Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bleisure: Tren Perjalanan Menguntungkan yang Menggabungkan Bisnis dan Liburan

Bekerja sambil berlibur, mengapa tidak?

Bleisure: Tren Perjalanan Menguntungkan yang Menggabungkan Bisnis dan Liburan
Foto: Courtesy of 123RF

Hampir tiga tahun lamanya kita berdampingan dengan pandemi. Kondisi ini membuat kita beradaptasi dengan situasi baru dan membentuk kebiasaan new normal yang mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, tak terkecuali dalam hal travelling. Tren-tren liburan bermunculan demi menghibur diri di tengah kebosanan. Awalnya staycation dan road trip ke destinasi dekat rumah mendominasi, namun seiring berkurangnya batasan berpelesir kini banyak wisatawan yang juga telah merencanakan liburan jarak jauh baik di kawasan domestik maupun ke luar negeri. Salah satu alternatifnya adalah dengan bleisure yang trennya semakin meningkat karena fleksibilitas selama pandemi dan sekarang telah menjadi hal lumrah.

Apa itu bleisure?

Bleisure (business and leisure) adalah perjalanan yang menggabungkan bisnis dan liburan dengan memanfaatkan waktu senggang yang ada. Disebut pula sebagai bizcation, ini merupakan salah satu opsi yang menyenangkan untuk mendapatkan work-life balance. Namun bleisure berbeda dengan digital nomads yang memang mengharuskan seseorang untuk bepergian. Mengutip Fortune, bleisure diberikan atas izin dari tempat seseorang bekerja untuk memperpanjang perjalanan bisnisnya selama beberapa waktu dan menikmati destinasinya. Misalnya, Anda ditugaskan untuk menghadiri acara selama dua hari, kemudian Anda dapat melanjutkan atau memperpanjang waktu untuk bekerja secara virtual selama satu minggu di destinasi yang sama. Tentu hal ini tak lepas dari pengaruh kemudahan teknologi yang semakin memungkinkan Anda bekerja secara fleksibel seperti mengakses meeting dan pekerjaan lainnya secara virtual. Thanks to the new normal yang telah membuat segalanya menjadi mungkin untuk dilakukan jarak jauh.

Destinasi di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk bleisure

Mengutip BBC dalam artikel The Rise of the Bleisure Traveller, Howard and Crowhurst menyebut bahwa bleisure traveller modern cenderung memiliki keingintahuan yang tinggi pada budaya dan kuliner. Beruntung, Indonesia memiliki keragaman dalam dua aspek tersebut. Sebagai contoh adalah Bali yang merupakan wisata primadona di Indonesia. Dengan kekayaan budaya, alam, dan pantai-pantai cantiknya, bleisure di Bali tentu amat menggoda. Tempat-tempat yang memiliki wisata alam cantik lainnya dengan vibe santai adalah Lombok, Bintan, dan Makassar. Yogyakarta juga bisa menjadi opsi mengingat wilayahnya yang strategis dan sarat budaya dengan kuliner melimpah. Jakarta pun bisa menjadi destinasi alternatif dengan beragam opsi menarik untuk memanjakan diri menikmati layanan berkelas dari hotel-hotel bintang lima yang ada serta mencicipi fine dining yang tersebar di penjuru kota. Anda juga bisa mengeksplorasi berbagai destinasi hidden gem di kota metropolitan ini.

Keuntungan bleisure

Menggabungkan konsep bekerja sembari liburan diyakini dapat meningkatkan semangat bekerja seseorang. Berdasarkan riset dari Global HR Analytics yang dikutip dari situs Native Planet, tren bleisure adalah salah satu benefit pekerjaan yang dicari milenial karena dapat membantu menciptakan keseimbangan hidup bekerja yang lebih baik. Meskipun dalam rangka bekerja, aktivitas ini tak jauh berbeda dengan perjalanan wisata lainnya yang dapat memberikan sensasi rileks, menyegarkan pikiran, dan mengurangi stres. Bleisure juga memungkinkan kita untuk mengunjungi tempat baru dan bertemu orang baru sehingga saat pulang pun kita mengantongi pengalaman anyar yang bernilai.

Selain didukung dengan kemudahan secara digital dan penawaran akomodasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih ketika menjadi Pribadi Istimewa BRI Private. Bank yang telah berpengalaman selama 126 tahun di Indonesia tersebut memberikan beragam penawaran berupa privilege di aspek gaya hidup, salah satunya travelling. Selain penawaran istimewa di hotel dan restoran premium, BRI turut memberikan kemudahan untuk para pelaku perjalanan dengan layanan Joumpa Airport VIP Service yang tersebar di lebih dari 40 bandara di Indonesia.

Perjalanan menuju dan dari bandara pun bukan lagi menjadi hal yang merepotkan, mengingat setiap Pribadi Istimewa BRI Private mendapatkan layanan airport pickup menggunakan Golden Bird untuk penerbangan domestik hingga mancanegara. Setiap pelanggan yang menggunakan fasilitas ini akan mendapatkan gift voucher senilai 500.000 rupiah. Sesampainya di bandara, para Pribadi Istimewa pun dapat melangkahkan kaki menuju Executive Lounge untuk menikmati fasilitas seperti bersantap dan bersiap dengan nyaman sebelum penerbangan. Executive Lounge BRI Private ini tersebar di 35 lokasi di Indonesia. Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta, Anda bisa menemui Executive Lounge ini di Bandara Soekarno-Hatta di Blue Sky Teminal 2D, Saphire Lounge Terminal 2F, dan JW Lounge.

Bleisure sendiri rasanya dapat dikatakan sebagai sebuah privilege sebab tak semua insan dan aktivitas pekerjaan memiliki kemudahan ini. Namun yang pasti, masih ada banyak cara untuk berlibur, baik dengan memanfaatkan annual leave, melakukan road trip, solo travelling, atau staycation bersama keluarga.  Salah satu bentuk penyempurna liburan Anda adalah dengan menjadi Pribadi Istimewa BRI Private. Lalu, apa destinasi Anda selanjutnya? Sebelum pergi, pastikan Anda mengunjungi situs BRI di sini untuk melihat penawaran VIP Service dan Executive Lounge dari BRI.

Foto: Courtesy of 123RF