Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Potret Terakhir Ratu Elizabeth II yang Belum Pernah Dirilis Sebelumnya

Foto ini awalnya diambil untuk memperingati Platinum Jubilee.

Ini Potret Terakhir Ratu Elizabeth II yang Belum Pernah Dirilis Sebelumnya
Courtesy of BAZAAR US

Sementara dunia sedang bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Elizabeth II untuk pemakamannya besok, Istana Buckingham telah merilis potret terakhir mendiang Ratu, yang meninggal usia 96 tahun pada 8 September.

Baca juga: Foto-Foto Prosesi Penjagaan Mendiang Ratu Elizabeth II

Dalam foto yang diambil oleh Ranald Mackechnie, Ratu tersenyum lebar sambil mengenakan gaun warna biru yang dihiasi dengan bros aquamarine, yang diberikan oleh ayahnya, Raja George VI, pada ulang tahunnya yang ke-18. Ia juga mengenakan kalung mutiara tiga untai dan berlian.

"Menjelang Pemakaman Yang Mulia Ratu, sebuah foto baru telah dirilis," ucap keluarga kerajaan dalam sebuah pernyataan di Twitter yang menyertai potret tersebut. “Foto ini ambil ketika Yang Mulia mendapat Platinum Jubilee, esbagai Ratu Inggris pertama yang mencapai tonggak sejarah. Sebentar lagi, jutaan orang akan berkumpul untuk memperingati masa hidup sang Ratu yang luar biasa."

Sebelumnya, Ranald juga telah mengabadikan potret resmi mendiang Ratu dalam perayaan Platinum Jubilee-nya yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kemudian, Ratu Elizabeth berpose dalam balutan mantel biru yang lembut dan gaun dengan hiasan mutiara dan diamond. Tampilan tersebut dirancang oleh Angela Kelly, salah satu orang kepercayaan sekaligus penasihat wardrobe Ratu sejak lama. 

Saat itu, sang Ratu merilis pernyataan dan menyertai perilisan foto tersebut.

"Terima kasih kepada semua orang yang telah terlibat dalam mengumpulkan komunitas, keluarga, tetangga, dan kerabat untuk merayakan Platinum Jubilee saya, di Inggris dan di seluruh Persemakmuran," ucapnya. “Saya tahu bahwa banyak kenangan indah akan tercipta pada acara-acara perayaan ini. Saya terus terinspirasi oleh niat baik yang ditunjukkan kepada saya, dan saya berharap hari-hari mendatang akan memberikan kesempatan untuk merenungkan semua yang telah dicapai selama tujuh puluh tahun terakhir, saat kami menatap masa depan dengan percaya diri dan antusias,"

Pemakaman Ratu akan berlangsung pada Senin, 19 September, di Westminster Abbey, London.

Raja Charles mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mengirimkan belasungkawa kepada keluarga kerajaan di saat berkabung. "Kami sangat tersentuh oleh semua orang yang telah berupaya untuk datang dan memberikan penghormatan mereka atas jasa seumur hidup ibuku tersayang, mendiang Ratu Elizabeth," pungkasnya dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh istana. 

"Saat kita semua bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir untuk Ratu, saya hanya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya, yang telah memberikan dukungan dan penghiburannya bagi keluarga dan juga diri saya sendiri,"

Baca juga:

Uraian Garis Penerus Takhta Kerajaan Inggris

Princess of Wales Mengenakan Kalung Mutiara Milik Ratu Elizabeth II di Resepsi Buckingham

(Penulis: Chelsey Sancez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)