6 Keunikan Korea Selatan yang Layak Diketahui Dunia

Mulai dari urusan kecantikan, mode, hingga panggung hiburan, Korea Selatan bak sedang berada di puncak tertinggi atensi seluruh negeri.

Courtesy of Unsplash


Siapa tak tahu negara ini. Kini, perhatian semua orang seakan tak luput dari sepak terjang negara beribukotakan Seoul berikut. Dari segala aspek, Korea Selatan memang tampak sedang merajai dunia setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun belakangan. Mulai dari urusan kecantikan, mode, hingga panggung hiburan, Korea Selatan bak sedang berada di puncak tertinggi atensi seluruh negeri. So, dalam artikel kali ini, akan ada enam hal unik dari Korea Selatan yang layak Anda ketahui. Simak ringkasannya dan pastikan Anda tak langsung pesan tiket pesawat setelah selesai membacanya.

BACA JUGA: 7 Drakor yang Tayang di Bulan Oktober 2024

1. Berhasil membuat "budaya" baru

Gyeongbokgung Palace; Courtesy of Pexels

Sebagai negara yang dulunya tak terlalu terdengar, Korea Selatan boleh dibilang sangat berhasil membuat new culture yang mendominasi sekarang ini. Perjalanannya jelas tidak sebentar. Proses pembentukan yang sangat panjang terjadi dari masa ke masa sambil memelajari banyak hal melalui negara-negara yang telah sukses sebelumnya. Itu sebabnya Korea Selatan bisa menciptakan hal baru yang mungkin belum dimiliki dunia atau ia buat lagi dalam yang lebih anyar dan segar.

Saat dunia bosan dengan boyband dan idol group versi kawaii, mereka hadir menawarkan pop-idol yang langsung bisa diterima pasar karena tampilannya begitu berbeda. Saat pun drama Jepang, Tiongkok, dan Meksiko sudah tak terlalu diminati, Korea Selatan segera menembus perhatian lewat drama Korea yang tiba-tiba digemari begitu banyak orang.

Begitu pula dengan produk-produk kecantikan, perawatan kulit, hingga perihal mode. Brand Korea Selatan mulai menanjak melampaui jenama-jenama kenamaan yang puluhan tahun telah diakui dunia. Hal ini tentu tak dicapai secara instan. Ada rangkaian trial-and-error yang mereka lakukan hingga bisa sampai di titik ini. Sebuah budaya baru yang mereka ciptakan nyatanya berhasil membuat dunia melirik Korea Selatan sebagai negara yang layak dipertimbangkan dan sangat menarik untuk diberi perhatian lebih dari negara lainnya saat ini.

2. Bisa merajai dunia showbiz

Courtesy of Unsplash

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dunia showbiz kini memang tengah didominasi oleh Korea Selatan. Mulai dari musik hingga film, semua digaet oleh Korea Selatan tanpa terkecuali. Bintang-bintang bersinarnya pun selalu lalu-lalang di red carpet acara-acara internasional seperti Oscar, BAFTA, dan lain sebagainya. Tak ada yang tak dihadiri oleh figur publik Korea Selatan.

Bahkan kini, brand-brand mewah pun seakan berlomba untuk menjadikan sejumlah bintang Korea Selatan sebagai brand ambassador dari produk-produknya. Tak hanya itu, lembaga dunia sekelas PBB juga turut merangkul pop-idol menjadi perwajahan dari kampanye mereka. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa usaha Korea Selatan untuk diakui dunia sangatlah berhasil. Ini yang membuatnya unik karena tak semua negara bisa ada dalam pencapaian ini. Artinya, ada etos kerja yang sama antara negara dengan rakyatnya untuk bisa menjadikan mimpi mereka jadi nyata, yaitu untuk mendapat perhatian dan pengakuan dunia.

3. Sangat andal dalam "menjual" negaranya

Courtesy of Unsplash

Untuk urusan marketing, Korea Selatan kini jadi juaranya. Bagaimana tidak, mereka sangat sukses mengenalkan banyak hal tentang negaranya yang kemudian membuat orang ingin berkunjung ke sana. Turis pun berdatangan tanpa henti karena ingin menikmati Korea secara langsung. Bayangkan saja, mereka sungguh jago dalam mengenalkan kuliner mereka lewat bermacam judul drama Korea dan reality show yang mereka buat.

Bahkan, mereka sukses menjadikan berbagai lokasi syuting sejumlah drama Korea menjadi destinasi wisata yang selalu dikunjungi (lokasi syuting Winter Sonata salah satunya). Tak hanya itu, Pulau Jeju yang selalu disebut-sebut di tiap tayangan Korea Selatan pun membuat para turis jadi penasaran dan menjadikannya tujuan pelesiran saat bertandang ke Korea Selatan.

Rangkaian street food, pusat belanja, hingga gedung siaran TV pun tak luput dari destinasi wisata para turis. Bayangkan, gedung siaran TV! Begitu hebatnya negara ini dalam membuat negaranya jadi tampak sangat menarik untuk didatangi. Belum lagi aksesori-aksesori lain seperti hanbok, sendok dan sumpit Korea, panci emas untuk membuat mi instan, hingga mangkuk nasi berbahan stainless steel, semua turut jadi barang buruan para turis saat sedang jalan-jalan ke Korea Selatan. Luar biasa, bukan?

4. Penyuka ayam goreng melebihi negara manapun

Courtesy of Pexels

Jika Anda sudah pernah nonton dokumenter Netflix berjudul Korean Fried Chicken Rhapsody, maka Anda pasti tahu bahwa ayam goreng merupakan makanan paling digemari di Korea Selatan. Maka tak usaha heran jika ada banyak sekali gerai dan jenama ayam goreng di seluruh penjuru Korea Selatan. Lebih dari 50.000 gerai yang bisa Anda temukan di sana.

Tentu dengan variasi rasa dan tampilan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan tepung, tanpa kulit, tanpa tepung, fillet, dan lain sebagainya. Masing-masing juga memiliki bumbu racikan sendiri. Ada yang menggunakan saus asam manis, saus pedas, tanpa saus, saus keju, hingga bumbu racik ala Barat, semua bisa Anda nikmati sesuai selera. Mulai dari di pasar traditional hingga di restoran besar, ayam goreng akan selalu jadi bagian dari menu yang disediakan.

Pasalnya pada masa lalu, pemerintah memang menggalakkan program wajib makan protein bagi seluruh warga negara. Namun harga sapi terlalu mahal dan ternak babi agak lebih sulit dibandingkan ayam. Jadi ayam adalah pilihan paling tepat. Sejak itu, masyarakat Korea jadi penggila ayam. Masyarakat paling miskin sekali pun akan tetap bisa makan ayam meski dengan metode pemasakan paling sederhana.

5. Ada Wi-Fi dimana-mana

Courtesy of Pexels

Kabar paling menyenangkannya adalah, saat Anda ke Korea Selatan, Anda tak perlu pusing mencari koneksi Wi-Fi karena akan Anda temukan di mana-mana. Perkembangan teknologi yang begitu maju dan pesat di Korea Selatan, menjadikan penggunaan Wi-Fi jadi salah satu hal paling urgent bagi masyarakat. Apalagi sekarang Korea Selatan juga jadi negara destinasi liburan bagi para turis yang kerap mencari koneksi. Keterhubungan ini tentu sangat membantu dalam segala hal terutama mereka yang bekerja dengan sistem WFA (work from anywhere) atau mereka yang butuh berkomunikasi perihal emergency. Benar-benar negara yang memerhatikan kebutuhan warganya.

6. Punya lebih dari 200 jenis kimchi

Courtesy of Pexels

Penyuka kimchi pasti akan kaget saat datang ke Korea Selatan dan menemukan ada 200 lebih jenis kimchi di negara ini. Kalau ditanya bedanya apa, pembedanya lebih ke arah bahan yang digunakan untuk membuat makanan fermentasi berikut. Misalnya ada yang terbuat dari lobak, timun, sawi putih, mustard leaf, dan lain sebagainya. Jadi kimchi yang sering Anda makan selama ini mungkin hanya satu dari ratusan jenis yang ada. Meski bumbunya sama, namun bahan utamanya sangatlah berbeda.

Mana yang sudah pernah Anda coba?

BACA JUGA:
10 Brand Fashion Korea yang Perlu Anda Ketahui
15 Aktris Korea Fashionable yang Mengenakan Barang Branded