Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Yang Akan Terjadi Setelah Ratu Elizabeth Meninggal Dunia, Apa Saja?

Operasi LONDON BRIDGE telah berjalan selama bertahun-tahun.

Yang Akan Terjadi Setelah Ratu Elizabeth Meninggal Dunia, Apa Saja?
Courtesy of BAZAAR US

Seluruh keluarga kerajaan bergegas ke sisi Ratu Elizabeth hari ini ketika dokter mengawasi kesehatan ratu. Istana Buckingham mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan pagi ini bahwa dokter "prihatin" untuk Yang Mulia, dan beberapa jam kemudian, dengan penuh duka mengkonfirmasi kematiannya. 

Baca juga: Ratu Elizabeth Tidak Akan Menghadiri Acara Pembukaan Parlemen Karena "Masalah Mobilitas" dan Kesehatan

Wartawan dan pelayat berpakaian serba hitam langsung mengepung Kastil Balmoral, kediaman ratu di Skotlandia, tempat ia meninggal

Kedepannya, seperti yang kita ketahui tentang Operasi London Bridge, rencana beberapa langkah kedepan pemerintah Inggris untuk apa yang harus dilakukan sekarang setelah Ratu Elizabeth II meninggal.

Hari: H

Segera setelah kematian ratu, sekertaris pribadinya dilaporkan akan menelepon perdana menteri untuk memberitahunya tentang berita tersebut, mungkin dengan pesan, "Jembatan London runtuh," menurut dokumen yang didapat dari salah satu media politik di sana.

Rumah tangga kerajaan akan mengeluarkan pernyataan resmi yang memberi tahu staf, pegawai negeri, dan publik tentang kematian ratu, dan berita itu akan diumumkan melalui peringatan di kawat Asosiasi Pers. 

Kemudian, bendera di Whitehall akan diturunkan setengah tiang—idealnya dalam waktu 10 menit. Kementerian Pertahanan akan mengatur agar terjadi penghormatan senjata, dan mengheningkan cipta secara nasional akan diumumkan. Sebuah layanan peringatan juga akan diatur di Katedral St. Paul London.

Perdana Menteri (PM) akan menjadi anggota pertama pemerintah yang membuat pernyataan tentang kematian itu. Kemudian, PM akan melakukan audiensi dengan Pangeran Charles, yang mana akan menyampaikan siaran kepada bangsa. 

Situs keluarga kerajaan akan diubah menjadi latar belakang hitam, dengan pesan kecil yang mengonfirmasikan kematian ratu, dan situs web pemerintah Inggris akan menampilkan spanduk hitam, semua halaman media sosial departemen pemerintah juga melakukan hal yang sama. 

Secara internal, hari kematian ratu akan disebut sebagai "Hari-H", dan setiap hari setelahnya, hingga pemakaman—yang akan berlangsung pada hari ke-10—akan disebut sebagai "H+1", "H+ 2", dan lain-lain.

ai "H+1", "H+ 2", dan lain-lain. 

Hari: H+1

Pagi hari setelah kematian Ratu Elizabeth, Charles akan dilantik sebagai penguasa baru oleh Accession Council. 

Hari: H+2

Peti mati ratu akan dibawa ke Istana Buckingham. 

Jika ratu meninggal di Kastil Balmoral,  Skotlandia, tempat ia berada saat ini, Operasi Unicorn akan diaktifkan, yang berarti peti matinya akan diangkut ke London melalui kereta kerajaan. Namun jika itu tidak memungkinkan, Operasi Overstudy akan berlaku, dan peti mati akan diangkut dengan pesawat. Perdana menteri dan para menteri akan menyambutnya pada saat kedatangan.

Ada rencana yang sama sekali berbeda jika dia meninggal di Sandringham. 

Hari: H+3 sampai H+5

Charles akan menerima mosi belasungkawa di Westminster Hall dan kemudian memulai turnya di Inggris Raya sebagai raja baru. 

Ketika tiba di Irlandia Utara, ia akan menghadiri kebaktian di Katedral St. Anne di Belfast. Sementara itu, latihan akan dilakukan menjelang Operasi Lion, ketika peti mati ratu akan dibawa dari Istana Buckingham ke Istana Westminster.

Sebuah layanan akan diadakan di Westminster Hall saat peti mati tiba.

Hari: H+6 sampai H+9

Ratu Elizabeth II akan disemayamkan di Westminster Hall di Istana Westminster selama tiga hari dalam apa yang disebut Operasi Feather. Selama 23 jam per hari, pengunjung akan dapat memberikan penghormatan. Tiket akan diberikan kepada tamu penting untuk waktu yang ditentukan.

Charles akan melakukan perjalanan ke Wales untuk menerima motion belasungkawa lainnya dan menghadiri kebaktian di Katedral Llandaff di Cardiff menjelang pemakaman ratu, yang akan berlangsung pada hari berikutnya.

Berapa umur Ratu Elizabeth?

Ratu yang lahir pada 21 April 1926 ini berusia 96 tahun. 

Berapa lama Ratu Elizabeth menjadi Queen of England?

Ratu pertama kali naik takhta pada Februari 1952. Tahun ini, ia merayakan Platinum Jubilee-nya, yang secara resmi menandai 70 tahun masa pemerintahannya. Ia adalah ratu yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris. 

Siapa yang selanjutnya di garis takhta?

Setelah kematiannya, putra tertua ratu, Pangeran Charles, akan menjadi raja. 

Baca juga:

Tiara Langka yang Hadir di Perayaan Jubilee Sang Ratu

Puisi dari Ratu Elizabeth Memperingati Kematian Mendiang Pangeran Philip

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)