Merayakan Batik dengan Lima Pancaindra Bersama Amanda Hartanto Batik

Perayaan Hari Batik Nasional sekaligus ajakan untuk merasakan keindahan wastra Indonesia dengan pendekatan yang menyentuh semua indra.

Koleksi "The 5 Senses of Batik" Amanda Hartanto Batik


Dalam perayaan Hari Batik Nasional tahun ini, Amanda Hartanto mengundang masyarakat untuk merasakan batik dengan cara yang unik melalui pancaindra. Koleksi terbarunya, The 5 Senses of Batik, menghadirkan pengalaman multisensori yang menyentuh setiap indra manusia.

BACA JUGA: Ini Daftar 10 Bahan Kebaya Modern Terbaik

Krisantia Nugraha, ⁠Riki Kono Basmeleh, Amanda Hartanto, Jessa Setiabudi

Acara yang berlangsung pada awal Oktober lalu di Jakarta ini tidak hanya menampilkan batik sebagai kain, tetapi juga sebagai bagian dari perjalanan budaya yang dalam dan memikat. Menggabungkan estetika modern dengan motif batik tradisional Pekalongan, Amanda Hartanto membawa batik ke level yang lebih tinggi dengan memperkaya desainnya melalui teknik bordir khas dan sentuhan kontemporer. Setiap motif dalam koleksi ini mengusung filosofi kehidupan yang bermakna, termasuk motif Burung Hong yang menggambarkan keberuntungan dan ketahanan perempuan.

Koleksi "The 5 Senses of Batik" Amanda Hartanto Batik

Namun, yang membuat acara ini benar-benar unik adalah kolaborasi Amanda dengan Dore by LeTao dalam menghadirkan instalasi yang memanjakan indra. Para tamu dapat merasakan aroma malam dari lilin batik, menikmati kue yang didesain khusus untuk Hari Batik, dan mendengar suara ASMR dari proses pembuatan batik yang menambah suasana syahdu. Instalasi audio-visual yang menawan, ditambah dengan tampilan manekin yang dikelilingi bunga, menghidupkan simbol-simbol batik dalam bentuk yang tak terduga.

Kue Batik Day Dore by LeTao

Amanda Hartanto

"Semoga dengan adanya event ini saya dapat mengajak seluruh lapisan generasi, baik yang muda maupun berusia matang, untuk lebih mengenal batik, menghargai batik, dan juga punya rasa bangga menggunakan batik. Tak bisa dipungkiri batik merupakan budaya bangsa yang harus dilestarikan," ujar Amanda. Baginya, batik adalah simbol kekayaan budaya Indonesia yang harus dijaga dan terus berkembang dalam konteks modern.

(Foto: Courtesy of Amanda Hartanto Batik)

BACA JUGA: Intip Koleksi Spring/Summer 2022 Edward Hutabarat Yang Mengangkat Artisan Lokal

KPP-RI Selenggara 'Rupa Karya' Sebagai Insentif Untuk Melestarikan Budaya Indonesia dan Mengajak Untuk Terus Berkreasi Di Masa Pandemi