Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Selebriti Wanita Indonesia Ini Pamerkan Foto dalam Balutan Kebaya hingga Batik untuk Semarakkan Hari Kartini

Foto-foto yang memancarkan keanggunan tersebut dilengkapi dengan caption yang bermakna dan menginspirasi.

10 Selebriti Wanita Indonesia Ini Pamerkan Foto dalam Balutan Kebaya hingga Batik untuk Semarakkan Hari Kartini
Foto: Courtesy of Instagram @zaraadhsty @therealdisastr @miktambayong

Sebuah hari bersejarah telah hadir kembali, hari yang menggaungkan emansipasi wanita. Hari yang jatuh pada tanggal 21 April tiap tahunnya ini selalu dinantikan, ya, tentunya oleh para wanita. Dinamakan sebagai Hari Kartini, momen ini sangatlah bermakna dan penting untuk terus dirayakan. Tak hanya sebagai bentuk terima kasih atas usaha Kartini maupun para pejuang wanita lainnya, tetapi juga sebagai wujud pembelaan hak-hak wanita yang belum juga tercipta. 
 
Melaluinya, para wanita Indonesia berkumpul dan menyuarakan aspirasi serta semangat untuk terus berjuang dan berkarya dalam bidang masing-masing, menunjukkan bahwa wanita tak dapat ditempatkan pada posisi rendah. Semangat tersebut tampak melalui ragam unggahan media sosial para selebriti wanita Indonesia yang dengan gigih menyebarkan awareness akan hari penting ini. Salah satunya dilakukan dengan mengunggah foto diri mereka dalam balutan pakaian khas Indonesia, mulai dari batik, kebaya, hingga kain jumputan.
 
Berikut adalah 10 di antaranya. 
 
Cinta Laura
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
Aktris blasteran ini dengan bangga memamerkan foto dirinya dalam balutan kain-kain batik yang memesona. Tentunya hal tersebut dilakukan dalam rangka memeringati Hari Kartini. Ia terlihat mengenakan lilitan kain batik bernuansa biru dan cokelat. Tampilannya tersebut diperlengkap dengan kehadiran aksen Pending yang melingkari bagian pinggangnya.  
 
“Sebagai perempuan, aku percaya bahwa kita harus percaya diri, berani berekspresi, dan menunjukan kemampuan kita. Jangan biarkan norma gender yang ada membatasi perkembangan dan kesuksesan kita. Sebagai perempuan, kita mampu mencapai apapun yang kita mau. Tidak ada kata tidak bisa!,” tulisnya pada caption unggahan. 
 
 
Dian Sastrowardoyo
 
Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

 
Dengan anggun, Dian Sastro mengunggah foto dirinya ketika mengenakan kebaya bernuansa hijau dan cokelat. Aksen hijau lainnya pun ditemukan pada selendang yang berada di tangan sang aktris dan kipas tangan yang ia genggam. Sanggulan serta mahkota kecil pada kepalanya pun menambah keindahan pada keseluruhan foto tersebut. 
 
“Untuk para perempuan yang sedang berjuang mengejar mimpinya... ‘Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam’,” bunyi caption sang aktris yang ia kutip dari salah satu kalimat bijak populer milik R.A. Kartini. 
 
 
Bunga Citra Lestari
 
Foto: Courtesy of Instagram @bclsinclair

Foto: Courtesy of Instagram @bclsinclair

 
Hari Kartini dirayakan oleh penyanyi yang satu ini melalui sebuah foto yang ia unggah melalui akun Instagram pribadinya. Ia terlihat mengenakan perpaduan kain jumputan modern, yang kental akan warna biru tua, merah, dan cream. Rambutnya yang disanggul sederhana ke belakang menciptakan kesan anggun yang memikat. 
 
“Lakukanlah apa yang mau kamu lakukan dan jadilah sosok yang kamu inginkan.. Kamu bisa melakukannya, meski terkadang kamu meragukan dirimu sendiri, atau terkadang juga prosesnya membuatmu lelah.. Kuatkanlah hatimu, kamu pasti bisa,” pesannya pada wanita-wanita kuat di seluruh Indonesia. 
 
Luna Maya
 
Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya

Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya

 
Serupa dengan Cinta Laura, wanita yang menjalani multi-karier ini tampak menawan dalam balutan kain batik. Bernuansa hitam, kain batik tersebut dililit pada badan indahnya, menciptakan belahan tinggi pada bagian kaki yang ditujukan untuk memamerkan kaki jenjangnya. Ia pun memilih riasan bold untuk melengkapi tampilannya itu, menaruh fokus pada bagian mata dengan pewarnaan eyeshadow gelap.
 
“Selamat Hari Kartini...,” ucapnya dalam rangka menyemarakkan hari bermakna itu.
 
Adhisty Zara
 
Foto: Courtesy of Instagram @zaraadhsty

Foto: Courtesy of Instagram @zaraadhsty

 
Aktris muda yang satu ini tak lupa untuk menyemarakkan hari yang terasa sangat berharga baginya. Melalui sebuah unggahan foto, ia menunjukkan rasa bangganya terlahir sebagai perempuan Indonesia. Pada foto tersbeut, Adhisty Zara dibalut pakaian bernuansa tradisional yang sangat elegan. Ia mengenakan atasan semi bustie yang dilengkapi dengan aksen leher yang sangat indah. Atasan tersebut ia padukan dengan kain batik bernuansa cokelat dengan panjang yang menjuntai ke belakang. 
 
“Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan hebat Indonesia!,” seru wanita yang membintangi film Dua Garis Biru itu.
 
 
Rossa
 
Foto: Courtesy of Instagram @itsrossa910

Foto: Courtesy of Instagram @itsrossa910

 
Sama seperti selebriti wanita lainnya, Rossa dengan anggun mengenakan kebaya yang diliputi nuansa modern. Pakaian karya Anne Avantie itu fokus akan detail pada atasannya, khususnya pada bagian dada dan leher. Potongan kebaya tersebut dipenuhi oleh bordir maupun payet berwarna hitam, mulai dari bagian leher hingga ke bawah. Ia pun memilih kain dengan potongan samping untuk bawahannya. Berdasarkan unggahannya di Instagram, outfit tersebut ia gunakan untuk penampilan panggung pada sebuah acara.
 
“Selamat Hari Kartini. Terima kasih atas keberanian Ibu Kartini di masa lalu yang membuat kami berani melangkah di masa sekarang,” ucap Rossa pada caption unggahan tersebut. 
 
 
Mikha Tambayong
 
Foto: Courtesy of Instagram @miktambayong

Foto: Courtesy of Instagram @miktambayong

 
Mikha Tambayong membagikan foto dirinya dalam sebuah pemotretan yang menakjubkan. Tentu, dirinya mengenakan pakaian khas atau tradisional Indonesia, yaitu kebaya. Namun, kebaya yang ia kenakan telah dimodifikasi dengan nuansa modern, membuatnya semakin relevan dan memikat. Atasan yang dipenuhi dengan renda, bordir, dan payet putih itu dipasangkan dengan kain batik berwarna cream dengan aksen jingga pada sisi ujungnya. Penampilan yang disuguhkannya itu pun berhasil memancarkan keanggunan serta sisi elegan dari sang aktris. 
 
“Bangga menjadi perempuan Indonesia. Selamat Hari Kartini,” kata Mikha Tambayong.
 
 
Maudy Ayunda
 
Foto: Courtesy of Instagram @maudyayunda

Foto: Courtesy of Instagram @maudyayunda

 
Wanita multi-talenta yang satu ini tak ingin tertinggal dalam menyemarakkan Hari Kartini, hari yang ia nantikan. Melalui Instagram Story, dirinya membagikan sebuah poster dari film terbaru bertajuk Losmen Bu Broto. Poster tersebut menampilkan ketiga bintang utama wanitanya, yaitu Maudy Ayunda, Maudy Koesnadi, dan Putri Marino. Sesuai dengan hari bersejarah ini, ketiganya mengenakan kebaya dengan motif serupa yang dihiasi warna jingga mencolok. 
 
“Selamat Memperingati Hari Kartini 2 April 2021,” bunyi tulisan pada sang poster. 
 
Adinia Wirasti
 
FOTO
Foto: Courtesy of Instagram @adiniawrst

Foto: Courtesy of Instagram @adiniawrst
 
Tampaknya, momen tahunan ini dirayakan oleh Adinia Wirasti dengan memperlihatkan kekompakan para wanita kuat yang ia sebut sebagai ‘Kartini modern’. Pada foto tersebut, dirinya terlihat berkumpul bersama Dian Sastro dan teman-teman lainnya. Dengan seragam, mereka mengenakan kebaya kutu baru berbahan beludru hitam, dilengkapi dengan kain jumputan yang dililit pada bagian pinggang. 
 
“Selamat hari Kartini, my modern kartinis,” ucapnya pada unggahan tersebut sembari me-mention nama-nama dari sosok yang tampak pada foto tersebut. 
 
 
Chelsea Islan 
 
Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

 
Chelsea Islan membagikan senyuman indahnya melalui unggahan foto terbaru yang ditujukan untuk peringatan Hari Kartini tahun ini. Ia terlihat mengenakan kebaya berenda putih, dipadupadankan dengan kain khas Indonesia berwarna merah yang melilit pinggangnya. Ia melengkapi tampilannya dengan kain berwarna merah dan riasan wajah sederhana. Tatatan rambut sang aktris pun terasa pas, hanya berupa cepolan rambut yang ditata ke belakang. 
 
“Semoga semakin banyak perempuan yang didengar suaranya, didengar opininya, diberikan kesempatan untuk mewujudkan cita-citanya, berkarya, maju dan menjadi pemimpin untuk masa depan Bangsa Indonesia. Dimulai dengan sebuah Impian, diselesaikan dengan perjuangan!,” harap bintang film Rudy Habibie itu. 
 
Selamat Hari Kartini bagi seluruh wanita hebat Indonesia. Sudahkah Anda merayakan momen bersejarah ini?
 

Baca juga: Butuh Inspirasi Ucapan untuk Hari Kartini? Gunakan Quotes tentang Sosok Wanita dari 10 Figur Publik Indonesia Ini
 

(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)