Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Tabir Surya Terbaik dari Apotek yang Ramah di Kantong

Pilihan Terbaik dari EltaMD, CeraVe, dan Lainnya untuk rutinitas harian Anda.

10 Tabir Surya Terbaik dari Apotek yang Ramah di Kantong
Courtesy of BAZAAR US

Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa memakai SPF adalah hal yang tidak bisa ditawar untuk membantu menjaga kesehatan dan perlindungan kulit Anda. Meskipun ada sejumlah pilihan mewah dan mahal yang sepadan dengan harganya, banyak tabir surya terbaik dari apotek membuktikan bahwa Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan perlindungan UVA dan UVB yang berkualitas.

BACA JUGA: 20 Sunscreen yang Cocok untuk Pemilik Tipe Kulit Sensitif

Selain melindungi dari efek berbahaya sinar UV, banyak dari tabir surya yang didambakan ini bahkan dapat melindungi dari cahaya biru yang merusak dari ponsel dan layar komputer Anda. Yang terpenting, penggunaan secara teratur—bahkan pada hari berawan atau hujan—dapat membantu Anda menghindari masalah seperti pigmentasi dan bahkan kanker kulit. "Tabir surya terbaik adalah yang akan Anda gunakan setiap hari dan Anda tidak keberatan untuk mengoleskannya kembali," kata Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Facet Dermatology, kepada Bazaar.

Kami meminta Geeta dan para profesional lainnya untuk memberikan pendapat mereka tentang pilihan tabir surya terbaik dari apotek yang memberikan perlindungan maksimal dengan biaya minimal. Selain pilihan utama seperti Bioré UV Aqua Rich SPF 30 PA+++ Daily Moisturizer Sunscreen dan EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46 (yang juga hadir dalam versi berwarna), baca terus untuk mengetahui lebih banyak tabir surya ramah anggaran yang layak ditambahkan ke dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda.

Terbaik Secara Keseluruhan

EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Bekerja dengan baik di bawah riasan dan tersedia dalam versi bening dan berwarna.

Kekurangan: Mungkin tidak ideal untuk kulit kering.

Rangkaian tabir surya EltaMD secara konsisten menduduki puncak daftar favorit para ahli, termasuk dokter kulit bersertifikat Anna Chacon. "Carilah produk yang tidak akan menyebabkan wajah Anda berjerawat. Ini akan menjadi produk bebas minyak dan formulasi yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Produk ini persis seperti itu dan tidak berminyak, yang akan disukai dan dihargai oleh wajah Anda. Produk ini juga bekerja sangat baik dengan riasan," jelasnya.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Suka tabir surya ini! Benar-benar tidak terlihat dan menyatu dengan baik ke dalam kulit." —Jane

Terbaik untuk Hidrasi

CeraVe Ultra-Light Moisturizing Lotion With SPF 30

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Bebas minyak dan pewangi.

Kekurangan: Beberapa pengulas mengatakan formulanya terlalu berbau seperti tabir surya tradisional.

Meskipun secara teknis bukan tabir surya, pelembap CeraVe ini memiliki banyak manfaat SPF. Geeta sering merekomendasikan Ultra-Light Moisturizing Lotion With SPF 30 mereka kepada klien, yang menggunakan campuran asam hialuronat dan ceramide untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sambil mendukung pelindungnya. Formula ini juga memiliki hasil akhir matte yang ideal untuk jenis kulit berminyak.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Pelembap ini ringan, tidak menyebabkan alergi, dan efektif. Penambahan tabir surya membuatnya sangat berguna dalam banyak situasi. Saya mengganti produk yang sangat mahal dengan ini, dan telah senang dengan kinerjanya. Harganya juga tepat." —Anonim

Terbaik di Bawah Riasan

e.l.f. Cosmetics Suntouchable Invisible Sunscreen SPF 35

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Tidak akan meninggalkan lapisan putih dan memberikan efek blur.

Kekurangan: Mungkin tidak ideal bagi mereka yang lebih suka tingkat SPF yang lebih tinggi.

Para penggemar kecantikan yang paham sangat menyukai e.l.f. Cosmetics SPF 35 Suntouchable Invisible Sunscreen. Tidak hanya formula gelnya yang tidak berminyak dan transparan, tetapi juga tahan air dan cukup lengket untuk menggantikan primer riasan Anda. Dan karena tabir surya ini juga mengandung lidah buaya dan meadowfoam seed yang menenangkan, iritasi kulit mudah diminimalkan.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Ini adalah tabir surya terbaik yang pernah saya gunakan di wajah saya. Setelah dioleskan, saya tidak bisa merasakannya ada di sana. Ini menyerap sepenuhnya. Semua tabir surya kimia lainnya yang pernah saya coba meninggalkan tampilan berminyak/mengkilap. Sangat senang saya mencoba ini. Sangat menyukai merek ini." —Sarah

Formula Paling Ringan

Bioré UV Aqua Rich SPF 50

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Tidak berminyak dan bekerja dengan baik di bawah riasan.

Kekurangan: Beberapa pengulas mengatakan formula meninggalkan sedikit lapisan putih.

Geeta juga menunjukkan tabir surya Bioré favorit kultus ini sebagai salah satu yang terbaik yang akan Anda temukan di apotek. Sebelumnya hanya tersedia di luar negeri, formula SPF 50-nya "sangat ringan, menghidrasi namun bebas minyak,dan menyerap dengan cepat dan menghilang ke dalam semua warna kulit."

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Saya suka lotion SPF ini. Ringan. Baunya enak dan berhasil. Saya benar-benar terkesan. Itu juga tidak membuat wajah saya berjerawat." —Kikinw4

Terbaik untuk Wajah dan Tubuh

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 70

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Ringan dan serbaguna.

Kekurangan: -

Penggunaan tabir surya secara teratur jauh lebih mudah dengan satu produk yang bekerja dari kepala hingga ujung kaki, seperti opsi ini dari Neutrogena. Dibuat untuk wajah dan tubuh, SPF ini memiliki formula sentuhan kering atau tidak berminyak yang menyerap dengan cepat tanpa meninggalkan residu lengket.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Ini adalah satu-satunya tabir surya yang bisa saya oleskan ke wajah saya dan yakin itu tidak akan masuk ke mata saya.Bekerja sangat baik di seluruh tubuh juga. Tidak terlihat saat diaplikasikan." —Edwin O.

Terbaik untuk Kulit Sensitif

Aveeno Protect + Hydrate Sunscreen SPF 60

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Tahan keringat, tahan air, dan bebas pewangi.

Kekurangan: Hanya dapat digunakan pada tubuh.

Aveeno adalah pilihan yang dapat diandalkan bagi banyak pecinta kecantikan dengan kulit sensitif serta masalah umum seperti eksim. Tabir surya tubuh merek ini mengandung oat prebiotik untuk mengunci hidrasi sambil melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Tabungnya juga berukuran sempurna dengan tiga ons yang ramah TSA, menjadikannya teman perjalanan yang sempurna.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Ini adalah SPF favorit saya dan sangat melembapkan. Tidak menyumbat pori-pori saya dan membuat saya terlihat awet muda. Saya menggunakannya di pagi hari dan di bawah riasan setiap hari. Saya memang memiliki sedikit jerawat dan kulit sensitif eksim tetapi ini tidak memicu kulit saya sama sekali." —Jenny

Terbaik untuk Warna Kulit Lebih Gelap

Black Girl Sunscreen Moisturizing Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF 30

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Tidak akan meninggalkan lapisan putih.

Kekurangan: Mungkin tidak ideal untuk kulit berminyak.

Seperti namanya, Black Girl Sunscreen dibuat dengan mempertimbangkan kulit berwarna gelap, meskipun dapat digunakan oleh siapa saja. Karena formula kimianya transparan, Anda tidak perlu khawatir terlihat pucat setelah diaplikasikan. Krim ini juga mengandung alpukat yang melembapkan, kakao yang kaya antioksidan, dan jojoba untuk menenangkan kulit saat melindunginya.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Saya baru-baru ini mulai menggunakan Black Girl Sunscreen dan hasilnya melebihi harapan saya! Saya seorang gadis Georgia yang suka memanggang dan menghibur di luar ruangan, jadi penting bagi saya untuk mengoleskan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar. Tabir surya ini benar-benar mengubah permainan, terutama untuk kulit kaya melanin seperti saya." —Tippin2

Terbaik Bebas Pewangi

La Roche-Posay Anthelios Mineral Sunscreen SPF 50 Gentle Lotion

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Bekerja untuk wajah dan tubuh.

Kekurangan: Beberapa pengulas mengatakan tidak mudah menyatu seperti tabir surya lainnya.

Anna sering merekomendasikan La Roche-Posay Anthelios Mineral Sunscreen SPF 50 kepada klien karena formulanya terasa sangat ringan di kulit dan bebas pewangi. "Yang ini sangat ringan, menghidrasi, dan menenangkan. Itu tidak meninggalkan residu putih pada kulit Anda dan tidak berminyak," katanya. "Saya suka itu bebas pewangi dan itu adalah tabir surya mineral. Bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif."

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Oleskan dan produknya meresap ke dalam kulit Anda. Suka tabir surya ini dan sebenarnya direkomendasikan awalnya bertahun-tahun yang lalu oleh dokter kulit saya. Tabir surya berbasis mineral. Bukan bahan kimia keras. Ini saling menguntungkan." —Monica F.

Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Eucerin Clear Skin SPF 50 Sunscreen Lotion for Face

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Dikembangkan oleh dokter kulit dan Bagus untuk kulit sensitif.

Kekurangan: Hasil akhir sedikit berembun mungkin tidak ideal bagi mereka yang lebih suka formula matte.

Menggabungkan tingkat perlindungan UV yang tinggi dengan formula yang aman untuk kulit berjerawat tidaklah mudah, tetapi SPF dari Eucerin ini adalah salah satu favorit kami. Eucerin Clear Skin SPF 50 tidak akan menyumbat pori-pori Anda, karena mengandung mineral penyerap minyak untuk membantu menjaga kulit agar tidak terlihat dan terasa terlalu.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Tabir surya ini tidak hanya TIDAK berminyak dan tidak menyumbat pori-pori saya, tetapi juga tampaknya mencegah kulit berminyak saya menjadi semakin berminyak saat saya bekerja di luar ruangan. Ini memang dibuat untuk wajah, tetapi saya memakainya di mana pun saya terpapar sinar matahari, karena saya tidak suka merasa berminyak di mana pun." —Della

Paling Serbaguna

Coppertone Every Tone SPF 50

Courtesy of BAZAAR US

Kelebihan: Dapat digunakan untuk wajah dan tubuh serta Bebas pewangi

Kekurangan: Beberapa pengulas mengatakan tabir surya memiliki aroma kimia

Ini adalah bukti bahwa Anda dapat menghabiskan kurang dari $10 untuk tabir surya tahan air yang cocok untuk berbagai warna kulit. Coppertone Every Tone SPF 50 menggunakan filter kimia (tanpa bahan-bahan seperti oxybenzone dan octinoxate) untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sekaligus menutrisi kulit dengan vitamin E yang melembapkan.

Seorang pelanggan yang puas menulis: "Anak-anak saya memiliki warna kulit yang sangat berbeda. Produk ini bekerja dengan baik pada mereka semua. Mudah menyatu tanpa residu putih atau perlu digosok ekstra. Mudah untuk diaplikasikan ulang." - Jess

Temui Para Ahli

  • Dr. Geeta Yadav adalah dokter kulit bersertifikat dan pendiri Facet Dermatology di Toronto.
  • Dr. Anna Chacon, M.D., F.A.A.D adalah dokter kulit bersertifikat dan spesialis teledermatologi di Anna Chacon, MD.

Apakah formula tabir surya yang lebih mahal lebih baik daripada versi yang dijual di apotek?

Anna menunjukkan bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk mendapatkan manfaat perlindungan UV yang sama dari tabir surya mahal. Formulasi dan bahannya mirip jika tidak sama, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih. SPF adalah yang paling penting (lebih lanjut tentang itu selanjutnya) tetapi pertimbangkan juga jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, carilah formula yang membuat matte,atau jika kulit Anda cenderung lebih kering, carilah bahan pelembap atau pelembap harian yang mengandung SPF.

"Tabir surya tertentu harganya lebih mahal karena didukung oleh sains, diformulasikan sebagai produk bersih dan/atau menggunakan bahan-bahan tertentu yang membuat harganya sepadan, tetapi Anda pasti dapat menemukan tabir surya apotek yang bagus yang akan melakukan tugasnya. Pada akhirnya, ini tergantung pada preferensi pribadi," tambah dokter kulit itu.

Berapa tingkat SPF yang harus terkandung dalam tabir surya saya dari apotek?

The American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan tabir surya dengan tingkat SPF 30 atau lebih tinggi. Apa pun yang lebih rendah dari SPF 30 tidak akan memberikan perlindungan yang memadai dari kerusakan akibat sinar matahari.

Haruskah saya menggunakan tabir surya yang sama untuk wajah dan tubuh saya?

Geeta menjelaskan bahwa kulit pada tubuh kita lebih tebal dan sering kali kurang sensitif dibandingkan kulit wajah kita, dan tidak semua formula SPF boleh digunakan untuk kedua kebutuhan tersebut. Formula tubuh seringkali lebih berat daripada SPF wajah, dan menggunakannya di wajah Anda dapat menyumbat pori-pori Anda. Namun, jika diberi pilihan antara mengoleskan SPF tubuh ke wajah Anda atau tidak menggunakan tabir surya sama sekali, para profesional mengatakan untuk menggunakan SPF tubuh di wajah Anda.

BACA JUGA: 
Sunscreen Terbaik yang Bisa Anda Coba Sekarang
6 Bagian Tubuh yang Sering Dilupakaan Saat Memakai Sunscreen

(Penulis: Nyikia Spradley; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR US)