Ciptakan Bibir yang Senantiasa Lembap dan Memukau dengan 10 Langkah Mudah Ini!

Bibir yang kering dan pecah-pecah akan terasa tidak nyaman dan mengusik kepercayaan diri Anda.

COURTESY OF PEXELS


Bibir yang kering, kusam, bahkan pecah-pecah akan membuat Anda jadi kehilangan kepercayaan diri. Bila dibiarkan saja, kondisi tersebut dapat memburuk, membuat bibir jadi luka bahkan terasa perih. Sebenarnya, Anda tak memerlukan langkah-langkah sulit untuk mengatasinya. Anda hanya perlu konsisten menjaga kelembapannya dari luar dan dalam, lalu mengaplikasikan produk yang tepat. Simak 10 langkah untuk menjaga bibir lembap dan sehat yang Bazaar bagikan di bawah ini!

COURTESY OF PEXELS

Konsumsi air putih yang cukup

COURTESY OF PEXELS

Mungkin terdengar klise, namun konsumsi air putih yang cukup nyatanya membawa kebaikan pada tubuh, kulit, dan bibir Anda. Jangan tunggu haus, minum air putih Anda secara disiplin, 2-3 liter per hari. Sediakan selalu botol minum ukuran besar ke mana pun Anda pergi, agar asupan air putih selalu tercukupi.

Buah dan sayur wajib ada di menu Anda

COURTESY OF PEXELS

Bukan hanya sekadar hiasan di piring Anda, namun jadikan sayur dan buah sebagai bagian dari diri Anda sehari-hari, sehingga Anda merasa tak lengkap bila tanpa kehadiran mereka. Anda bebas berkreasi perihal menu, mulai dari semangkuk sup yang nyaman, sepiring buah potong, salad yang segar, hingga green smoothie.

Pilih lip balm dengan yang menutrisi

COURTESY OF RHODE SKIN

Lirik lip balm dengan kandungan yang sangat melembapkan dan menutrisi bibir, seperti shea butter, illipe butter, mango butter, jojoba oil, vitamin E, Peptide, dan Hyaluronic Acid. Bila bibir Anda sangat kering, pilih tekstur lip balm yang lebih berat, sangat balmy atau oily. BIla tidak terlalu kering, Anda bisa pilih tekstur yang lebih tipis dan bebas lengket.

Aplikasikan lip balm yang dilengkapi SPF

COURTESY OF SEBAMED INDONESIA

Bukan hanya kulit wajah, area bibir juga bisa mendapat efek buruk sinar UV. Jadi, Anda dapat mengaplikasikan lip balm yang dilengkapi dengan SPF untuk memproteksi bibir dan menjaga dari kekusaman akibat paparan sang surya.

Percaya khasiat madu

COURTESY OF PEXELS

Jangan sepelekan khasiat bahan-bahan alami seperti madu. Bubuhkan madu pada bibir kering Anda, 2-3 kali sehari. sebaiknya, pilih yang organik atau madu manuka. Madu memiliki kemampuan anti-inflamasi, anti-mikroba, dan dapat melembapkan bibir dengan baik.

Eksfoliasi bibir secara rutin

COURTESY OF PEXELS

Agar bibir senantiasa halus dan mulus, Anda perlu mengeksfoliasinya secara rutin untuk mengeliminasi sel-sel kulit mati. Aplikasikan lip scrub 2-3 kali dalam seminggu, terutama sebelum Anda menggunakan produk lipstik bertekstur matte. Bila tidak tersedia lip scrub di rumah, Anda dapat memadukan gula pasir dan madu sebagai scrub natural.

Gunakan lip sleeping mask sebelum tidur

COURTESY OF LANEIGE

Lip sleeping mask merupakan produk terobosan ciptaan Negeri Ginseng yang layak Anda coba. Seperti lip balm, namun umumnya teksturnya lebih lembut dan diperkaya dengan sederet yang unggul mulai dari shea butter, murumuru butter, hingga vitamin C yang sarat antioksidan. Sangat baik untuk melembapkan dan menutrisi bibir kala Anda terlelap.

Pakai humidifier di rumah

COURTESY OF PEXELS

Mungkin tak pernah terpikirkan di benak Anda, namun ternyata menyalakan humidifier dalam ruangan bisa membantu kulit dan bibir tetap lembap. Itu karena humidifier dapat menjaga kelembapan lingkungan dalam ruangan, melawan udara kering yang menyerang. Sehingga, bila Anda memiliki permasalahan seperti alergi, sinusitis, kulit kering, bibir kering, humidifier sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

Dilarang menggigit atau mengelupas area bibir kering

COURTESY OF PEXELS

Sama seperti Anda dilarang memencet jerawat, Anda juga sebaiknya mengontrol tangan Anda dari bibir yang kering dan mengelupas. Jangan pula menggigitinya, karena itu akan membuat kondisinya semakin kering dan rusak, bahkan melukai bibir, membuatnya iritasi, dan dapat meninggalkan bekas luka yang sulit lenyap.

Batasi minuman beralkohol

COURTESY OF PEXELS

Apa korelasi minuman beralkohol dengan bibir kering? Minuman ini dapat membuat tubuh dan bibir dehidrasi, mengganggu produksi minyak alami pada kulit, memicu iritasi, dan kandungan gula di dalamnya juga dapat menarik air pada kulit.

COURTESY OF PEXELS

Menerapkan 10 langkah mudah di atas bisa menjaga kelembapan, kelembutan, dan elastisitas bibir Anda. Sesekali, biarkan juga bibir tampil polos, cukup aplikasikan lip balm saja sebagai perisai. Jadi, beristirahatlah sejenak dari produk lipstik, apalagi dengan hasil akhir matte yang dapat membuat tampilan bibir lebih kering dan mempertegas garis-garis halus pada bibir.