Apa yang Dapat Kita Pelajari dari Para Desainer di Copenhagen Fashion Week

Saat Ibukota Denmark melakukan pemanasan untuk pekan mode, Bazaar bertemu desainer baru dan serta pemain "lama" dari daftar untuk musim ini.

VALENTINA VALDINOCI IMAXTREE


Skema mode Skandinavia terkenal di dunia karena labelnya yang sangat dicintai dan desainnya yang memiliki pikiran terdepan. Sikap mereka dalam berkreasi, baik itu dari desainer yang tergolong sebagai "pemain lama" atau yang baru muncul. Ini adalah sesuatu yang dapat menginspirasi kita semua ketika berusaha untuk bertindak lebih berkelanjutan.

Baca juga: 50+ Gaya Street Style di Paris Saat Haute Couture Show

Copenhagen Fashion Week (CPHFW), yang berlangsung untuk musim semi/musim panas 2023 bulan depan, adalah pusat dari ide-ide besar dan percakapan yang menginspirasi ini. Untuk musim kedua, kami telah bekerja dengan CPHFW dan Creative Denmark untuk mencari tahu bagaimana kami semua dapat lebih bertanggung jawab, baik dari merek maupun konsumen.

"Kami membutuhkan komitmen yang lebih kuat untuk memerangi krisis iklim," Cecilie Thorsmark, CEO CPHFW, menjelaskan. "Tindakan industri mode saat ini sedang dilawan oleh volume produksinya yang besar, dan sebagai hasilnya, dampak iklim terus meningkat."

Cecilie Thorsmark, Pendiri dari Copenhagen Fashion Week

Awal tahun ini, laporan IPCC menegaskan bahwa kita perlu bertindak "sekarang atau tidak sama sekali" untuk mencegah bencana iklim. Statistik yang mengerikan beredar dan para ilmuwan memberikan peringatan terakhir mereka: kita harus segera bertindak.

CPHFW telah melakukan bagiannya untuk mengurangi dampak industri mode, dengan menetapkan persyaratan keberlanjutan yang harus dipenuhi oleh merek agar dapat ditampilkan sesuai jadwalnya. Dikembangkan pada tahun 2019, pedoman tersebut mencakup 18 standar minimum dengan enam area fokus, termasuk proses desain, pilihan material, dan kondisi kerja. "Kami merevisinya setiap musim untuk memastikan mereka mencerminkan perkembangan industri dan bahwa mereka terus mempercepat tindakan pada masalah yang diperlukan," ucap Cecilie.

Tentu saja, bukan hanya merek yang harus bertanggung jawab, tetapi usaha juga harus datang dari pembeli. Cecilie menyarankan untuk selalu mengikuti sertifikasi, karena mungkin sulit untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya, dan untuk merawat dengan benar apa yang sudah ada di lemari pakaian Anda yang ada, mengurangi kebutuhan untuk membeli lebih banyak.

"Meskipun ini terdengar sedikit membosankan, ada pilihan yang lebih baik untuk memperbarui lemari pakaian Anda, seperti pakaian bekas dan meminjam pakaian dari teman dan keluarga," sarannya. "Memperbarui lemari pakaian Anda membutuhkan lebih banyak kreativitas."

Pada akhirnya, perubahan besar harus datang dari pemangku kepentingan mode yang kuat. "Meskipun kami dapat merekomendasikan pembeli untuk mengurangi konsumsi pakaian yang baru diproduksi, tanggung jawab tidak ada pada mereka," catat Cecilie. "Pemangku kepentingan industri sendiri harus beralih ke model bisnis alternatif yang mengurangi produksi dan meningkatkan fase penggunaan pakaian. Kami membutuhkan dorongan yang lebih kuat dari undang-undang, dengan langkah-langkah kebijakan yang mendorong tindakan dan inovasi serta meningkatkan standar bagi seluruh industri."

Meskipun krisis iklim saat ini terasa luar biasa, ada banyak merek yang bekerja menuju masa depan yang lebih bertanggung jawab. Di sini, beberapa label yang ditampilkan di CPHFW tahun ini membahas dengan tepat bagaimana mereka bertanggung jawab dalam tiga bidang utama: produksi pertunjukan, kondisi kerja, dan keterlibatan konsumen.

"PERTUNJUKAN

Bersama Meme Marta Fagiuoli (kepala pakaian wanita di Samsøe Samse), Tobias Birk Nielsen (sutradara kreatif di Iso Poetism) dan Frederik Berner Kühl (pendiri Berner Kühl)

Bagaimana caranya agar set design tidak berujung menjadi limbah?

Berner Khül: "Di belakang panggung, kami menggunakan rak permanen dari studio kami, yang dibeli sebelum digunakan, dan menggunakan gantungan yang terbuat dari biomassa. Dengan desain yang ditetapkan, kami bekerja dengan studio arsitektur kecil di Kopenhagen, Emoli Works. Bersama-sama kami 'mencoba mencari cara untuk menyewa peralatan yang kita butuhkan atau menggunakannya kembali setelah digunakan."

Iso Poetism: "Membangun instalasi dan set selalu dimulai dengan menanyakan apa yang bisa kita up-cycle dan gunakan yang sudah ada di studio atau lingkungan kita. Itu adalah mantra saya sejak saya masih mahasiswa dan secara alami telah menjadi bagian dari identitas merek kami."

Courtesy of Copenhagen Fashion Week

Samsøe Samse: "Merencanakan dan melaksanakan pertunjukan yang bertanggung jawab adalah kontribusi kecil namun signifikan. Pertunjukan kami adalah kesempatan bagi kami untuk membicarakan tanggung jawab dalam industri, mulai dari desain set dan produksi pertunjukan hingga talent casting, pengemasan, transportasi, dan cara kita berbicara tentang pertunjukan sebagai merek dan industri."

Apakah keanekaragaman dan inclusivity menjadi pertimbangan saat melakukan penjurian para model?

Berner Khül: "Saya mencoba mencerminkan masyarakat tempat kita tinggal, artinya kita menginginkan semua jenis orang yang berbeda. Kami mencoba menemukan karakter yang menarik dengan latar belakang yang menarik, karena pemeran adalah bagian penting dalam menceritakan kisah."

Iso Poetism: "Bagi kami, bukanlah hal yang sulit untuk mewakili semua orang dari semua warna kulit dan latar belakang di look-book dan casting runway kami sejak musim pertama kami."

Koleksi musim gugur/dingin 2022 Samsøe Samsøe.

Samsøe Samse: "Saat casting talent, kami sangat menyadari dampak dan tanggung jawab yang kami bawa dengan memiliki penonton yang besar, termasuk anak muda. Penting bagi kami bahwa karyawan, talent, dan tim kreatif – bersama dengan audiens kami, melihat diri mereka sendiri terwakili dalam merek. Sangat penting untuk menampilkan koleksi pada berbagai jenis tubuh, ukuran, identitas, dan kepribadian."

Bagaimana etos keberlanjutan memengaruhi desain sekaligus koleksi Anda?

Berner Khül: "Kami tidak cenderung berbicara mengenai upaya keberlanjutan kami. Kami mencoba untuk sangat transparan dalam apa yang kami lakukan, tetapi kami tidak mempromosikannya secara menyeluruh. Terlalu banyak merek yang menggunakannya sebagai alat pemasaran, dan itu seharusnya tidak pernah seperti itu. Kami berada dalam keadaan di mana kami hanya harus mengubah industri kami."

Iso Poetism: "Selama perjalanan merek kami, kami menjadi lebih reflektif dan sadar akan bahan yang kami gunakan. Dimulai dengan menggunakan pewarna alami, menggunakan teknik pewarnaan air dingin untuk meminimalkan penggunaan air, serta menggunakan tekstil daur ulang serat yang menawarkan beberapa sentuhan akhir, tekstur, dan sejarah baru yang tak terduga yang tidak akan pernah bisa ditandingi oleh tekstil yang masih baru."

Samsøe Samse: "Dalam hal keberlanjutan produk, daya tahan adalah prioritas utama dan kami bekerja untuk pakaian tahan lama kami yang terbuat dari bahan berkualitas, menggunakan bahan bersertifikat kelas tertinggi dan dapat dilacak di semua koleksi kami."

"Situasi dan kondisi saat bekerja.

Marie dan Julie Skall, pendiri sekaligus pemilik Skall Studio dan Suzi Christoffersen, kepala Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Wood Wood

Dalam perusahaan Anda, bagaimana caranya memastikan situasi dan kondisi kerja yang "baik"?

Skall Studio: "Kami meminta semua pabrik untuk mematuhi standar sosial dan lingkungan internasional umum dan kode etik kami dan kontrak pemasok kami sangat rinci dalam hal kondisi kerja, diskriminasi dan pelecehan serta perlindungan pekerja perempuan. Kami dengan bangga mengatakan bahwa pabrik kami di India, yang membuat sebagian besar gaya katun dan linen kami, baru-baru ini mendapatkan sertifikasi GOTS (Global Organic Textile Standard / Standar Tekstil Organik Global). Kami juga memiliki fokus khusus pada kesejahteraan hewan dan kebijakan kesejahteraan hewan."

Wood Wood: "Kami memiliki kode etik berdasarkan Prinsip-Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia, OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development / Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan) dan prinsip-prinsip lainnya. OECD bekerja untuk memastikan rasa kesejahteraan yang lebih besar di seluruh dunia , dengan memberi saran kepada pemerintah tentang kebijakan yang mendukung pertumbuhan yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan. Kami secara aktif mendiskusikan prinsip-prinsip ini dengan semua pemasok baru, dan setiap tahun, kami menindaklanjuti dengan semua pemasok untuk memastikan mereka bekerja dalam kerangka kode."

Para desainer Skall Studio ketika berada di Copenhagen Fashion Week

Sejauh apa Anda terlibat secara personal dengan para pemasok Anda?

Skall Studio: "Penting bagi kami untuk membangun hubungan jangka panjang, jadi ketika kami menghabiskan waktu di pabrik, kami menghabiskan waktu bersama orang-orang yang bekerja di sana untuk lebih memahami cara mereka bekerja. Kami bertujuan untuk menimbulkan nilai kebudayaan dalam tim, bukan hanya sekadar hubungan pembeli dan pelanggan. Kami mendukung pemasok kami ketika masalah terjadi. Pemasok kami tidak hanya bekerja untuk kami, mereka bekerja dengan kami."

Wood Wood: "Tahun depan, kami akan menggunakan seperangkat kriteria internal kami untuk menentukan peringkat pemasok kami dan kinerja mereka. Ketika kami memiliki lokasi produksi di negara-negara berisiko, kami mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan pabrik kami memiliki praktik dan kondisi kerja yang bertanggung jawab. Sebagai selain mengunjungi pabrik sendiri, kami juga mengharuskan pabrik-pabrik ini diperiksa dan disertifikasi oleh pihak ketiga."

"Keterlibatan konsumen.

Alan Blond, salah satu pendiri di Sunflower, Naja Munthe, desainer sekaligus pemilik di Munthe serta Maria Bare Johansen, kepala PR dan pemasaran di Gestuz.

Bagaimana cara terbaik untuk mendukung pembeli agar ikut serta dalam upaya keberlanjutan Anda?

Sunflower: "Bagian paling berkelanjutan dari produk Sunflower adalah kualitasnya dan penampilannya yang tak lekang oleh waktu, jadi pembeli kami memiliki pakaian seumur hidup. Komunikasi kami adalah dari mulut ke mulut dan jika pelanggan tertarik, mereka bebas untuk membaca lebih lanjut tentang produk tersebut di situs web kami di mana kami mencoba untuk setransparan mungkin."

Munthe: "Sangat penting bagi kami untuk menjangkau orang-orang di media sosial, baik itu Facebook, TikTok atau Instagram, di mana setiap minggu kami mendedikasikan satu hari penuh untuk mengomunikasikan perjalanan tanggung jawab kami. Kami berbicara tentang topik seperti bahan yang kami gunakan atau cerita seputar produksi dan pemasok."

Gestuz: "Sudah menjadi standar untuk bekerja dengan berbagai bagian keberlanjutan, dan kami juga ingin menginspirasi merek lain dengan menjadi lebih informatif. Kami berkomunikasi di Instagram, serta mengirimkan buletin, baik dengan penandaan produk atau sebagai buletin khusus. Kami juga menunjukkan dengan jelas produk di situs web kami yang terbuat dari bahan bersertifikat atau terdokumentasi."

Bagaimana Anda menginspirasi pembeli untuk mengonsumsi busana dengan cara yang lebih ramah lingkungan?

Sunflower: "Potongan kami dibuat oleh tenaga kerja terampil dan pabrik-pabrik hebat, secara bawaan ini menghasilkan produk yang akan bertahan lebih lama. Dengan melakukan ini dengan sengaja, kami berharap pelanggan kami akan membeli lebih sedikit tetapi lebih baik."

Munthe: "Sebagian besar dari produksi yang bertanggung jawab adalah membuat pakaian yang tahan lama, sehingga Anda dapat menjualnya kembali, menyebarkannya, atau sekadar menyimpannya dengan baik. Kami memberi tahu pembeli cara merawat pakaian dengan benar dan jika ada yang rusak kami mendorong mereka untuk memperbaikinya. Kami mendorong orang untuk tidak pernah membuang pakaian; di Munthe jika kami memiliki sesuatu yang tersisa dari koleksi sebelumnya, kami menyumbangkannya ke Red Cross yang kemudian akan mengirimkannya ke kamp-kamp pengungsi di seluruh dunia."

Gestuz: "Kami memiliki panduan perawatan produk yang menunjukkan cara memperpanjang masa pakai barang dan kami sangat percaya pada pasar penjualan kembali yang sedang berkembang, yang juga memberikan masa pakai lebih lama untuk produk jika kualitasnya bagus, sehingga orang lain dapat cintai barang yang Anda sukai sebelumnya."

Bagaimana Anda meningkatkan umur pakaian Anda?

Sunflower: "Saat ini kami adalah merek baru. Kami sedang memikirkan cara untuk mengurangi stok dan memberikan stok atau barang yang tidak terjual kehidupan kedua melalui desain ulang. Kami juga selalu membantu dalam hal perbaikan."

Munthe: "Desain dan kualitas harus meningkatkan masa pakai barang, sehingga pembeli dapat menyebarkannya, menjualnya, atau menyimpannya. Kami memiliki kerja sama yang baik dengan platform penyewaan Rent the Runway, di mana orang dapat menyewa untuk acara tertentu atau pasangan minggu. Ini adalah sesuatu yang akan kita lihat lebih banyak dan, di masa depan, kita akan melihat lebih banyak ke dalam jenis layanan ini."

Gestuz: "Kami fokus pada bahan berkualitas dan barang-barang yang tak lekang oleh waktu, sehingga dapat menjadi favorit lemari pakaian selama beberapa musim. Kami telah meningkatkan pengujian keausan untuk memastikan kesesuaian yang tepat dan tahun ini kami meluncurkan platform penjualan ulang kami sendiri. ingin memudahkan pelanggan kami untuk memperpanjang umur barang kami, dengan menjual atau membeli dengan cara yang mudah."

Dengan terima kasih kepada Copenhagen Fashion Week dan Creative Denmark

Baca juga:

Rahasia Gaya Olivia Palermo di Couture Fashion Week

Simak Penampilan Terbaik Para Selebriti dan Model di Bulan Juni

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)