Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

22 Lagu Bernuansa Sedih Yang Bisa Membuat Anda Menangis Tersedu

Pastikan tisu ada di dekat Anda, ya!

22 Lagu Bernuansa Sedih Yang Bisa Membuat Anda Menangis Tersedu

Selalu ada lagu-lagu terbaik untuk setiap momen; ada lagu-lagu penuh semangat untuk menyemangati hari Anda, ada lagu-lagu tentang cinta untuk didengarkan saat sedang jatuh cinta, ada lagu-lagu tentang persahabatan yang bisa menunjukkan betapa berartinya kehadiran sahabat, dan ada lagu-lagu bernuansa sedih yang bisa Anda dengarkan saat Anda hanya ingin meringkuk di tempat tidur dan menangis. 

Jika Anda hanya perlu (dan ingin) menangis, entah itu saat Anda sedang patah hati, merasa sedikit tersesat dengan perubahan baru dalam hidup Anda, memikirkan masa depan, atau mengenang momen sedih di masa lalu, tidak ada salahnya untuk membiarkan diri Anda menangis ditemani dengan playlist lagu sedih terbaik. 

Kami telah merangkum beberapa lagu bernuansa sedih yang dapat Anda putar ketika Anda ingin menangis.

Oh, dan pastikan tisu ada di dekat Anda, ya!

1. Someone You Loved – Lewis Capaldi

Mengalami perpisahan itu sulit, dan Lewis Capaldi menggambarkannya dengan sangat cemerlang melalui lirik dalam lagu hit-nya yang berjudul “Someone You Loved”. ​​

Banyak orang yang mungkin sering menganggap remeh orang tersayang dan saat akhirnya orang itu pergi, sudah terlambat untuk menyadarinya. Barulah teringat semua hal dan kenangan yang kita rindukan tentang orang itu.

2. Chaotic – Tate McRae

lagu bernuansa sedih

Tate McRae sendiri menggambarkan lagu “Chaotic” sebagai lagu bernuansa paling sedih di album debutnya bertajuk “I Used to Think I Could Fly”. Lagu tersebut menggambarkan perasaan menakutkan yang datang karena kedewasaan terkait dengan uang, karir, hubungan romantis, dan semuanya. 

3. 7 Years – Lukas Graham

lagu bernuansa sedih

Lagu “7 Years” adalah tentang nostalgia masa kanak-kanak Lukas sendiri hingga bayangannya tentang masa depan. Lukas menjelaskan, “ini adalah lagu tentang bertambah tua.” Lewat lagu ini, Lukas mengajak kita untuk mengingat kembali kenangan masa kanak-kanak dan membayangkan tentang masa depan.

4. It’ll Be Okay – Shawn Mendes

lagu bernuansa sedih

Dilihat dari lirik lagunya, “It’ll Be Okay” milik Shawn Mendes ini adalah sepenuhnya lagu tentang sedihnya putus cinta yang terinspirasi dari kisah cintanya sendiri dengan Camila Cabello. Setiap liriknya ditulis Shawan Mendes sendiri dengan sangat menyentuh hati dan terasa memilukan, “I’lI will love you either way.” 

5. Summertime Sadness – Lana Del Ray

“Summertime Sadness” adalah lagu sedih milik Lana Del Ray yang liriknya terasa sangat pilu dan intens, yang menceritakan kisah seseorang yang tidak bisa berhenti mengenang sekaligus merasa sulit untuk melanjutkan hidup setelah kehilangan orang spesial. Ini adalah lagu sedih andalan bagi mereka yang bersedih di kala musim panas. 

6. See You Again – Charlie Puth ft. Wiz Khalifa

lagu bernuansa sedih

Secara khusus, lagu “See You Again” adalah lagu soundtrack Fast & Furious 7 yang dinyanyikan oleh Charlie Puth dan berkolaborasi dengan Wiz Khalifa, yang didedikasikan untuk mendiang Paul Walker. Lagu ini diputar di akhir film dengan menampilkan perjalanan terakhir Paul Walker bersama Vin Diesel yang memilukan, di mana keduanya memilih dan melanjutkan perjalanan yang berbeda saat berada di persimpangan jalan. 

Lagu ini telah ditonton lebih dari lima miliar kali di YouTube dan menjadi salah satu lagu hit Charlie Puth. 

7. Someone Like You – Adele

lagu bernuansa sedih

Lagu “Someone Like You” dinyanyikan Adele dengan suara merdunya yang khas. Ini adalah lagu sedih tentang putus cinta dari point of view seorang wanita yang dihadapkan pada kenyataan bahwa sang mantan telah move on dan melanjutkan hidupnya dengan wanita baru, sedangkan dirinya masih belum bisa melepaskannya. 

Meskipun lirik bagian refrain terdengar cukup ironis, “Never mind, I’ll find someone like you”, tetapi si wanita tetap mendoakan yang terbaik untuk sang mantan dan kekasih barunya, “I wish nothing but the best for you, too.”

8. All Too Well (10 minutes version) – Taylor Swift

lagu bernuansa sedih

Salah satu lagu masterpiece dari Taylor Swift yaitu All Too Well (10 minutes version) yang bisa Anda masukkan ke playlist lagu sedih Anda. Ini adalah versi lain dari lagu “All Too Well” yang pernah dirilis sebelumnya pada tahun 2012. Lagu ini memberikan detail spesifik tentang hubungan singkat Taylor Swift dengan sang mantan kekasih. Lirik lagu ini ditulis dengan sangat indah tentang kenangan memilukan dari cinta yang sangat ia hargai.

9. Fix You – Coldplay

Chris Martin menulis lagu “Fix You” ini untuk istrinya saat itu, Gwyneth Paltrow, setelah kematian ayahnya untuk membantunya melewati kesedihannya. “Lights will guide you home / and ignite your bones / and I will try to fix you.”

10. Birthday Cake – Dylan Conrique

Lagu yang dirilis tahun 2022 ini secara khusus ditulis Dylan Conrique untuk sahabatnya yang kehilangan ibunya karena kanker ketika dia baru berusia 12 tahun. “Birthday Cake” adalah lagu bernuansa sedih sekaligus love letter untuk siapa pun yang pernah atau sedang bergumul dengan kesedihan setelah kehilangan orang tercinta. 

11. Piece by Piece – Kelly Clarkson

Kelly Clarkson menulis lagu “Piece by Piece” tentang hubungan positifnya dengan Brandon Blackstock, dan tentang hubungannya yang buruk dengan ayahnya sendiri setelah ia ditinggalkan di usia muda. Lirik dalam lagu ini terasa sangat jujur, emosional, sangat kena, dan memilukan. “Ini adalah lagu yang positif, meski terdengar sedih,” kata Kelly Clarkson dalam sebuah wawancara. 

12. Blue & Grey – BTS

Pada tahun 2020, BTS, merilis album bertajuk “BE” yang berisikan delapan lagu. Salah satunya yaitu lagu berjudul “Blue & Gray” yang ditulis oleh V (Kim Taehyung). Ia mengaku menulis lagu ini selama masa-masa tersulit dalam hidupnya, saat dia merasa sulit menikmati pekerjaan dan mulai mempertanyakan kepada dirinya sendiri tentang apakah ia harus melanjutkan karirnya atau tidak. 

“Tetapi saya tidak dapat terus membawa perasaan ini, jadi saya merasa perasaan ini bisa menjadi dasar untuk sesuatu. Jadi saya terus menulis perasaan saya di buku catatan dan menggunakannya untuk menulis lirik. Begitulah cara saya mulai menulis lagu "Blue & Gray".

13. Rainbow – Kacey Musgraves

Lagu “Rainbow” milik penyanyi pop-country Kacey Musgraves menjadi sebuah pengingat bahwa setelah kesedihan, kebahagiaan pasti akan datang. Lagu ini juga tentang menemukan kenyamanan dalam diri. 

14. Breathe Me – Sia

Lagu “Breathe Me” milik Sia ini adalah lagu bernuansa sedih tentang depresi, perasaan tidak dihargai, tidak cukup baik, dan tidak ada self-love. Lewat liriknya, Sia mencoba berbicara mengenai rasa sakit yang terus dia timbulkan pada dirinya sendiri. Rasa sakit yang dia alami berulang kali. 

15. Shallow - Lady Gaga dan Bradley Cooper

lagu bernuansa sedih

Bradley Cooper dan Lady Gaga keduanya pernah berperan sebagai sepasang kekasih dalam film hit berjudul “A Star Is Born”. Salah satu soundtrack dalam film tersebut adalah lagu ballad berjudul “Shallow” yang dinyanyikan oleh Lady Gaga dan Bradley Cooper dengan begitu merdu. Duet Lady Gaga dan Bradley Cooper untuk lagu “Shallow” dalam film “A Star is Born” ini akan selalu terpatri di hati Anda.

16. I'm Tired – Labrinth dan Zendaya

Ini adalah salah satu lagu soundtrack untuk musim kedua serial televisi “Euphoria”. Lirik dalam lagu “I’m Tired” ini berkorelasi dengan karakter Rue (Zendaya) dan perjalanannya dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang, yang akhirnya membuat dia “lelah”. “Hey Lord, you know I'm tired.” Lagu ini sungguh sangat terasa emosional dan bisa membuat hati terasa tercabik-cabik 

17. Everybody Hurts – R.E.M.

Lagu “Everybody Hurts” adalah sebuah pesan yang ditunjukkan kepada mereka yang sedang mengalami kesusahan dalam hidupnya. Pesan utama dari lagu ini adalah meskipun hidup penuh dengan kesusahan, rasa sakit, kesedihan, dan keputusasaan, tetapi ingat kalo kita tidak pernah benar-benar sendirian. 

Lirik di bagian refrain menekankan bahwa, “Don’t let yourself go, because everybody hurts, sometimes.” Lagu ini berpesan kepada semua orang untuk tetap bertahan dan melangkah maju meskipun dalam keadaan sulit sekalipun, karena pada akhirnya semuanya akan menjadi lebih baik. 

18. The A Team – Ed Sheeran

"The A Team" adalah lagu folk-ballad milik Ed Sheeran yang ia tulis setelah  manggung di tempat penampungan tunawisma. Di sana, ia bertemu dengan seorang homeless sekaligus pekerja seks bernama Angel yang kecanduan kokain, obat Kelas A, yang menginspirasinya menulis lagu ini. Lewat lagu yang memilukan ini, Ed Sheeran mengatakan kalau “It's too cold outside for angels to fly.” 

19. Ronan – Taylor Swift

Charity single berjudul “Ronan” yang masuk ke dalam album “Red (Taylor’s Version)” milik Taylor Swift dikemas dengan lirik dan musik yang sangat menyentuh hati dan memilukan. Lagu “Ronan” ini bercerita tentang seorang anak laki-laki berusia tiga tahun yang meninggal karena kanker.

20. Spaceman – Nick Jonas

Terkadang, hidup itu sedikit messy dan membingungkan, dan itu bisa dengan mudah membuat kita kehilangan arah dan diri sendiri. Lagu ini adalah tentang perasaan terasing dan terpisah dari apa yang terjadi di sekitar Anda.

21. Heather – Conan Gray

Jika Anda pernah jatuh cinta pada seseorang yang jatuh cinta dengan orang lain, maka Anda pasti tahu betapa menyakitkan rasanya itu. Lagu “Heather” milik Conan Gray ini adalah tentang perasaan menyakitkan mencintai seseorang yang mencintai orang lain. 

22. I'll Never Love Again – Lady Gaga

Satu lagi, lagu bernunasa sedih yang bisa Anda dengarkan (dan membuat Anda menangis), yakni soundtrack film “A Star is Born” yang dinyanyikan karakter Ally (Lady Gaga) dengan penuh penghayatan dan terasa memilukan.

Dalam film blockbuster melodrama tersebut, lagu ballad yang indah ini bercerita tentang suami Ally, Jackson Maine (Bradley Cooper). Lagu ini ditulis Jackson dan Ally memilih lagu ini untuk dinyanyikan di tribute concert.

(Photo courtesy of Adele Someone Like You Music Video on Youtube)