Apa Arti Di Balik Melihat Diri Anda Dalam Balutan Busana Terbaik?

Proyek seperti Bridgerton telah menantang batasan representasi di TV—tidak hanya dalam casting mereka, tetapi dalam kostum mereka.

Courtesy of BAZAAR US


Ketika Hollywood menceritakan kisah-kisah yang berlatar masa lalu, keragaman ras sering kali dilucuti dari kisah tersebut. Dan bahkan ketika karakter yang memiliki warna kulit lebih gelap muncul dalam potongan sebuah periode, mereka sering ditampilkan dalam peran yang "derajatnya" lebih bawah dari karakter kulit putih yang dibintangi. Representasi tidak berarti segalanya; sering, ini digunakan untuk menghindari melakukan pekerjaan yang lebih sulit untuk benar-benar memperhitungkan semua cara di mana penindasan dijalin ke dalam fondasi dunia kita. Tetapi masih ada saat-saat ketika melihat diri Anda dalam cerita-cerita dari mana Anda umumnya dikecualikan dapat terasa seperti seberkas cahaya yang membelah hutan ketidakpedulian.

Baca juga: Berbincang Langsung dengan Pemain Bridgerton Season 2: Jonathan Bailey, Simone Ashley dan Charithra Chandran

Beberapa acara dan film baru-baru ini seperti The Harder They Fall tahun lalu, The Gilded Age tahun ini, dan Bridgerton (yang menjadi sensasi ketika musim pertama jatuh pada Hari Natal 2020, dan yang musim keduanya tayang perdana akhir bulan lalu) menempatkan karakter yang memiliki warna kulit gelap dalam sorotan—dan dalam kostum periode yang indah, rumit, dan mewah. Keberhasilan pertunjukan ini membuktikan adanya keinginan dari penonton untuk membayangkan kembali fantasi kita dengan cara yang benar-benar mencerminkan dunia yang kita tinggali. Dan itu memaksa kita untuk mengajukan pertanyaan: Apa artinya melihat diri kita dalam pakaian terbaik?

Bridgerton, The Gilded Age, dan The Harder They Fall semuanya terjadi di abad ke-19, tetapi mereka melakukannya di berbagai wilayah, bermain dengan genre yang bervariasi, dan nadanya berkisar dari yang membumi hingga yang lebih bergaya dan fantastik. Akibatnya, perancang kostum mereka mengambil pendekatan yang sangat berbeda saat mereka meneliti periode dan latar di mana cerita-cerita ini terjadi.

Bridgerton membawa kita melintasi Atlantik ke versi Inggris era kabupaten yang sedikit lebih dibayangkan daripada awal 1800-an yang sebenarnya, elemen seperti mimpi yang memungkinkan kostum berwarna cerah dan berkilau. Meskipun ceritanya memanjakan hasrat kita akan fantasi, fakta bahwa dunia yang digambarkannya dipenuhi dengan sejumlah wajah non-putih bukan tanpa dasar sejarah. “Ada orang Afrika yang hadir di istana kerajaan Henry VII, Henry VIII, Elizabeth I dan James I … dan di seluruh Inggris dari Hull hingga Truro,” tulis sejarawan Miranda Kaufmann dalam Black Tudors: The Untold Story. Dengan pengecualian Amma Asante Belle pada tahun 2013, penonton jarang melihat orang kulit berwarna gelap dalam peran periode yang menonjol.

Serial Netflix membawa kita ke dalam jenis romansa Regency yang sering dikaitkan dengan karya Jane Austen—dunia yang didominasi oleh sopan santun dan ambisi serta cara kedua aspek itu bertabrakan dalam mencari pasangan cinta. Tetapi dunia pertunjukan terutama didasarkan pada aula dan bola berkilauan di London, yang bertentangan dengan pengaturan pastoral utama dari narasi Austen. Satu pengecualian: selingan musim ini bertempat di Aubrey Hall, kursi pedesaan keluarga Bridgerton. Pengaturan kota menambah pesona dan, dalam beberapa hal, meningkatkan taruhan baik bagi karakter maupun pemirsa. Pergeseran tempat ini dapat dilihat pada pakaian, yang meliputi serangkaian korset berkerut, gaun pesta yang tebal, sarung tangan satin, dan perhiasan mewah.

Courtesy of BAZAAR US

Perancang kostum, Sophie Canale, memberi tahu BAZAAR.com bahwa departemen kostum umumnya akan “mencari sumber melalui museum, tetapi harus bekerja selama pandemi musim ini [mereka] agak tidak dapat mengunjungi pusat penelitian … jadi [sumber] umumnya melalui Internet dan buku.” Penelitian ini memberi Sophie dan timnya landasan historis yang ia bangun dengan elemen yang lebih kreatif: “Bridgerton adalah dunia menakjubkan yang telah diciptakan, jadi ini mengambil referensi mode dan dapat menempatkannya pada siapa pun.” Untuk alasan itu, kami melihat banyak karakter warna, dari penjahit Genevieve Delacroix hingga favorit penonton, Duke of Hastings, berpakaian sesuai dengan kelas mereka dan belum tentu etnis mereka.

Ada keinginan dari penonton untuk membayangkan kembali fantasi kita dengan cara yang benar-benar mencerminkan dunia.

Pengenalan karakter kakak beradik Sharma di musim kedua telah memungkinkan lebih banyak anggukan untuk ras dan budaya. “Berasal dari India, kami menggunakan elemen potongan gaun budaya itu. Kami masih menggunakan garis kekaisaran, tetapi daripada memiliki bukaan depan tengah gaun regency... Saya akan mendorong bukaan samping, jadi Anda... menyadari tribut pada sari ini. Dalam sebuah pertunjukan di mana perhiasan memainkan peran penting, Sophie memastikan untuk menempatkan para kakak beradik ini mengenakan perhiasan khas India, seperti gelang yang dikenakan Kate (yang dimainkan oleh Simone Ashley) tertua dalam satu adegan penting. “Perhiasan adalah sesuatu yang diturunkan dari generasi ke generasi. Itu adalah pusaka yang dipegang orang, jadi memiliki perhiasan sebagai pengaruh India yang sangat kuat adalah sesuatu yang sangat penting bagi saya.”

Courtesy of BAZAAR US

The Gilded Age membawa kita dari Amerika Barat ke jalan-jalan dan panti di New York City. Ini diatur pada tahun 1882, hanya 17 tahun dihapus dari akhir Perang Saudara dan lima tahun setelah pemerintah federal meninggalkan Rekonstruksi dan, pada gilirannya, hak dan keselamatan orang kulit hitam yang tinggal di Amerika Selatan. Pertunjukan tersebut, meskipun sukses, telah dikritik karena tidak cukup menampilkan iklim budaya aktual pada waktu itu dan lebih berfokus pada kemewahan dan gaun. Penulis, Brandon Taylor, menulis dalam buletin baru-baru ini, “Saya menonton pertunjukan karena saya suka gaunnya. Saya suka zamannya. Saya suka ide drama di periode ini. Saya hanya tidak yakin apakah sejarah Amerika dapat dikuadratkan ke bentuk sentimental seperti ini. Terutama pada saat sejarah Amerika sedang ditutup-tutupi. … Sejarah Amerika selalu [menjadi] latihan dalam branding dan spin.”

Di episode pertama, kita bertemu Peggy Scott (yang dimainkan oleh Denée Benton), seorang wanita muda yang hidupnya berubah setelah bertemu di peron kereta di Doylestown, Pennsylvania. Dia menjadi saluran kami untuk tipe karakter kulit hitam yang jarang terlihat di drama periode. “Ketika kami bertemu Peggy, kami tidak ingin mengungkapkan keseluruhan cerita, jadi saya memulainya dengan diam-diam,” kata desainer kostum Kasia Walicka-Maimone kepada BAZAAR.com. Sementara banyak karakter kulit putih pertunjukan menghabiskan waktu mereka di dunia masyarakat kelas atas yang terasa akrab berkat Edith Wharton dan Henry James, Peggy memungkinkan kita untuk melihat bagian dari kehidupan kota yang jarang digambarkan di halaman atau layar.

“Saya ingin menciptakan persona penuh teka-teki di mana Anda tidak dapat menunjukkan dengan tepat dari mana dia berasal, dan dia bergerak dengan elegan di seluruh dunia,” kata Kasia. “Tapi itu juga fungsi waktu: ini semua peristiwa itu. Ada pesta teh. Ada ball. Ada gaun pagi, gaun malam. Kami tidak menggambarkan Peggy dalam skenario itu. Kami menggambarkannya sebagian besar waktu dalam gaun hari. [Tidak] sampai kami melihatnya saat makan malam di rumahnya dan di upacara ringan … ketika saya menggunakan gaun yang lebih besar mengetahui bahwa dia memiliki gaun luar biasa di lemarinya.”

Courtesy of BAZAAR US

Penonton akhirnya menemukan bahwa keluarga Peggy adalah bagian dari elit kulit hitam di New York. Karena kelompok itu didokumentasikan dengan baik pada saat itu, Kasia dapat menemukan banyak sumber daya untuk diambil. Faktanya, dia mencatat bahwa “gaun ungu yang dia kenakan untuk [makan malam di] rumah orang tuanya … diambil langsung dari foto yang kami temukan dari periode itu.”

Tapi Kasia menambahkan bahwa ini bukan film dokumenter. Saat Anda mengambil karakter dari naskah ke layar, sejarah dan penelitian hanya dapat membawa Anda sejauh ini. Ada tingkat seni yang terlibat dalam pembuatan kostum, dan untuk Kasia, itu muncul dalam warna. Untuk rumah tangga Scott, Kasia "tetap dengan ungu, zaitun, cokelat, emas, jeruk," tetapi dia juga menggunakan warna untuk mendefinisikan Peggy berlawanan dengan Marian (yang dimainkan oleh Louisa Jacobson), seorang wanita muda berkulit putih yang baru saja memasuki kalangan kelas atas New York dan yang pengenalannya ke dunia ini memungkinkan penonton untuk ikut.

"Marian berwarna kuning pucat, berasal dari Pennsylvania, dari padang rumput, dari alam, dari pedesaan, dari kepolosan,” kata Kasia. “Pada saat yang sama, saya menggunakan kuning cerah pada Peggy, hanya sebagai pasangan dari kuning Marian, dan saya melakukannya dengan sengaja sebagai permainan antara dua wanita yang kurang lebih seumuran, berasal dari dua orang yang sangat berbeda. latar belakang, lingkungan yang sangat berbeda, dan mereka menemukan bahasa yang sama satu sama lain.”

Courtesy of BAZAAR US

The Harder They Fall menawarkan jenis kostum periode yang berbeda. Barat adalah kekuatan dominan di Hollywood selama beberapa dekade, dan pada gilirannya didominasi oleh cerita orang kulit putih yang tinggal di perbatasan. Tetapi Amerika Barat selalu beragam, mulai dari penduduk pribumi yang sudah mendiami negeri-negeri itu, hingga imigran Cina yang berperan penting dalam pembangunan rel kereta api, hingga penduduk Meksiko yang dimasukkan sebagai perbatasan negara ini yang didorong ke arah Pasifik. Dalam The Harder They Fall, kita melihat dunia orang kulit hitam yang bergerak ke barat untuk mengejar kebebasan dan kekayaan melalui konflik antara dua rival: Nat Love (Jonathan Majors) dan Rufus Buck (yang dimainkan oleh Idris Elba).

"Saya orang Jamaika-Kanada, jadi saya tidak tumbuh di Amerika, dan saya tidak tahu bahwa ada koboi berkulit hitam," kata desainer kostum Antoinette Messam dalam sebuah wawancara dengan Harper's BAZAAR UK tahun lalu. “Melakukan penelitian untuk film ini, saya melihat bahwa orang-orang ini ada—kota-kota ini nyata, pencapaian mereka nyata, tetapi Anda tidak pernah melihat mereka di film.” Sementara banyak karakter dalam film didasarkan pada tokoh-tokoh sejarah, sutradara Jeymes Samuel mengambil kebebasan dengan mendongeng, memungkinkan Antoinette kebebasan untuk bermain-main dengan desainnya. “Pada akhirnya, [Samuel] tidak ingin membuat film koboi tua yang berdebu—dia ingin film itu terlihat hidup, dia ingin memiliki kesan angkuh, agar menyenangkan dan funky.”

Courtesy of BAZAAR US

Ini membantu bahwa film itu diatur di pusat kehidupan nyata industri kain. “Redwood adalah kota tekstil. Itu adalah industri dasar mereka dan adegan dengan tempat sampah pewarna menunjukkan di mana kain itu dibuat, ”kata Messam selama wawancara dengan Tudum Netflix. “Ini penting untuk menunjukkan industri karena menjelaskan bahwa ini adalah kota yang makmur, yang memiliki bisnis. Mereka memiliki pabrik mereka sendiri, mereka membuat kain mereka sendiri. Itu adalah pernyataan kekayaan dan kemakmuran.”
Apa artinya melihat diri kita dalam pakaian terbaik?

Latar belakang itu menginformasikan kostum Rufus Buck Gang, yang berbasis di Redwood. Trudy Smith, diperankan oleh Regina King, mengenakan gaun berwarna biru tua yang cerah, sementara Buck sendiri menarik perhatian Anda dalam satu adegan dengan jaket beludru merah. Tapi ada potongan kostum yang menjembatani geng ini dan Nat Love, seperti wanita berjilbab seperti Trudy dan Stagecoach Mary, yang diperankan oleh Zazie Beetz, dipakai di balik topi mereka. “Afrika-Amerika memiliki rambut alami, dan lebih mudah dan benar secara budaya untuk membungkus kepala mereka,” kata Messam dalam wawancara yang sama. Catatan semacam itu memberi kita pemahaman tentang realitas orang kulit hitam tidak hanya ketika mereka berurusan dengan elemen keras dari latar film, tetapi juga sekarang, di seluruh dunia.

Karakter dalam ketiga produksi ini, sebagian besar, fiksi — dan begitu juga pakaiannya, dalam arti bahwa itu bukan reproduksi yang tepat dari pakaian sejarah. Tapi penonton tidak beralih ke drama periode untuk akurasi tingkat museum; kami menonton mereka karena mereka merasa nyata secara emosional, karena mereka memberi kami perasaan tentang bagaimana kehidupan bisa terasa saat itu.

Orang dengan kulit berwarna selalu menghuni semua bagian masyarakat, apakah mereka dikenali atau tidak oleh tatapan putih, dan mereka selalu berpakaian dengan cara yang mencerminkan status mereka di luar warna kulit mereka. Sekarang Hollywood akhirnya mulai mencerminkan fakta itu, tidak ada batasan untuk jenis kostum yang bisa kita lihat di layar.

Dalam sebuah adegan dari The Gilded Age, Marian Brook muncul tanpa diundang di depan pintu keluarga Scott dengan sepasang sepatu bekas yang rencananya akan dia berikan kepada mereka. Scotts, tentu saja, tidak membutuhkan sepatu bekasnya: Mereka sangat mampu membeli sepatu bagus mereka sendiri. Namun, ini adalah momen yang sangat penting, dan ini menggambarkan kebenaran yang lebih luas. Gaya berpakaian Peggy menggambarkan kelas sosial keluarganya, tetapi Marian tidak dapat melihat melampaui prasangkanya sendiri tentang apa artinya menjadi orang berkulit hitam pada saat itu. Ada pesan busana di sini: Tempat keluarga Scott di dunia Gilded Age New York City jauh lebih kompleks daripada yang bisa dipahami oleh pandangan dunia Marian yang terbatas. Ini seperti di mana kita berada di dunia film dan televisi sekarang: mengingatkan massa bahwa ada lebih banyak hal di dunia dan sejarah kita daripada apa yang telah diberitahukan kepada kita.

Baca juga:
Mengetahui Proses Kreatif di Balik Kostum Bridgerton Season 2 Bersama Sang Desainer

Rossa Kenakan Gaun Floral Panjang Bak Putri di Bridgerton

Penulis: Samantha Powell; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR US