Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Terbaik Membangun Capsule Wardrobe

Menyusun koleksi pakaian pilihan akan membuat cara berpakaian jauh lebih mudah.

Cara Terbaik Membangun Capsule Wardrobe
Courtesy of BAZAAR UK

Ketika musim baru tiba, kita sering kali memiliki keinginan untuk menyederhanakan hidup dan mengatur segalanya – yang mungkin termasuk merapikan lemari pakaian yang penuh sesak.

BACA JUGA: Trik Sederhana untuk Membuat Lemari Pakaian Anda Lebih Luas

Kemungkinannya, Anda memiliki lebih banyak pakaian daripada yang benar-benar Anda butuhkan; mungkin Anda telah melakukan terlalu banyak pembelian impulsif yang hanya Anda kenakan sekali, atau mungkin sudah saatnya untuk menyingkirkan beberapa pakaian yang telah tergantung di lemari Anda, tidak terpakai, terlalu lama.

Jika berpakaian terasa lebih kacau daripada yang Anda inginkan saat ini, mungkin ini saat yang tepat untuk mengatur ulang lemari pakaian Anda. Cobalah menerapkan pendekatan yang lebih bijaksana dalam berpakaian dengan membangun capsule collection Anda sendiri.

Courtesy of BAZAAR UK

Sikap terhadap fashion dan belanja telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun. Alih-alih terpengaruh oleh tren yang berlalu dan pakaian sekali pakai, banyak dari kita sekarang berusaha untuk mengambil pendekatan yang lebih bijaksana terhadap apa yang kita beli dan bagaimana kita berbelanja. Dengan keberlanjutan yang semakin menjadi fokus perbincangan, telah terjadi pergeseran fokus ke kualitas daripada kuantitas, mengadopsi koleksi yang terkurasi dan berinvestasi pada pakaian yang akan bertahan lama.

Jika Anda ingin menerapkan pendekatan yang lebih bijaksana terhadap fashion, tetapi merasa perlu sedikit bantuan untuk memulai, lanjutkan membaca.

Apa itu Capsule Wardrobe?

Ketika sebuah lemari pakaian dianggap 'capsule', itu cenderung berarti koleksi pakaian yang ramping dan semuanya dapat dipadupadankan dengan baik. Ini membantu memastikan bahwa tidak ada yang tidak terpakai. Secara tradisional, lemari pakaian kapsul tetap menggunakan warna-warna netral sehingga semuanya serasi (tetapi ini tidak harus selalu demikian), dan terdiri dari sekitar 10 hingga 20 pakaian seperti staple jeans, kaos putih sempurna, classic trench coat, blazer rapi, gaun yang dapat didandani secara santai atau formal, dan pakaian rajut yang nyaman. Namun, lemari pakaian kapsul akan terlihat berbeda bagi setiap orang – pada akhirnya, itu harus terdiri dari pakaian yang sesuai dengan gaya hidup Anda, yang membuat Anda merasa nyaman, dan yang Anda sukai. 

Courtesy of BAZAAR UK

“Kita semua memiliki beberapa pakaian yang sama yang kita kenakan berulang kali, terlepas dari berapa banyak pakaian yang kita miliki di lemari, dan kita perlu didorong untuk membangun dari situ,” kata komentator dan penulis mode Aleska Servian kepada kami. 

Alih-alih mencoba membuat lemari pakaian dari apa yang kita pikir adalah pakaian kapsul klasik, kita harus membangunnya di sekitar pakaian yang sudah kita kenakan sampai usang. Kita tidak semua memiliki pekerjaan, gaya hidup, atau tinggal di iklim yang sama, jadi lemari pakaian kapsul haruslah koleksi pakaian pilihan yang dapat Anda andalkan sepanjang waktu, dan yang cocok untuk Anda. Itu tidak akan terlihat sama bagi semua orang.

Dari mana saya harus memulai untuk membangun capsule wardrobe?

Pertama, Anda jelas tidak perlu membersihkan semua isi lemari Anda dan memulai dari awal. Mengkurasi lemari pakaian kapsul adalah tentang mencari tahu apa yang sering Anda kenakan, dan ingin Anda simpan, dan mengidentifikasi apa pun yang hilang.

"Tidak perlu membuang semuanya untuk memulai dari awal jika Anda tidak perlu," jelas Lakyn Carlton, seorang penata gaya pribadi dan ahli keberlanjutan. "Evaluasi lemari pakaian Anda dan keluarkan barang-barang yang sudah Anda kenakan, buat kombinasi baru dari yang lama, dan kemudian jika Anda benar-benar perlu menambahkan sesuatu, cari tahu apa itu.”

Tetapi, jika lemari pakaian Anda penuh sesak dan tidak terkendali, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Fanny Moizant, presiden dan salah satu pendiri situs desainer bekas Vestiaire Collective, memberi kami saran tentang cara membersihkan lemari pakaian kami dengan cara yang cerdas dan efektif.

Courtesy of BAZAAR UK

"Anda perlu memberi diri Anda beberapa jam dan berkomitmen. Mulailah dengan memisahkan isi lemari pakaian Anda berdasarkan musim,” ia mencatat. “Singkirkan pakaian musim sebelumnya agar Anda dapat fokus pada apa yang akan Anda kenakan selama beberapa bulan ke depan, lalu tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 'Apakah barang ini masih Anda kenakan? Apakah ini klasik yang tak lekang oleh waktu? Apakah masih pas untuk Anda?'”

Bagaimana jika Anda tidak yakin tentang suatu barang? Fanny mengandalkan 'trik gantungan' ketika dia membersihkan lemari pakaiannya sendiri agar terasa segar dan terkendali. “Di awal musim, letakkan semua gantungan Anda dengan arah yang sama,” katanya kepada kami. “Setiap kali Anda mengenakan sebuah pakaian, balikkan gantungannya ke arah lain. Dengan sangat cepat dalam satu musim, Anda akan melihat apa yang Anda kenakan dan apa yang tidak.”

Penting juga untuk tidak terlalu tidak realistis dalam berpikir bahwa Anda tidak akan pernah membeli apa pun lagi. Beri diri Anda kesempatan untuk membeli barang baru sesekali – cobalah untuk berhati-hati tentang apa yang Anda beli dan seberapa sering Anda akan benar-benar memakainya.

"Jangan membeli barang hanya karena terlihat bagus pada seseorang yang Anda kagumi atau ikuti di Instagram," kata Charlotte Warburton, pendiri merek lemari pakaian kapsul TBC (To Be Created). "Pikirkan baik-baik tentang bentuk dan ukuran tubuh Anda dan apakah gaya hidup mereka sesuai dengan Anda sebelum Anda membiarkan diri Anda terpengaruh oleh orang lain."

Cara mengidentifikasi apa yang kurang

Saat mengevaluasi kembali lemari pakaian Anda, cobalah untuk mengidentifikasi area yang perlu sedikit perbaikan sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan pakaian yang sudah Anda miliki.

Mungkin Anda suka membuat pernyataan dengan pakaian yang Anda kenakan, dan memiliki lemari pakaian yang penuh dengan pakaian berani, tetapi Anda merasa bahwa Anda tidak cukup sering memakainya sehari-hari. Jika Anda memiliki lebih banyak pakaian pokok – seperti kaos, celana jeans yang bagus, dan sepatu bot trans-musim – pakaian yang lebih membuat pernyataan ini dapat didandani secara santai, dan pada akhirnya membuatnya lebih mudah dipakai.

Courtesy of BAZAAR UK

Aturan yang sama berlaku jika Anda seorang minimalis. Anda mungkin perlu berinvestasi dalam beberapa pakaian menonjol seperti perhiasan atau mantel bagus yang akan memberikan sentuhan baru pada pakaian netral Anda. Pertimbangkan bagaimana cara menata apa yang sudah Anda sukai di lemari pakaian Anda, dan hanya berinvestasi dalam sesuatu yang baru jika itu akan membantu Anda untuk lebih sering mengenakannya.

Dapatkah saya mengenakan pakaian yang mengikuti tren dan tetap memiliki capsule wardrobe?

Lemari pakaian kapsul seharusnya mewakili Anda dan gaya pribadi Anda. Dan, bagi banyak dari kita, tidak realistis untuk tidak pernah tergoda oleh tren. Terkadang, kita ingin bereksperimen dengan sesuatu yang terasa menyenangkan dan segar untuk dikenakan, dan sulit untuk menyangkal sensasi dari perasaan baru tersebut. Namun, membeli pakaian ini – yang mungkin tidak bertahan lama, dan mungkin cepat terasa ketinggalan zaman – jelas tidak sejalan dengan gagasan lemari pakaian kapsul.

Di sinilah layanan penjualan kembali dan penyewaan dapat berguna. Menyewa daripada membeli untuk acara khusus akan memberi Anda perasaan baru, tanpa memengaruhi koleksi pakaian yang telah Anda susun dengan cermat. Untuk pakaian yang dapat diganti-ganti seperti tas, sepatu, dan perhiasan, menyewa adalah cara yang bagus untuk menambahkan sesuatu yang baru ke ansambel Anda dengan harga yang jauh lebih murah. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk bereksperimen, dan mencari tahu apakah suatu barang tertentu harus menjadi bagian dari koleksi permanen Anda atau tidak. Jika Anda mengenakan sesuatu dan sangat menyukainya, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam satu barang untuk selamanya. Demikian juga, jika Anda membeli sesuatu yang menurut Anda tidak akan Anda kenakan lagi, pertimbangkan untuk menjualnya kembali sehingga orang lain dapat memberikannya kesempatan kedua.

BACA JUGA: 
Tips untuk Menata Lemari Pakaian dan Cerdas dalam Berbelanja
5 Cara Menata Lemari Pakaian Agar Tetap Minimalis

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)