Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

ILTM Asia Pacific 2022: Kembalinya Antusiasme International Luxury Travel

Mari bersama merayakan kembalinya dinamika luxury travel market tahun ini.

ILTM Asia Pacific 2022: Kembalinya Antusiasme International Luxury Travel

Event 3 hari ILTM Asia Pacific 2022 (International Luxury Travel Market) yang berlangsung di Singapura awal September silam dihadiri oleh 800 peserta. Inilah perjumpaan pertama dari perhelatan tahunan ini yang berlangsung setelah masa pandemi. Event ini merupakan wadah untuk bisnis, networking, dan edukasi yang menyatukan komunitas pegiat luxury travel market dalam skala besar.

ILTM Singapore 2022
Area kedatangan ILTM Asia Pacific 2022 di Sands Expo & Convention Centre
 

Menurut Alison Gilmore, Portfolio Director dari ILTM, menyampaikan, “Pandemi ini memiliki dampak mendasar pada perilaku wisatawan dengan beberapa tren meningkat, beberapa melambat, dan lainnya stabil. Penelitian kami menyurvei hampir 500 wealthy travelers APAC (Asia-Pacific) yang tervalidasi dari 6 negara, barometer terpercaya tentang sentimen dan kebiasaan yang berkaitan dengan gaya hidup mewah pada tahun 2022."

ILTM Singapore 2022
Area show floor Marriott International Luxury Brands
 

Momen kembalinya antusiasme travel saat ini tak hanya disambut dengan baik oleh ILTM Asia Pacific 2022, namun juga dari sisi wisatawan. Hal ini disampaikan dengan jelas dari kesimpulan yang diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan oleh ILTM.

ILTM Singapore 2022
ILTM Asia Pacific 2022 menjadi wadah bertemunya pegiat luxury travel market
 

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar responden diperkirakan akan bepergian dengan lebih jarang, namun menghabiskan masa tinggal lebih lama. Para pelancong tersebut mulai saat ini lebih mengutamakan pengalaman dibandingkan barang. Mereka juga menganggap penting slow travel yang berkaitan dengan pemulihan jiwa. 

ILTM Singapore 2022
Area show floor IHG Hotels & Resorts
 

Beberapa hal juga diperkirakan berkembang dalam periode ini, seperti tren revenge travel yang telah kita rasakan saat ini. Hal ini didukung pula oleh keberanian para pelancong untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Di sisi lain, hadirnya perencanaan travel yang lebih matang akhirnya membuat peran agen travel bertambah penting.

Antusiasme kembalinya luxury travel tahun ini merupakan pertanda baik untuk pergerakan roda ekonomi di dalamnya. Apakah Anda merasakan hal yang sama? 

Foto: Courtesy of Tholaal Mohamed from Pexels, ILTM Asia Pacific