Setelah sukses dengan koleksi wewangian ikonisnya, 1 Million by Rabanne yang pertama kali dirilis di tahun 2008, kini Rabanne kembali membawa dobrakan terbarunya dengan merilis koleksi wewangian yang diperuntukkan bagi kaum wanita bertajuk Million Gold For Her.
BACA JUGA: Koleksi Rabanne x H&M Akan Hadir untuk Rayakan Akhir Tahun
Terinspirasi dari rantai perahu Brittany, tempat yang telah memberikan banyak inspirasi bagi Monsieur Rabanne dan Julien Dossena, detail XL Link pada desain botolnya menampilkan serangkaian rantai besar dan kecil yang saling bertautan khas sang label. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019, rantai XL Link memang telah berevolusi, diperbarui terus-menerus dalam berbagai warna, bentuk, serta material baru yang menangkap semangat setiap musim serta menawarkan perhiasan yang eksentrik untuk setiap gaya.
Membahas mengenai aromanya, parfum yang diracik oleh para ahli parfum ternama di dunia yakni: Alienor Massenet, Suzy Le Helley, Nathalie Benareau, dan Loc Dong menawarkan semilir aroma feminin yang hadir antara perpaduan mawar berkilau dengan bunga putih feminin yang dikontraskan dengan aroma muskyang asin.
Untuk top notes-nya, hadir bahan eksklusif berupa Lavender Oil x Tonkalactone® yang menonjolkan sisi lembut yang adiktif yang kemudian berpadu dengan Mandarin Oil yang diperas manual dengan tangan dari Madagaskar dan molekul bioteknologi, Pearadise. Di middle notes, para ahli memadukan Rose Oxide L yang kemudian semakin dielevasi dengan kehadiran ylang-ylang Complete Oil Madagascar, serta Jasmine “Coeur de Saison”.
Base notes-nya kemudian diakhir dengan Mineral Moss Accord dan Ecomusk R dan Vanilla Bourbon Absolute dari Madagaskar, sebuah percampuran material dari vanili yang ditanam secara berkelanjutan dari organisasi petani kecil bersertifikat Fairtrade.
Bila dapat disimpulkan Million Gold For Her adalah puncak tak tertinggi dari keberanian ekstrem dan kecanggihan luar biasa. Parfum ini dibuat dengan bahan-bahan terbaik yang 90 persennya berasal dari alam.
Selain menjadi sejarah baru bagi koleksi 1 Million by Rabanne, momen ini juga semakin sempurna dengan ditunjuknya supermodel, Gigi Hadid sebagai wajah baru yang dipercaya untuk merepresentasikan koleksi teranyar ini. Bersama dengan musisi asal Amerika Serikat, Moses Sumney yang juga terpilih menjadi wajah dari Million Gold, keduanya beraksi dalam video kampanye untuk koleksi ini.
Di tengah semarak merayakan peran baru Gigi dan juga Moses, Bazaar pun berbincang secara eksklusif dengan keduanya, mari simak obrolannya:
Audrey Hepburn, Brigitte Bardot, Jane Fonda, hingga Françoise Hardy pernah menjadi muse dari Monsieur Rabanne, lantas bagaimana rasanya menjadi bagian dari jajaran wanita hebat yang kuat dan sangat ikonis ini?
Gigi Hadid (GH): It’s crazy! Saya sudah lama menjadi penggemar dari brand ini. Mereka memiliki begitu banyak inspirasi ikonis dan telah menjadi bagian dari sejarah mode. Berkesempatan untuk menjadi bagian dari itu dan dapat bekerja dengan tim yang hebat, sungguh perasaan yang begitu luar biasa.
Bagaimana perasaan Anda dipercaya menjadi wajah baru dari Million Gold?
Moses Sumney (MS): Saya punya papan visi tentang apa yang ingin saya lakukan saat bekerja di dunia mode. Dan percaya atau tidak, iklan parfum Rabanne menjadi salah satunya. Jadi itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan.
Bagaimana Anda menggambarkan Million Gold For Her dalam tiga kata?
GH: Saya akan mendeskripsikannya sebagai "menyegarkan." Saya suka ketika sesuatu membangunkan sel-sel dalam otak Anda. Kata kedua saya adalah "seksi". Dan ketiga, walaupun sulit untuk menyebutnya sebagai "bunga" karena lebih dari itu, jadi saya akan menggunakan kata yang lebih menggambarkan perasaan daripada kata yang bersifat deskriptif. Jadi saya akan mengatakan "mistis".
Apa arti Rabanne bagi Anda sebagai sebuah brand?
GH: Bagi saya, Rabanne itu kuat. Kuat, tangguh, dan seksi. Seseorang yang bila memasuki sebuah ruangan ia akan punya pengaruh yang besar.
MS: Rabanne menurut saya merupakan sebuah rumah mode yang sangat ikonis, yang selalu saya anggap sangat keren. Gambaran pakaian dari tahun '60-an dan '70-an selalu terpatri dalam benak saya. Secara umum, saya tertarik ketika desainer bermain dengan futurisme. Iklan-iklannya khususnya selalu bersifat ikonis. Brand tersebut telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menciptakan sesuatu yang konsisten selama bertahun-tahun yang berkelas, elevasi, dan menyenangkan.
Manifesto Rabanne adalah untuk menggerakkan generasi mendatang guna menciptakan masa depan yang lebih kreatif dan inklusif. Nilai-nilai apa yang Anda percaya yang menurut Anda selaras dengan Rabanne?
GH: Saya merasa sebagian besar dari itu adalah untuk mendorong orang menemukan cara mereka dalam mengekspresikan diri, menemukan apa yang membuat mereka merasa kuat dan siap menghadapi hari. Tidak seorang pun bangun dengan perasaan seperti orang yang sudah hebat, terlepas dari siapa yang Anda bicarakan. Kita semua tentu harus punya hal-hal yang kita gunakan untuk melindungi diri kita saat keluar ke dunia luas. Dan saya percaya wewangian dapat menjadi alat yang sangat ampuh untuk itu.
MS: Menciptakan lebih banyak peluang bagi beragam anak muda sekarang dan di masa depan adalah sesuatu yang sangat penting bagi saya. Saya pikir bahkan Rabanne yang melibatkan saya dalam kampanye ini adalah contoh nyata dari komitmen mereka terhadap hal itu. Saya akan mengatakan itu adalah pilihan yang membuka harapan untuk dilihat dalam wewangian pria. Dan itu adalah sesuatu yang penting bagi saya, untuk menjangkau generasi berikutnya, baik di industri mode maupun di industri musik. Dalam pekerjaan, saya selalu berusaha untuk membuat pilihan, sehingga kita dapat menciptakan peluang bagi orang-orang yang tidak berasal dari dunia mode atau musik atau yang berasal dari latar belakang di mana kesempatan tidak mudah didapatkan oleh mereka. Penting untuk melakukannya dengan cara yang tidak terasa didaktik, tetapi sebaliknya, yang terasa penuh kasih dan benar-benar menyenangkan.
"Million Gold for Her memiliki aroma yang serupa seperti Rabanne sebagai sebuah rumah mode."-Gigi Hadid
Apa kenangan pertama Anda tentang parfum?
GH: Saya tidak ingat momen persisnya, tetapi saya bisa membayangkan botol-botolnya. Kala itu ibu saya punya nampan botol-botol cantik yang ada di kamar mandinya. Saya tidak hanya tertarik menyemprotnya untuk mencoba wewangiannya, tetapi juga tertarik pada desain dari botol-botol itu sendiri. Saya pikir itu karena otak saya yang masih muda begitu tertarik (bahkan sampai sekarang) pada kreativitas dan pembuatan produk hingga desain. Saya tertarik pada bagaimana botol-botol yang berbeda dapat membuat Anda merasakan sesuatu. Memikirkan parfum sekarang membuat saya menyadari bahwa saya tertarik pada produk dan desain sejak saya masih kecil.
MS: Kenangan pertama saya tentang wewangian memang kurang mengenakkan, tetapi di saat yang bersamaan juga lucu. Saya rasa ayah atau ibu saya bukanlah orang yang sangat suka wewangian. Kakak perempuan dan ibu saya jelas punya parfum mereka sendiri. Saya rasa kenangan pertama saya tentang wewangian adalah ketika saya remaja tepatnya masih bersekolah dan mencoba membuat para perempuan terkesan, lalu saya berpikir, "Apa yang harus Anda pakai untuk membuat gadis-gadis terkesan?" Saya lalu menyemprotkan banyak sekali parfum ke tubuh saya. Pada saat yang sama, tubuh saya sedang mengalami perubahan dan saya mulai memiliki aroma alami. Itu benar-benar mengerikan jika dipadukan dengan semua parfum itu.
Apa yang Anda sukai dari Million Gold for Her?
GH: Million Gold for Her memiliki aroma yang serupa seperti Rabanne sebagai sebuah rumah mode. Aromanya kuat dan indah. Ada mawar, lavender, dan berbagai bunga-bunga lainnya. Saya ingin mengatakan ada juga melati, dan sedikit aroma musk yang asin. Saya suka akan keseimbangannya. Saya rasa banyak kepribadian saya yang bernuansa maskulin, jadi saya suka campuran antara feminin dan maskulin yang tersaji dalam wewangian ini.
"Saya bahkan tidak lagi menganggap kecantikan dalam konteks maskulin maupun feminin"-Moses Sumney
Apa yang Anda suka dari desain botol Million Gold? Apa yang membuatnya begitu menonjol?
MS: Botol ini sangat seksi dan kuat. Misalnya, jika saya keluar di jalan pada larut malam dan saya butuh senjata kecil, saya rasa saya bisa memegangnya. Jika ada orang yang mendekati saya, saya bisa berkata, "Uh-huh, Million Gold." Botol ini juga besar dan bisa membuat Anda merasa sedikit mewah. Saya juga suka elemen rantai emas kalung XL Link yang ikonis dari rumah mode ini.Saya hanya memakai perhiasan yang terbuat dari emas. Ketika saya berpikir tentang keanggunan, saya selalu berpikir tentang rona hitam dan emas.
Bagaimana Anda mendefinisikan "kecantikan"? Apakah menurut Anda kecantikan bisa memancarkan maskulinitas ?
MS: Saya bahkan tidak lagi menganggap kecantikan dalam konteks maskulin maupun feminin. Saya hanya berpikir kecantikan adalah kecantikan. Namun, saya mendefinisikan kecantikan secara luas karena saya benar-benar berpikir bahwa kecantikan berasal dari dalam. Kita dikelilingi oleh orang-orang yang menarik baik secara visual sepanjang hari di layar. Namun, itu bukanlah kecantikan yang sebenarnya. Kecantikan adalah sesuatu yang lebih. Bagi saya, kecantikan berhubungan dengan kesehatan dan sensitivitas emosional. Saya mencoba menyalurkan kedua hal itu. Ketika saya berada di tempat yang baik dengan keduanya, hal itu akan terpancar juga secara fisik. Jadi, ketika orang mengatakan kecantikan berasal dari dalam, tentu saja itu terdengar sangat klise tetapi menurut saya itu benar adanya. Ketika Anda berusaha untuk bersikap baik kepada diri sendiri dan kepada orang lain, hal itu akan memperbaiki penampilan Anda. Hal itu menyalurkan cahaya yang berasal dari alam semesta.
Bagaimana cara favorit Anda untuk memakai wewangian?
MS: Tidak pernah pada pakaian dan selalu pada kulit. Di belakang telinga dan sedikit di sisi leher. Lalu, saya suka memakainya di pergelangan tangan. Jika seseorang memeluk saya, mereka akan berkata, "Oh, wangi apa itu?"
Kalau Gigi?
GH: Saya suka mengoleskannya di pergelangan tangan, bagian depan dada, area leher, lalu bagian belakang kepala, tepat di mana rambut saya bertemu dengan leher. Saya suka dengan gagasan bahwa saat seseorang memeluk saya, mereka menghirup aroma itu.
(Foto: Courtesy of Rabanne)