Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Lengkap Seputar Tea Tree Oil dari Para Ahli

Tea tree oil dapat meremajakan kulit kepala Anda. Simak, bagaimana cara memakainya.

Panduan Lengkap Seputar Tea Tree Oil dari Para Ahli
Courtesy of Bazaar US

Tidak ada keterbatasan dalam hal scrub, masker, dan sampo terbaru yang dirancang untuk membantu meredakan masalah kulit kepala seperti iritasi dan kekeringan. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kebutuhan Anda

Namun, jika Anda memiliki sebotol tea tree oil di rumah, ini mungkin merupakan solusi termudah dan paling terjangkau untuk membantu rambut Anda mencapai potensi tersehatnya. 

"Tea tree oil dapat membantu mengurangi munculnya ketombe, mengurangi iritasi kulit kepala, dan membantu mengurangi produksi sebum berlebih," jelas penata rambut selebriti yang berbasis di LA, Bradley Leake.

Ada beberapa pertimbangan penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu tentang penggunaan tea tree oil untuk rambut. 

Kami berkonsultasi dengan Bradley Leake, dan dokter kulit bersertifikat Jeannette Graf untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang penggunaan tea tree oil pada rambut Anda, termasuk rekomendasi produk rambut tea tree oil terbaik dari para ahli.

Apa itu tea tree oil?

Tea tree oil, juga dikenal sebagai minyak Melaleuca atau minyak kayu putih. Ialah minyak esensial yang berasal dari daun pohon teh, yang berasal dari Australia. Tea tree oil dapat ditemui dalam skincarehaircare, dan aromaterapi karena memiliki aroma yang sangat menenangkan, segar, serta berkhasiat sebagai obat.

Apa saja manfaat dari tea tree oil?

Tea tree oil dikenal dengan sifatnya yang alami sebagai antibakteri dan antijamur serta memiliki banyak manfaat untuk rambut.

"Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kepala kering, gatal, atau berminyak, atau yang mengalami ketombe atau rambut rontok. Kandungan antiseptik dan anti mikrob-nya dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe sekaligus membantu menenangkan kulit kepala yang gatal."

Selain itu, tea tree oil dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan melancarkan folikel rambut yang tersumbat. Aromanya yang menyegarkan juga dapat membantu mengurangi rasa cemas, yang sangat cocok untuk siapa saja yang pernah mengalami kepanikan saat mandi.

Siapa yang harus menggunakan tea tree oil?

"Siapapun bisa mendapatkan manfaat dari tea tree oil, meskipun begitu, penting untuk dicatat bahwa tea tree oil tidak boleh dioleskan langsung ke kulit kecuali dilarutkan terlebih dahulu," ujar Jeannette. 

Anda dapat mengalami iritasi, pengelupasan, dan kulit kering akibat tea tree oil jika Anda mengoleskannya langsung ke kulit kepala tanpa mengencerkan produk atau jika konsentrasinya lebih tinggi.

 "Mereka yang memiliki kulit sensitif harus menghindari penggunaan tea tree oil," tambahnya. Selalu uji coba sejumlah kecil di tangan atau lengan Anda untuk menghindari efek negatif."

Bagaimana cara menggunakan tea tree oil?

Menurut Leave, tea tree oil dapat digunakan dalam beberapa cara: "Jika Anda mencari perawatan kulit kepala, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak pendukung, seperti minyak almon atau minyak jojoba, dan pijatkan ke kulit kepala." 

Biarkan selama 15-30 menit sebelum mencuci rambut. Tea tree oil umumnya aman untuk digunakan pada kulit kepala, tetapi penting untuk mengujinya dalam jumlah kecil pada kulit sebelum digunakan untuk memastikan Anda tidak memiliki sensitivitas atau reaksi alergi. 

"Untuk sampo deep-cleansing, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan sampo biasa, kemudian pijatkan ke rambut dan kulit kepala," tambah Leave. "Ingatlah untuk membilasnya sampai bersih!"

Jenis rambut, dan pertimbangan pada produk

Tea tree oil bekerja dengan baik dengan bahan-bahan alami lainnya seperti lidah buaya atau minyak kelapa. 

"Tea tree oil tidak boleh digunakan dengan produk yang mengandung bahan kimia keras atau produk dengan kandungan alkohol tinggi," jelas Leave. Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh, penting untuk menggunakan tea tree oil secukupnya. 

"Penggunaan tea tree oil yang berlebihan dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, yang menyebabkan kerusakan. Orang dengan jenis rambut tebal dan keriting harus sangat berhati-hati karena rambut mereka lebih rentan terhadap dehidrasi. Menggunakan tea tree oil yang dilarutkan dalam jumlah kecil masih dapat memberikan manfaat pelembap untuk jenis rambut ini."

Seberapa sering Anda dapat menggunakan tea tree oil?

Frekuensi penggunaan akan tergantung pada kebutuhan individu Anda. Bagi mereka yang ingin mengurangi iritasi atau kekeringan pada kulit kepala, "Tea tree oil dapat digunakan setiap hari pada kulit kepala yang lembap," jelas Leave. 

Mereka yang ingin mengurangi munculnya ketombe dapat menggunakan tea tree oil setiap minggu, sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut rutin mereka.

Produk terbaik dengan tea tree oil

Badger Jojoba Hair Oil dengan Tea Tree Oil alami dan minyak rosemary

Courtesy of Bazaar US

Minyak ini sangat bagus untuk kulit kepala yang kering atau gatal. "Tea tree oil membersihkan folikel rambut secara mendalam sementara jojoba menyeimbangkan produksi minyak. Selain itu, rosemary, mentol, dan peppermint yang bersifat anti mikrob meninggalkan sensasi dingin nan menggelitik," kata Leave.

Paul Mitchell Tea Tree Special Shampoo Invigorating Cleanser

Courtesy of Bazaar US

Sampo spesial tea tree oil dari Paul Mitchell adalah sampo klasik yang sangat digemari serta menjadi favorit para penggemarnya. "Sampo ini cocok untuk semua jenis rambut dan mengandung campuran tea tree oil, lavendel, dan peppermint yang harum dan akan menghilangkan kotoran dari rambut serta mengobati ketombe," kata Jeannette. 

Paket Desert Essence Tea Tree Replenishing Shampoo dan Conditioner

Courtesy of Bazaar US

Paket sampo dan kondisioner deep-cleansing dari Desert Essence ini bekerja untuk mengurangi iritasi kulit kepala, kekeringan, dan ketombe. Produk ini juga bebas dari bahan kimia dan wewangian yang tajam, sehingga cocok untuk semua jenis rambut.

Briogeo Scalp Revival Charcoal + Tea Tree Scalp Treatment Serum

Courtesy of Bazaar US

Briogeo Scalp Revival Charcoal + Tea Tree Scalp Treatment Serum mampu melembabkan, menghilangkan kotoran di permukaan, dan meredakan kulit kepala yang gatal, iritasi, dan bersisik.

BACA JUGA:
10 Manfaat Memakai Serum Rambut
Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?

(Penulis: Iman Balagam; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)