Sekarang merupakan waktu yang produktif untuk mode. Gaun dan rok yang berukuran lebih besar, belum lagi statis, dirancang untuk lensa paparazi atau kotak-kotak cerah Instagram. Warna menjadi lebih keras dan ekspresif. Dalam periode yang terobsesi dengan identitas, pakaian telah menjadi lingua franca; mengartikulasikan apa yang Anda inginkan dan yakini, baik untuk selebriti dan orang-orang serupa mereka, sering kali dimulai dengan pakaian yang Anda kenakan.
Baca juga: Mengenal Matthieu Blazy, Penerus Daniel Lee di Bottega Veneta
Di masa-masa ini, apakah ada desainer yang cukup percaya diri dengan visi mereka untuk tidak meneriakkannya? Itulah yang membuat koleksi debut Matthieu Blazy, desainer yang baru saja diangkat Bottega Veneta, begitu memikat. Saat dia memasukkannya ke dalam email kepada saya, “Saya pikir kemewahan adalah sesuatu yang Anda rasakan bukan yang Anda lihat; itu menjadi jauh lebih pribadi dan emosional bagi orang yang mengenakan pakaian itu daripada orang yang melihatnya.”
Mari kita mundur sejenak untuk menceritakan beberapa sejarah Bottega baru-baru ini. Sampai beberapa bulan yang lalu, Daniel Lee, pria Inggris milenial berambut merah yang memulai karirnya di Celiné Phoebe Philo, yang memimpin permata mahkota "kemewahan tersembunyi" ini ke tempat yang tak terduga. Dia membuat tas yang berukuran sangat besar dan sepatu karet anti hujan yang menjadi umpan bagi Instagram dan gaya streetwear, dan tindakan cerdas untuk mengklaim kepemilikan warna hijau yang disebut "parakeet," mengubah merek yang dikenal dengan tas intrecciato tenun tanpa logo dan pakaian bersahaja menjadi seragam para influencer.
Kemudian, Daniel tiba-tiba pergi Oktober lalu, dalam keadaan misterius, dan Matthieu, yang pernah menjadi direktur desain Daniel, dengan cepat diangkat ke peran teratas. Mungkin namanya belum terlalu dikenal, tetapi Matthieu adalah seorang veteran dalam industri ini: ia memulai karirnya di Maison Margiela, merupakan anak didik Raf Simons, dan mitra desainer Alaïa Pieter Mulier. Ia ditugaskan untuk memastikan rumah itu tidak menyimpang terlalu jauh dari perubahan citranya yang edgy dan benar-benar digemari dengan konsumen, maupun reputasinya untuk kemewahan yang tak terbantahkan. Dia bisa saja melakukan reboot yang radikal, atau mengembangkan visi Daniel Lee. Apa yang ia lakukan lebih terasa seperti mengembangkan visi Daniel, tetapi juga menawarkan sesuatu yang lebih: dia menciptakan koleksi yang luar biasa percaya diri, perasaan yang ditransmisikan ke dalam pakaian itu sendiri.
“Kekuatan yang tenang bukan hanya untuk para penonton, tetapi juga untuk pemakainya,” katanya melalui email. "Saya tidak ingin pakaiannya terlalu mengambil perhatian, melainkan untuk memberdayakan pemakainya.”
Matthieu tidak radikal, tetapi mengalihkan penekanannya dari "pemirsa" ke "pemakai" memiliki potensi yang memikat. Seperti yang saya katakan, Instagram benar-benar mengubah cara kita mengonsumsi pakaian, menjadikannya lebih sedikit tentang Anda tetapi lebih ke siapa yang melihat dan yang menyukai unggahan Anda. Lebih dari itu, desainer mengubah cara membuat pakaian, memberi kami kepekaan maksimalis yang menarik perhatian sehingga semakin mengalihkan fokus dari pemakainya. Alternatif untuk itu sama-sama menghadap publik: "sekolah" Philophile minimalis yang merindukan masa jabatan desainer di Celine, tampaknya telah melemahkan tepi konsep aneh dan surealis Phoebe menjadi sesuatu yang menggugah selera, pujian sempurna untuk tangan yang terawat salinan usang dari buku Joan Didion dan secangkir kopi oleh seorang ahli keramik modern. Sebagian besar desainer dan pengamat mode tampaknya tidak membayangkan perubahan dari salah satu mode tersebut. Tapi fashion sekarang berkembang ke dunia yang didominasi oleh video, baik melalui aplikasi TikTok atau fashion show melalui live-stream. Pakaian tidak lagi hanya dilihat dengan duduk diam. Sejauh ini, industri telah mengantisipasi perubahan itu dengan berfokus pada konsep seperti metaverse, yang pada dasarnya adalah realita virtual di mana konsumen akan fokus pada pakaian digital yang aneh ketimbang pakaian dunia nyata.
Baik, bagus, jadi bagaimana pakaian ini menunjukkan kepada kita janji akan sesuatu yang lain? Mereka dirancang dengan jelas – kerah atau ukuran celana tidak dipertimbangkan, seperti gaun cocktail hitam tanpa lengan dengan tali bulat yang halus dan slit di bagian depan. Hal ini terasa humoris, dimana pakaian wanita ragu untuk mengambil kesempatan itu: sebagai contoh, lihat cara pompom Koosh melambung di bagian bahu gaun kulit dan jumpsuit kulit coklat-merah. Hal itu aneh dan kreatif bahkan dengan hal-hal sederhana, seperti pakaian yang tidak terlalu menonjol justru membuka pertunjukan, sepasang tank top dan celana jeans longgar, yang sebenarnya adalah kulit. (Ini adalah jenis trik material Margiela yang telah menjadi populer selama beberapa tahun terakhir – Balenciaga, misalnya, membuat celana jeans viscose sablon yang bergerak seperti palsu. Matthieu menggunakan ide yang sama namun lebih manusiawi dan kurang efek dystopian-nya.) Saat ada sepatu wedges oranye berbulu, mereka ditampilkan dengan setelan hitam sederhana, rapi dan efisien seperti tusukan jarum; tidak ada yang berlebihan. Suasananya begitu tepat untuk saat-saat ini – yang merupakan tugas paling sederhana tetapi paling membingungkan bagi seorang desainer – sehingga hanya bagian belakang jaket wol biru yang tampak seperti menjadi semi-viral dalam cerita Instagram dari fashion cognoscenti. Jelas, kami membutuhkan ini.
Dari semua hal tampilan yang paling menarik dari semuanya adalah rok dan sweater: pullover unik berwarna oatmeal dengan garis leher kubis yang dikenakan di atas rok kulit berwarna ungu tanah liat berayun besar dengan pinggiran tipis yang memantul di bawahnya. Ini adalah ide yang membuat seorang wanita yang sedang bergerak terlihat fantastis, yang menunjukkan optimisme (dan cerdas untuk usia video-forward kami). Tampilan berponi itu, yang juga muncul di balik gaun kulit panjang, terlihat melenting, indah dan sedikit aneh tanpa membuat Anda terlihat seperti meme. Kedengarannya konyol dan sederhana, akhir-akhir ini saya bertanya-tanya di mana semua keindahan itu. Bukankah perempuan, terutama ketika kita menghabiskan banyak uang, dan ketika begitu banyak dunia yang begitu merendahkan, ingin merasa memesona? Rasanya sangat manusiawi untuk merasa elegan.
Baca juga:
14 Momen Fashion Tak Terlupakan di Tahun 2021
Daniel Lee Hengkang dari Bottega Veneta
Penulis: Rachel Tashjian; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of Bottega Veneta