20 Lagu Tentang Kehilangan Seseorang untuk Mengenang Kepergian Orang yang Anda Cintai!

Dengarkan lagu ini untuk memproses perasaan kehilangan dan mengenang kepergian orang yang paling Anda cintai.



Kehilangan seseorang adalah salah satu pengalaman hidup yang sangat emosional, dan tentu saja, menyedihkan. Menurut sebuah studi percontohan yang diterbitkan tahun 2013, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi dan mengatasi kesedihan, sekaligus membantu Anda memproses dan mengekspresikan perasaan kehilangan yang Anda rasakan.

Berikut ini, Bazaar memiliki daftar 20 lagu barat tentang kehilangan seseorang yang bisa Anda dengarkan untuk mengatasi kesedihan yang Anda rasakan dan mengenang kepergian orang yang paling Anda cintai.

1. Someone Like You – Adele

“Someone Like You” adalah lagu balada milik Adele yang dinyanyikan dengan suara merdunya yang khas. Lagu ini mengekspresikan tentang rasa kehilangan dan kerinduan kepada mantan kekasih.

Lirik bagian refrain-nya terdengar cukup ironis, karena meski belum bisa sepenuhnya melupakan, tetapi tetap mendoakan yang terbaik untuk sang mantan, “Never mind, I’ll find someone like you / I wish nothing but the best for you, too.”


2. Back to December – Taylor Swift

“Back to December” adalah sebuah lagu tentang permintaan maaf yang tulus untuk hubungan masa lalu. Lagu ini juga mengeksplorasi tentang rasa kehilangan dan kerinduan pada seseorang, serta harapan untuk mendapatkan kesempatan memperbaiki keadaan.

Dengarkan lagunya di sini


3. When I Was Your Man – Bruno Mars

Ini adalah lagu tentang kehilangan seseorang yang dinyanyikan Bruno Mars dengan pengahayatan emosi yang mendalam. Lagu “When I Was Your Man” menggambarkan tentang rasa penyesalan dan kerinduan akan cinta yang hilang.


4. Someone You Loved – Lewis Capaldi

Kehilangan seseorang itu sulit, dan Lewis Capaldi menggambarkannya dengan sangat cemerlang melalui lirik lagunya yang berjudul “Someone You Loved”. ​​Liriknya yang lugas dan menyentuh hati tentang kerinduan dan penyesalan setelah kehilangan orang tersayang.


5. Fix You – Coldplay

Chris Martin menulis lagu “Fix You” ini untuk istrinya saat itu, Gwyneth Paltrow, setelah kematian ayahnya untuk membantunya melewati kesedihannya. Ini adalah lagu tentang kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup untuk selama-lamanya. “Lights will guide you home / and ignite your bones / and I will try to fix you.”


6. Supermarket Flowers – Ed Sheeran

“Supermarket Flowers” adalah salah satu single hit dari album ketiga Ed Sheeran yang bertajuk ÷ (Divide). Dibalut dengan melodi lembut dan lirik lagunya yang mendalam tentang rasa kehilangan untuk seseorang yang kini telah meninggal.

Dengarkan lagunya di sini


7. See You Again – Wiz Khalifa ft. Charlie Puth

Secara khusus, lagu “See You Again” adalah lagu soundtrack film Fast & Furious 7 yang dinyanyikan oleh Charlie Puth featuring Wiz Khalifa, yang didedikasikan untuk mendiang Paul Walker. Lagu ini menggambarkan tentang perasaan kehilangan dan harapan untuk bertemu kembali di lain waktu, yang dibalut dengan melodi lembut dan uplifting. “When I see you again / See you again.”

Dengarkan lagunya di sini


8. Since U Been Gone – Kelly Clarkson

“Since U Been Gone” adalah single hit milik Kelly Clarkson yang dirilis pada tahun 2004. Sesuai judulnya, lagu ini membahas tentang rasa sakit dan rasa kehilangan seseorang setelah putus cinta.

Dengarkan lagunya di sini


9. Summertime Sadness – Lana Del Ray

“Summertime Sadness” adalah lagu milik Lana Del Rey yang liriknya terasa sangat pilu dan intens, yang menceritakan tentang seseorang yang tidak bisa berhenti mengenang sekaligus merasa sulit untuk melanjutkan hidup setelah kehilangan orang berharga di dalam hidup.


10. Goodbye My Lover – James Blunt

Lagu balada sedih dari James Blunt yang berjudul “Goodbye My Lover” menggambarkan rasa sakit karena kehilangan orang tersayang dan rasa rindu yang mendalam pada seseorang yang pernah menjadi bagian penting dalam hidup. “Goodbye my lover / You have been the one for me.”

Dengarkan lagunya di sini

11. Let Her Go – Passenger

“Let Her Go” adalah lagu barat tentang kehilangan seseorang yang dipopulerkan oleh penyanyi indie folk asal Inggris Michael David Rosenberg, atau dikenal dengan nama panggung Passenger. Lagu ini memiliki melodi akustik yang dominan dengan lirik lagu yang menyentuh tentang rasa sakit setelah kehilangan orang terkasih. Liriknya juga mengajak untuk lebih menghargai dan menyayangi orang-orang yang masih ada bersama kita saat ini agar tidak menyesal setelah kehilangannya.


12. I Miss You – Blink-182

Lagu berjudul “I Miss You” dari Blink-182 ini menggambarkan tentang kegelisahan dan kesedihan karena merindukan seseorang, yang dipadukan dengan melodi yang menarik dan lirik yang menyentuh hati untuk mengekspresikan rasa sakit karena perpisahan.

Dengarkan lagunya di sini


13. Tears in Heaven – Eric Clapton

Eric Clapton ikut menulis lagu ini setelah kematian tragis putranya, Conor, yang jatuh dari jendela lantai 53 sebuah gedung apartemen di New York City. Lirik lagunya mengungkapkan tentang kesedihan dan kerinduan yang dirasakannya setelah kehilangan anak tercinta, mempertanyakan apakah sang anak akan mengenalinya saat bertemu kembali di surga.

Lagu “Tears in Heaven” ini juga masuk dalam daftar soundtrack untuk film Rush yang dirilis tahun 1991 dan memenangkan Grammy untuk kategori Record and Song of the Year.

Dengarkan lagunya di sini


14. Two of Us – Louis Tomlinson

"Two of Us" merupakan lagu tentang kehilangan seseorang yang sangat menyentuh hati dari Louis Tomlinson. Lirik lagunya adalah tentang isi hatinya untuk sang ibu, Johannah Deakin, yang meninggal tahun 2016 lalu. Dalam liriknya, Louis menyanyikan: "It's been a minute since I called you // You'll never know how much I miss you // The day that they took you // I wish it was me instead."


15. Candle in the Wind – Elton John

Lagu “Candle in the Wind” awalnya ditulis untuk menghormati Marilyn Monroe, dan kemudian dinyanyikan ulang dengan sedikit perubahan lirik yang ditujukkan untuk Putri Diana setelah kematiannya pada tahun 1997. Lirik lagu ini benar-benar sangat menyentuh, menggambarkan tentang kesedihan karena kehilangan seseorang yang sangat berarti dan legendaris dalam hidup. Lagu ini berhasil membuat Elton John memenangkan Grammy untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance pada tahun 1998.


16. One Sweet Day – Mariah Carey dan Boyz II Men

“One Sweet Day” adalah salah satu lagu dari album bertajuk Daydream yang dirilis tahun 1995 milik Mariah Carey. Dinyanyikan bersama Boyz II Men, lagu ini bercerita tentang penyesalan dan kesedihan karena kehilangan seseorang terlalu cepat, dan harapan untuk dipertemukan kembali suatu hari nanti.


17. I Will Always Love You – Whitney Houston

Awalnya, lagu ini ditulis dan dinyanyikan oleh Dolly Parton. Kemudian dinyanyikan ulang oleh Whitney Houston, dan telah menjadi lagu klasik terbaik yang mengekspresikan rasa kehilangan dan ungkapan cinta abadi meskipun hubungan telah berakhir.


18. I'll Never Love Again – Lady Gaga

Dalam film “A Star Is Born” Lady Gaga membawakan lagu ini dengan penghayatan yang luar biasa dan terasa memilukan, setelah Ally, karakternya dalam film, kehilangan suaminya, Jackson Maine (Bradley Cooper). Dalam film, lagu "I'll Never Love Again" ditulis oleh Jackson dan dinyanyikan Ally secara spesial di tribute concert.


19. Jealous – Labrinth

Lagu “Jealous” milik Labrinth membahas rasa kehilangan dan sakit setelah kehilangan orang yang dicintai, dan orang itu telah melanjutkan hidupnya dengan bahagia. Dibawakan Labrinth dengan suara merdunya yang khas dan penuh emosional, menegaskan kedalaman rasa sedih dan kehilangan yang dirasakan.


20. Yesterday – The Beatles

“Yesterday” adalah lagu klasik barat tentang kehilangan seseorang yang dipopulerkan oleh grup musik rock legendaris asal Inggris, The Beatles. Lagu ini mengekspresikan rasa kehilangan yang mendalam dan mengingat kembali ke masa-masa saat segala sesuatunya terasa lebih baik. Lirik dan melodi akustik yang sederhana, benar-benar menyentuh dan bergema di hati.

Itulah 20 lagu barat tentang kehilangan seseorang yang bisa Anda dengarkan untuk membantu Anda memproses dan mengekspresikan perasaan kehilangan yang Anda rasakan, sekaligus mengenang kepergian orang yang paling Anda cintai.

(Teaser photo by cottonbro studio on Pexels)