiade Paris 2024!
Courtesy of BAZAAR US

Olimpiade Musim Panas 2024 hampir tiba, yang berarti saat kita tidak sedang menikmati waktu di luar, kita akan terpaku dengan layar untuk menonton atlet favorit kita bersaing dalam olahraga senam, renang, tenis, dan banyak lagi.

Pertandingan tahun ini diadakan di Paris, di mana lebih dari 10.000 atlet akan bersaing dengan harapan membawa pulang medali emas untuk negaranya. Dan meskipun kita akan melihat nama-nama besar dan disiplin klasik kembali di kompetisi internasional, kita juga akan melihat empat kategori baru tahun ini, termasuk breakdancing.

Selain itu, ada banyak hal lain yang dinantikan, seperti upacara pembukaan yang berlangsung di sepanjang sungai Seine, dan Paralimpiade yang setelah Olimpiade musim panas.

Bazaar menyediakan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui sebelum obor dinyalakan. Terus membaca untuk mengetahui semua tentang olahraga yang ditampilkan, cara menonton, dan banyak lagi.

Bagaimana caranya menonton?

Saluran NBC dan Peacock akan menjadi platform utama yang menawarkan liputan Olimpiade 2024 di Amerika Serikat (AS). Bagi mereka yang memiliki kabel, NBC akan menayangkan setidaknya sembilan jam peliputan di siang hari, termasuk siaran final untuk acara-acara besar seperti senam, renang, dan lainnya. Menurut laporan dari NBC Sports, “Paris 2024 akan memiliki lebih banyak jam tayangan di jaringan siaran NBC daripada Olimpiade sebelumnya. Namun, karena acara-acara ini akan berlangsung enam jam lebih awal dari Zona Waktu Timur di AS, NBC juga akan menawarkan primetime show selama tiga jam setiap hari, mengompilasi momen terbaik, kompetisi, dan lainnya yang mungkin Anda lewatkan.

Mereka yang menonton Olimpiade melalui streaming dapat menggunakan Peacock, sebuah aplikasi yang akan menjadi “rumah digital” untuk semua liputan Olimpiade. Faktanya, untuk pertama kali dalam sejarah Olimpiade musim panas, Peacock akan menayangkan setiap olahraga dan acara, termasuk semua 329 acara medali. Menurut NBC Sports, aplikasi ini juga akan menampilkan siaran ulang pertandingan dengan lengkap, setiap program NBC, cuplikan yang sudah terkurasi, saluran daring, program eksklusif, dan banyak lagi.

Kapan pertandingan dimulai?

Olimpiade Musim Panas 2024 akan berlangsung dari tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus. Namun, tiga cabang olahraga akan dimulai dua hari lebih awal, pada tanggal 24 Juli: handball, sepak bola, dan rugby. Untuk pembukaan Olimpiade, Opening Ceremony akan dimulai pukul 19:30 CET (12:30 WIB) pada tanggal 26 Juli, di mana para atlet akan diperkenalkan dalam upacara penuh ambisi yang berlangsung di sungai Seine, sebuah langkah unik mengingat upacara yang biasanya diadakan di dalam stadion. Meskipun ada rumor bahwa upacara tersebut dapat dipindahkan ke dalam karena ancaman teroris, tampaknya rencana akan tetap berjalan seperti yang direncanakan. “Tugas saya adalah untuk khawatir, jadi saya dapat yakin 99,99 persen bahwa ini akan terjadi," kata CEO komite penyelenggara Olimpiade, Etienne Thobois.

Olahraga apa saja yang termasuk?

Olimpiade Musim Panas 2024 akan menampilkan 32 jenis olahraga: panahan, senam artistik, renang artistik, atletik, bulu tangkis, bola basket, bola basket 3x3, voli pantai, tinju, breakdancing, canoe slalom, canoe sprint, cycling BMX freestyle, cycling BMX racing, cycling mountain bike, cycling road, cycling track, menyelam, berkuda, anggar, sepak bola, golf, handball, hoki, judo, renang maraton, pentathlon modern, senam ritmik, mendayung,rugby sevens, berlayar, menembak, skateboard, panjat tebing, selancar, renang, tenis meja, taekwondo, tenis, trampolin, triathlon, voli, polo air, angkat besi, dan gulat.

Mulai tahun 2020, setiap kota yang menjadi tuan rumah diberi kesempatan untuk menambahkan hingga enam olahraga baru, dan untuk Olimpiade Paris, empat olahraga yang ditambahkan adalah breakdancing, skateboard, panjat tebing, dan selancar. Dari keempatnya, breakdancing, adalah satu-satunya olahraga yang membuat debut Olimpiade tahun ini.

Negara mana saja yang berpartisipasi?

Selagi kita bersorak untuk negara kita masing-masing saat Olimpiade tiba, secara teknis, negara-negara yang berpartisipasi tidak bersaing sebagai satu negara. Melainkan sebagai bagian dari Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang terdiri dari 206 NOC. Menurut Komite Olimpiade Internasional (IOC), “IOC adalah satu-satunya otoritas yang mengakui NOC. Bersama dengan Federasi Olahraga Internasional, NOC adalah konstituen dari gerakan olimpiade di bawah kepemimpinan IOC. Misi NOC adalah untuk mengembangkan, mempromosikan, dan melindungi gerakan olimpiade di negara masing-masing, sesuai dengan piagam olimpiade."

Berikut adalah 206 NOC yang berpartisipasi dalam Olimpiade tahun ini, dalam urutan abjad, adalah: Afganistan, Albania, Aljazair, Samoa Amerika, Andorra, Angola, Antigua dan Barbuda, Argentina, Armenia, Aruba, Australia, Austria, Azerbaijan, Bahama, Bahrain, Bangladesh, Barbados, Belgia, Belize, Benin, Bermuda, Bhutan, Bolivia, Bosnia dan Herzegovina, Botswana, Brasil, Brunei Darussalam, Bulgaria, Burkina Faso, Burundi, Cabo Verde, Kamboja, Kamerun, Kanada, Kepulauan Cayman, Republik Afrika Tengah, Chad, Chili, Chinese Taipei, Kolombia, Komoro, Kongo, Kepulauan Cook, Kosta Rika, Pantai Gading, Kroasia, Kuba, Siprus, Ceko, Republik Demokratik Korea, Republik Demokratik Kongo, Denmark, Djibouti, Dominika, Republik Dominika, Ekuador, Mesir, El Salvador, Guinea Khatulistiwa, Eritrea, Estonia, Eswatini, Ethiopia, Federasi Negara Mikronesia, Fiji, Finlandia, Prancis, Gabon, Gambia, Georgia, Jerman, Ghana, Britania Raya, Yunani, Grenada, Guam, Guatemala, Guinea, Guinea-Bissau, Guyana, Haiti, Honduras, Hong Kong (China), Hungaria, Islandia, India, Indonesia, Irak, Irlandia, Republik Islam Iran, Israel, Italia, Jamaika, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kenya, Kiribati, Kosovo, Kuwait, Kirgizstan, Republik Demokratik Rakyat Lao, Latvia, Lebanon, Lesotho, Liberia, Libya, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Madagaskar, Malawi, Malaysia, Maladewa, Mali, Malta, Kepulauan Marshall, Mauritania, Mauritius, Meksiko, Monako, Mongolia, Montenegro, Maroko, Mozambik, Myanmar, Namibia, Nauru, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Nikaragua, Niger, Nigeria, Makedonia Utara, Norwegia, Oman, Pakistan, Palau, Palestina, Panama, Papua Nugini, Paraguay, Republik Rakyat Tiongkok, Peru, Filipina, Polandia, Portugal, Puerto Riko, Qatar, Republik Korea, Republik Moldova, Republik Tiongkok, Rumania, Rwanda, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Samoa, San Marino, Sao Tome dan Principe, Arab Saudi, Senegal, Serbia, Seychelles, Sierra Leone, Singapura, Slovakia, Slovenia, Kepulauan Solomon, Somalia, Afrika Selatan, Sudan Selatan, Spanyol, Sri Lanka, St Vincent dan Grenadines, Sudan, Suriname, Swedia, Swiss, Republik Arab Suriah, Tajikistan, Thailand, Timor-Leste, Togo, Tonga, Trinidad dan Tobago, Tunisia, Turki, Turkmenistan, Tuvalu, Uganda, Ukraina, Uni Emirat Arab, Republik Tanzania, Amerika Serikat, Uruguay, Uzbekistan, Vanuatu, Venezuela, Vietnam, Kepulauan Virgin (Inggris), Kepulauan Virgin (AS), Yaman, Zambia, dan Zimbabwe.

Kontingen pengungsi IOC juga akan berpartisipasi dalam Olimpiade. Ini adalah tim yang terdiri dari 36 atlet dari 11 negara berbeda, sebuah tradisi yang dimulai dengan Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

(Penulis:Joel Calfee; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih bahasa: Alaia Shakila; Foto: Courtesy of BAZAAR US)