Ini 6 Manfaat Facial Massage untuk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui!

Bazaar telah merangkum beberapa manfaat facial massage yang bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan me time!



Pijat wajah atau facial massageadalah salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri atau dengan terapis. Teknik ini melibatkan titik-titik tekanan rangsangan seperti pada wajah, leher, dan bahu. Anda bisa menggunakan lotion atau oil dengan face roller atau flat gua sha.

Secara keseluruhan, melakukan pijat wajah dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus memberi efek rileks pada otot wajah Anda. Dengan kata lain, ini memiliki efek relaksasi dan meremajakan, membantu Anda terlihat dan merasa lebih baik.

Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut beberapa manfaat facial massage, dan bagaimana Anda dapat melakukannya sendiri. Simak!

  • Sebagai Anti Penuaan dan Kerutan

Salah satu manfaat utama facial massages adalah kemampuannya memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan.

Melakukan pijat wajah atau facial massage secara teratur dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kerutan, bintik hitam, dan pigmentasi. Ini karena, melakukan pijat wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah yang mengarah pada peningkatan produksi kolagen yang membantu membangun struktur kulit. Selain itu, pijat wajah juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit Anda akan tampak lebih muda.

Dikutip dari laman Healthline, sebuah studi kecil tahun 2017 meneliti keefektifan pijat wajah yang mencakup alat pijat wajah yang menstimulasi. Peserta yang menggunakan alat krim pijat wajah dan krim anti-penuaan di wajah dan leher mereka selama 8 minggu. Hasilnya, diketahui krim anti penuaan mampu bekerja secara maksimal dengan alat pijat wajah, sehingga perbaikan tampak terlihat pada keriput, kulit kendur, dan tekstur.

  • Membuat Kulit Lebih Glowing

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang lebih glowing, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk rajin melakukan pijat wajah. Mengapa? Menurut penelitian tahun 2002 menemukan bahwa, 54 persen wanita yang melakukan pijat wajah melaporkan kulit lebih kenyal dan segar, sedangkan sisanya melaporkan mengalami pengencangan kulit.

Banyak bukti anekdot yang menunjukkan bahwa menstimulasi otot wajah dengan facial massages dapat membantu mengencangkan kulit, meredakan otot yang tegang, dan meningkatkan sirkulasi. Pada gilirannya, dapat membuat kulit lebih glowing.

  • Melancarkan Aliran Darah

Menggunakan face roller telah dikaitkan dengan efek positif pada aliran darah kulit, yang dapat membantu memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Menurut sebuah studi kecil tahun 2018, orang-orang yang melakukan perawatan wajah selama 5 menit dengan face roller mengalami peningkatan aliran darah di area tersebut.

Menurut Julia Baba, seorang ahli kecantikan mengatakan bahwa merangsang otot wajah dengan melakukan pijatan wajah teratur bisa membantu membawa oksigen ke area tersebut, yang merupakan bentuk alami dari perawatan kulit anti penuaan itu sendiri. Lebih lanjut Ia menjelaskan, lebih banyak aliran darah ke area tersebut dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang memberikan kilau yang sehat dan alami pada kulit.

  • Meremajakan Wajah

Manfaat pijat wajah lainnya yaitu dapat membantu meredakan ketegangan sekaligus meningkatkan relaksasi dan kesehatan kulit. Penelitian dari 2018 menunjukkan keefektifan pijat wajah dengan alat pijat wajah dalam mendorong peremajaan wajah.

  • Meredakan Ketegangan

Tahukah Anda, ketegangan pada otot wajah dapat menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan? Saat Anda merasa stres atau lelah, Anda cenderung mengerutkan dahi Anda, inilah yang kemudian dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah.

Kabar baiknya, melakukan pijatan pada wajah dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot wajah, sehingga menjaga wajah Anda tetap kencang, mencegah munculnya keriput, dan tidak kendur.

  • Membantu Produk Skincare Menyerap Lebih Baik

Tingkatkan keefektifan perawatan wajah Anda dengan memasukkan pijatan ke dalam rutinitas perawatan kulit di rumah. Di malam hari, bersihkan kulit, gunakan serum dan pelembap Anda dengan menggunakan alat pijat wajah dan gerakan lembut facial massage. Ini akan membantu produk skincare menyerap sempurna ke dalam kulit.

Lantas, Bagaimana cara melakukan facial massage di rumah?

Anda dapat melakukan pijat wajah sendiri di rumah. Sebelum memulai, bersihkan wajah dan tangan Anda terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Gunakan sedikit serum atau face oil untuk mempermudah face roller atau jari-jari tangan Anda memijat wajah. Ada beberapa teknik pijat wajah yang bisa Anda gunakan, antara lain:

- Gunakan gerakan melingkar untuk memberi pijatan lembut pada area pelipis.
- Gunakan telapak tangan Anda untuk memijat sisi wajah, mulailah dari dagu dan bergerak ke dahi.
- Gunakan gerakan melingkar untuk memberi pijatan lembut pada area di bawah daun telinga.
- Gunakan jari kelingking Anda untuk memijat bagian leher, beri sedikit tekanan mulai dari atas leher hingga ke bawah.
- Gunakan ujung jari Anda untuk tap over secara lembut semua area wajah Anda.
- Gunakan ibu jari dan dua jari pertama untuk mencubit bagian tengah dagu Anda
- Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat bagian bawah tulang pipi Anda. Mulailah dari tengah wajah dan bergerak ke arah pelipis Anda.

(Foto: puhhha@123rf.com)