Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Serba-serbi Seputar Sauna Infrared

Apa manfaat sauna infrared bagi kesehatan Anda?

Serba-serbi Seputar Sauna Infrared
Courtesy of Bazaar UK

Sauna infrared adalah tren kesehatan terbaru yang telah menembus klinik dan memasuki rumah kita, berkat sejumlah selimut sauna infrared di rumah yang beredar di pasaran. 

BACA JUGA: Technogym Persembahkan Teknologi Inovatif Dalam Treadmil Run

Tapi apakah kepompong penghangat tubuh ini benar-benar dapat menawarkan manfaat lebih daripada relaksasi? Di sini, kami akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang sauna infrared, mulai dari ilmu pengetahuan hingga hasil nyata, serta cara terbaik untuk mencobanya sendiri.

Apa itu sauna infrared?

Ketika sauna tradisional menggunakan panas untuk menghangatkan udara di sekitar Anda, sauna infrared menggunakan sinar merah  untuk menghangatkan tubuh secara langsung. Panas yang dihasilkan oleh panel infrared dapat menembus jaringan tubuh manusia lebih baik daripada udara yang dihangatkan, dan memberikan banyak manfaat yang lebih mendalam.

Sebagian besar sauna infrared memiliki suhu antara 100 hingga 140 derajat. Tentunya, Anda akan berkeringat secara intens, tetapi tanpa sensasi pengap yang membuat banyak orang tidak menyukai sauna tradisional.

Manfaat sauna infrared

Dengan meningkatkan suhu inti tubuh Anda hingga tiga derajat, sauna infrared diyakini dapat memberikan berbagai manfaat. Pertama, ada dorongan mental: para pengguna mengaku merasa lebih rileks, dengan berkurangnya kecemasan dan tidur yang lebih nyenyak.

Di ranah fisik, sauna infrared dikatakan dapat mengurangi peradangan, membantu pemulihan otot dan meredakan nyeri sendi, serta mendukung rencana penurunan berat badan dengan mendorong tubuh untuk membakar kalori. Beberapa orang juga percaya bahwa sesi berkeringat yang terkontrol dapat memberikan manfaat yang nyata pada kulit (meskipun ilmu pengetahuan belum mendukung hal ini).

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Yannis Alexandrides MD FACS, pendiri 111 Skin, "Termoterapi juga dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita cedera jaringan lunak, dan biasanya digunakan dengan efek terapeutik untuk: meningkatkan jaringan kolagen, mengurangi kekakuan sendi, mengurangi rasa sakit, meringankan kejang otot, mengurangi peradangan, dan membantu penyembuhan." 

Gagasannya adalah bahwa dengan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, jaringan akan mendapatkan protein, nutrisi, dan oksigen penting yang mereka butuhkan untuk pulih dengan kecepatan yang optimal.

"Terapi infrared jauh lebih nyaman dan efektif ketika menyembuhkan area tubuh karena radiasi panas dapat langsung merawat area tersebut dan fokus pada kapiler darah dan terminal neuron," tambah Yannis.

"Dari sumber kontak langsung seperti infrared, panas dapat berpindah dan menembus kulit untuk lapisan konduksi yang lebih dalam."

Dalam hal dukungan ilmiah, saat ini masih sedikit penelitian tentang manfaat sauna dan selimut infrared.

Penelitian memang ada, dan sangat mendukung kemampuan teknologi ini untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. Namun, perlu diingat bahwa banyak dari penelitian ini hanya dilakukan pada sekelompok kecil orang. 

Sebuah studi tahun 2017 memberikan hasil yang menjanjikan dalam kaitannya dengan kemampuan terapi infrared untuk mengobati orang yang didiagnosis dengan sindrom kelelahan kronis, dengan partisipan melaporkan penurunan tingkat kelelahan yang dirasakan, jika bukan rasa sakit fisik.

Secara keseluruhan, hasil dari terapi sauna infrared cukup menjanjikan, tanpa ada efek samping yang dilaporkan.

Memang, manfaat pada mental sangat disambut baik ketika kita memasuki hari-hari yang lebih gelap dan iklim yang lebih dingin. 

Masuk ke dalam kepompong yang hangat dan berbobot setelah hari yang melelahkan atau perjalanan yang dingin adalah hal yang menenangkan dan membangkitkan semangat. Hal ini tentu saja merupakan alasan yang cukup untuk memanjakan diri.

Apakah sauna infrared aman untuk semua orang?

Sauna infrared akan menarik bagi siapa saja yang merasa sauna tradisional tidak nyaman, atau hanya ingin mendapatkan manfaatnya secara teratur di rumah.

Konsep memanaskan tubuh Anda secara langsung mungkin terdengar mengkhawatirkan bagi sebagian orang, tetapi para ahli kesehatan sebagian besar setuju bahwa hanya ada sedikit risiko yang terlibat dalam penggunaan sauna infrared. Anggap saja teknologi ini mirip dengan teknologi yang digunakan untuk menghangatkan tempat tidur bayi baru lahir di rumah sakit.

Namun, sauna infrared tidak disarankan untuk wanita hamil dan siapa pun yang memiliki penyakit jantung.

Perhatikan juga berapa banyak air yang Anda minum, karena keringat yang banyak tentu saja dapat menyebabkan dehidrasi. Dianjurkan untuk minum segelas air sebelum sesi sauna, dan minumlah sedikit demi sedikit.

Courtesy of @111Cryo

Rekomendasi sauna infared di London

111 Skin memimpin industri ini dalam hal terapi tingkat lanjut, dan gerai 111CRYO/HEAT di Harvey Nichols, London, menyediakan pod sauna infrared di samping ruang krioterapi, yang menawarkan kedua suhu ekstrem bagi para pencari kebugaran yang paling antusias.

Sauna infrared jenama ini merupakan sebuah langkah maju daripada yang lain, dengan menggabungkan panas langsung dengan cahaya (bayangkan: masker LED seluruh tubuh) untuk meningkatkan manfaatnya pada tingkat kulit dan pijat getaran untuk membantu meredakan ketegangan.

Untuk pemulihan pasca olahraga, gym KXU di Sloane Square menawarkan sesi 25 atau 45 menit di pod infrared-nya sendiri, seperti halnya Ten Heath & Fitness di Kings Cross, sementara Repose adalah tujuan bagi warga London Barat. 

Di sebelah selatan sungai, Remedi London di Battersea menawarkan sauna infrared sunlighten yang canggih, yang menggabungkan suara dan getaran dengan infrared untuk menambah manfaat relaksasi dari sebuah sesi.

Populernya selimut sauna infrared

Manfaat sesi sauna infrared secara teratur mungkin menggiurkan, tetapi mengunjungi spa atau klinik beberapa kali seminggu sepertinya tidak mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang. Masuklah: selimut sauna infrared di rumah. Kepompong portabel yang dapat dilipat ini memberikan semua manfaat dengan kepraktisan yang luar biasa: Anda dapat masuk dan keluar sesering mungkin, dari kenyamanan kamar tidur Anda sendiri.

MiHigh Infrared Sauna Blanket V2 - Courtesy of Bazaar UK

Higher Dose Infrared Sauna Blanket - Courtesy of Bazaar UK

Pemimpin industri MiHigh telah menciptakan selimut yang benar-benar melampaui ekspektasi. Dibuat dengan panel pemanas infrared yang diapit di antara kain teknis tahan air, ini jelas merupakan cara termudah untuk mendapatkan manfaat terapi panas. 

Cukup colokkan, masuk ke dalam, pilih pengaturan panas Anda. Ada sembilan pilihan, yang berkisar antara 95 hingga 165 Fahrenheit. Kemudian matikan selama 30-60 menit.

Bagi mereka yang ingin melangkah lebih jauh ke dunia penyembuhan holistik, selimut sauna Higher Dose  akan menjadi pilihan menarik. Cara kerjanya mirip, tetapi diperkuat dengan lapisan kristal, yang diklaim oleh merek ini akan memperdalam manfaat relaksasi.

Apa pun yang Anda pilih, sensasinya tidak dapat disangkal lagi: bayangkan kenyamanan selimut berbobot yang dipadukan dengan panas yang kering serta dapat dikontrol. 

Kami sarankan untuk berinvestasi pada handuk penyerap keringat untuk dimasukkan ke dalam selimut Anda. MiHigh menyediakannya di dalam Experience Kit. Sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa pakaian. Semprotan pembersih khusus juga berguna untuk menyeka bagian dalam selimut Anda setelah setiap sesi. Secara keseluruhan, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan manfaat sauna infrared tanpa harus pergi ke klinik.

BACA JUGA:
Manfaat, Risiko, dan Tips Tentang Sauna yang Perlu Anda Tahu
Berbagai Saran untuk Membentuk Sebuah Kebiasaan dari Para Ahli Kesehatan dan Kebugaran

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK dan @111Cryo)