Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Euforia Pembukaan Fashion Nation Edisi ke-17

Menilik mode Indonesia yang disemarakkan oleh Senayan City tahun ini.

Euforia Pembukaan Fashion Nation Edisi ke-17

Ajang perayaan mode Tanah Air hadir di tahun ini kian marak. Tiga desainer, yaitu Mel Ahyar, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim menjadi representasi untuk selebrasi malam pembukaan Fashion Nation 2023 yang seraya dengan hari jadi ke-17 tahun untuk Senayan City. Mereka mempersembahkan pergelaran mode bertema Diversestyle dengan imaji sesuai gaya masing-masing. 

Mel Ahyar mengusung mixed media dalam seni bersama seniman lukis asal Jogja, Erica Hestu, dengan titel Verscapades yang terinspirasi dari adanya dunia paralel. Erica membayangkan dirinya berada di berbagai cerita rakyat pulau Indonesia lalu dituangkan pada kontruksi jaket bervolume hingga sepatu bot yang dihiasi interpretasi Mel melalui bordir, sulam, dan cetakan motif. 

Mel

Rama Dauhan ikut mengajak seniman Nabil Gharsallah untuk menceritakan koleksi teranyarnya bertajuk Harmoni. Adanya kehebohan flora dan fauna dalam perpaduan warna kontras tengah menjadi visi sang desainer untuk "membawa seni menjadi lebih dekat ke masyarakat, dengan memakainya di pakaian sehari-hari." 

rama

Di sisi lain, Wilsen Willim ingin melestarikan wastra yang paling dikenali oleh warga lokal, yakni Batik. Ia menamakan koleksinya Yang Hancur dan Kembali: Project Restore, yang dimaksud adalah pemrosesan batik lawas berkondisi lapuk dan ringkih menjadi blazer, rok, maupun kemeja khasnya. 

Ketiga desainer ini juga mengambil bagian dari IPMI Gaya Fashion Installation 2023: A Celebration of the Beauty Language of Each Designer yang hadir di Ground Floor Senayan City selama 21 September - 1 Oktober 2023. 


Foto: