Siapakah Suami Cate Blanchett, Andrew Upton?

Mereka telah menikah sejak tahun 1997 dan dikaruniai empat orang anak.

Courtesy of BAZAAR US


Cate Blanchett adalah sosok yang selalu hadir di karpet merah berbagai acara besar Hollywood—dengan penampilan memukau yang kerap kali mengusung mode berkelanjutan. Namun, ketika ia menghadiri acara-acara megah ini, aktris peraih penghargaan tersebut seringkali datang sendiri. Itulah sebabnya kita jarang melihat atau mendengar tentang pasangan hidupnya, sang suami, Andrew Upton.

BACA JUGA: 3 Tips Gaya Berbusana Unik ala Cate Blanchett

Keduanya, yang sama-sama berasal dari Australia, telah menikah selama hampir tiga dekade dan dikaruniai empat orang anak. Berikut ini adalah semua yang kita ketahui tentang Andrew.

Ia juga berkecimpung di dunia hiburan.

Andrew mungkin tidak berada di bawah sorotan Hollywood seperti istrinya, tetapi ia sering kali berada di balik layar, bekerja sebagai penulis naskah drama, penulis skenario, dan sutradara yang sukses. (Ia juga pernah tampil sebagai cameo dalam beberapa film di masa lalu.)

Courtesy of BAZAAR US

Ia dan Cate mulai berkencan pada tahun 1997 dan menikah di tahun yang sama.

Ketika kamu tahu, kamu tahu.

Cate dan Andrew bertemu bertahun-tahun sebelum mereka mulai berkencan, saat mengerjakan sebuah drama, dan awalnya tidak saling menyukai. "Ia mengira saya sombong, dan saya mengira ia arogan," kata Cate kepada Vanity Fair pada tahun 1999. "Dan itu menunjukkan betapa salahnya kita. Tapi begitu ia mencium saya, semuanya berubah."

Pada tahun 1997, mereka mulai berkencan, dan tiga minggu kemudian, Andrew melamar. Mereka menikah pada bulan Desember di tahun yang sama.

"Kami sedang di tempat tidur, seperti yang biasa dilakukan orang setelah tiga hari bersama, dan ia berkata, 'Cate,' dan saya berpikir, 'Sial, ia akan melamar saya, dan saya harus mengatakan ya.' Dan kemudian ia berkata, 'Tidak, aku lapar, apa kau mau cari makan?'" kenang sang aktris saat tampil di The Ellen Show pada tahun 2015. "Lalu ia melamar saya setelah sekitar 21 hari, dan saya berkata ya."

Kini, 27 tahun kemudian, mereka tetap saling mencintai seperti sedia kala.

"Ia adalah salah satu dari sedikit orang membumi yang saya kenal yang kepalanya berada di antara bintang-bintang," kata Cate kepada Vanity Fair tentang suaminya. "Ia mampu menjangkau antara langit dan bumi. Orang-orang seperti itu sangat langka."

Courtesy of BAZAAR US

Mereka memiliki empat orang anak.

Keduanya adalah orang tua dari tiga putra, yaitu Dashiell, 22, Roman, 20, dan Ignatius, 16 dan seorang putri Edith, 9.

Pasangan ini selalu berkolaborasi.

Keduanya jelas senang menghabiskan waktu bersama, karena selama bertahun-tahun, mereka telah menemukan cara untuk berkolaborasi dalam berbagai proyek besar. Andrew adalah produser eksekutif untuk film Cate tahun 2015, Carol, dan mereka adalah direktur artistik bersama untuk Sydney Theatre Company. Mereka bahkan memiliki perusahaan produksi sendiri, Dirty Films, yang melalui perusahaan tersebut mereka memproduksi The New Boy dan serial Apple TV+ Disclaimer.

"Ini merupakan kemitraan kreatif yang hebat dengan suami saya dan juga hubungan cinta yang hebat," kata Cate kepada E! pada tahun 2015. "Bekerja sama, menjalankan perusahaan kreatif di Australia. Ini fantastis."

Andrew setuju. Dalam sebuah wawancara tahun 2008 dengan Independent Inggris, ia berkata tentang bekerja dengan istrinya: "Ini hebat. Kami selalu bekerja sama dalam berbagai hal. Anda memiliki momen 'Tidak, tidak, tidak, kita harus melakukan ini,' tetapi pada akhirnya, Anda dapat berkata: 'Oh, baiklah, saya akan memperjuangkannya tahun depan.' Pendekatan kolaboratif itu adalah bagian yang sangat penting dari teater—kompromi yang menambah, bukan mengurangi."

Courtesy of BAZAAR US

Ia sangat mendukung karier Cate.

Pada tahun 2008, Andrew berbicara kepada Independent tentang menghadapi tingkat ketenaran istrinya. "Saya tidak pernah diikuti, tetapi Cate iya," katanya. "Identitas publiknya sangat terkait dengan pekerjaannya, yang menurut saya bagus, benar, dan tepat, karena ia sangat hebat dalam hal itu."

Cate juga memberi tahu Vanity Fair pada tahun 1999 tentang bagaimana Andrew mengikutinya ke London, tempat ia sedang syuting film, selama delapan bulan, dan menemukan cara untuk membawa pekerjaannya bersamanya agar bisa bersamanya. Sutradara Shekhar Kapur, yang saat itu bekerja dengan sang aktris, mengatakan kepada majalah tersebut: "Saya jarang melihat seorang pria yang begitu mendukung kesuksesan istrinya. Cate adalah salah satu gadis paling beruntung di dunia karena memiliki suami seperti Andrew. Orang itu dapat melihatnya melalui apa yang akan menjadi masa-masa sulit baginya.... Anda tahu, kesuksesan adalah iblis. Anda harus mampu menjauhkan iblis itu."

BACA JUGA:
Cate Blanchett Usul Agar Hindari Fast Fashion di Red Carpet
Ternyata Begini Cara Ben Affleck Melamar Jennifer Lopez untuk yang Kedua Kalinya

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR US)