Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Daftar 10 Bahan Kebaya Modern Terbaik

Dalam kebangkitan tren kebaya, Bazaar merangkum 10 bahan kebaya modern terbaik untuk Anda.

Ini Daftar 10 Bahan Kebaya Modern Terbaik
Layout: Kania Ardania

Merupakan pakaian nasional dan juga ikon busana Tanah Air, kebaya sudah menjadi simbol keanggunan yang terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Memilih bahan untuk kebaya modern tak hanya soal estetika, tapi juga kenyamanan dan kesan yang ingin ditampilkan. Dengan beragam pilihan kain yang tersedia, setiap bahan menawarkan karakter dan keunikannya sendiri. Dari tekstur ringan dan lembut hingga yang lebih tegas dan glamor, berikut ini adalah sederet bahan kebaya modern terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk menciptakan tampilan yang memikat dan tentunya, modern.

BACA JUGA: Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Kebaya

1. Denim

Courtesy of Instagram @sejauh_mata_memandang

Mungkin terdengar tidak biasa, namun denim semakin banyak digunakan dalam kebaya modern karena memberikan tampilan yang kasual namun tetap stylish. Teksturnya yang kokoh dan kuat menciptakan siluet kebaya yang tegas namun tetap nyaman dipakai. Cocok untuk Anda yang ingin tampil beda dengan sentuhan kontemporer tanpa meninggalkan esensi tradisional kebaya.

2. Velvet 

Courtesy of Instagram @tangan.prive

Menawarkan sentuhan mewah pada kebaya dengan teksturnya yang lembut dan tebal, bahan beludru memberikan struktur yang kuat namun tetap nyaman saat dikenakan. Selain sering dipilih untuk acara-acara khusus karena tampilan yang berbeda dan unik, pilihan warna yang kaya dari bahan ini mampu memberikan nuansa dramatis pada kebaya tanpa mengurangi kepraktisan pemakaiannya.

3. Chiffon

Courtesy of Instagram @meraandjenar

Menjadi salah satu bahan favorit dalam dunia mode terutama dalam kebaya, kain sifon memiliki daya tarik yang kuat karena sejarahnya yang sering digunakan oleh kalangan bangsawan pada abad ke-19. Dengan kelembutannya yang luar biasa, kain bertekstur ringan ini memberikan tampilan yang anggun dan feminim serta kenyamanan yang tiada tara. 

4. Brokat

Courtesy of Instagram @askyfebrianti

Hampir selalu menjadi pilihan untuk outfit kebaya karena tatanannya yang memberikan kesan mewah dan elegan, bahan brokat ini biasanya dibuat dengan teknik sulam untuk menghasilkan pola-pola rumit. Variasi motif dan warnanya sangat beragam, serta bahannya yang tak mudah kusut menjadi keunggulan jika Anda mencari bahan yang akan dipakai seharian. 

5. Katun

Courtesy of Instagram @___anw

Apapun motif, desain, atau gaya pakaian, kain katun akan selalu menjadi bahan yang berada di baris depan. Teksturnya yang mudah menyerap keringat dan ringan ini menjadi favorit untuk gaya modern maupun tradisional. Pilihan katun yang beragam pun menjadi keuntungan sehingga orang dapat mengeksplorasi setiap keunikannya sesuai preferensi gaya kebaya masing-masing. 

6. Tweed 

Courtesy of Instagram @houseofradinindra

Menghadirkan kebaya dengan karakter yang berbeda, bahan tweed menggabungkan tekstur klasik dengan kesan modern. Dikenal kuat dan memberikan struktur yang rapi, bahan ini cocok bagi Anda yang ingin tampil polished. Selain menambah dimensi baru pada kebaya, tampilan yang segar dan berani memberikan sentuhan unik tanpa harus meninggalkan akar tradisional.

7. Sutra 

Courtesy of Instagram @binhouse_official

Dikenal sebagai salah satu kain paling halus dan elegan, sutra selalu menjadi pilihan yang tidak pernah gagal untuk kebaya. Terbuat dari serat alami, sutra memiliki kilauan khas yang lembut dan tekstur yang nyaman di kulit. Bahan ini tidak hanya memberikan tampilan mewah, tetapi juga keanggunan yang tahan lama, cocok untuk acara formal maupun semi-formal.

8. Organza

Courtesy of Instagram @totonthelabel

Bagi mereka yang menginginkan kebaya dengan siluet yang lebih terstruktur, organza adalah pilihan yang ideal. Kain ini dikenal karena kekakuannya yang elegan, memberikan bentuk yang indah pada pakaian. Meski memiliki tekstur yang sedikit kaku, organza tetap nyaman dikenakan dengan tampilannya yang mengusung gaya kontemporer. 

9. Rayon 

Courtesy of Uluwatu Handmade Balinese Lace

Rayon, atau yang juga dikenal sebagai viscose, merupakan bahan yang dihasilkan dari regenerasi serat alami. Kain ini terkenal dengan kelembutannya yang mirip dengan sutra namun dengan harga yang lebih terjangkau. Bahan ini sangat fleksibel dan menyerap keringat dengan baik, sehingga cocok untuk digunakan dalam kebaya sehari-hari yang tetap modis tanpa mengorbankan kenyamanan.

10. Lace 

Courtesy of Instagram @didibudiarjo

Dikenal dengan tekstur transparannya yang dihiasi motif-motif yang rumit, lace memberikan kesan feminin dan romantis. Kain ini sering dipadukan dengan bahan lain seperti satin atau tulle untuk menciptakan kebaya yang anggun namun tetap terlihat modern dan berkelas. Cocok untuk acara pernikahan maupun acara formal lainnya, bahan renda tetap menjadi pilihan favorit para desainer kebaya.

BACA JUGA:
Inspirasi Gaya Kebaya Modern ala Bazaar
10 Selebriti Wanita Indonesia Ini Pamerkan Foto dalam Balutan Kebaya hingga Batik untuk Semarakkan Hari Kartini