Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gaya Fashion yang Digemari Oleh Para Milenial, Anda Termasuk?

Gaya berpakaian bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, tak terkecuali oleh kelompok generasi

Gaya Fashion yang Digemari Oleh Para Milenial, Anda Termasuk?
Layout by Sophie El Fasya

Fashion merupakan cara seseorang mengekspresikan diri. Maka dari itu, tidak jarang pula orang-orang menyesuaikan pilihan busananya dengan preferensi yang mampu menggambarkan karakter mereka.

Selain karakter diri, ternyata pilihan busana juga mampu dipengaruhi oleh banyak hal, lho. Seperti warna kulit, usia, waktu, hingga tren. Biasanya, terdapat kelompok demografi generasi berdasarkan tahun kelahirannya.

Hingga kini, terdapat 6 generasi yang ada di masyarakat, yakni silent generations yang lahir pada tahun 1925-1945, baby boomers yang lahir antara tahun 1943-1964, generasi X dengan tahun kelahiran yang berkisar antara 1965-1980, Generasi Y atau milenial yang mendominasi masyarakat sekarang. Orang-orang yang lahir pada tahun 1981-1994 masuk dalam kelompok generasi ini. Usai milenial, ada generasi Z yang lahir dari tahun 1995 hingga 2010 dan yang terakhir adalah generasi Alpha yang lahir setelah tahun 2010. 

Hidup di era berbeda dengan terpaan budaya populer yang berbeda tentunya akan mempengaruhi cara berpakaian dari kelompok generasi tertentu, mengingat fashion juga merupakan bagian dari budaya populer.

Generasi milenial kerap disebut sebagai generasi yang spesial, sebab tidak hanya lahir pada era perkembangan teknologi, generasi ini juga merasakan transisi dunia sebelum teknologi yang semakin canggih ini mengambil alih sebagian besar kehidupan sekarang.

Oleh sebab itu, Bazaar akan mengulik gaya berpakaian dari milenial pada tulisan kali ini yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk bereksperimen dengan gaya, sebab fashion tidak mengenal usia dan generasi. Berikut adalah berbagai gaya fashion yang digemari oleh milenial : 

Athleisure

Courtesy of Instagram @beyonce
Courtesy of Instagram @beyonce

Milenial menyukai pakaian yang nyaman dan athleisure merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kenyamanan entah itu untuk berolahraga atau sekadar bersantai di rumah. Tren athleisure pada millenial juga telah dipopulerkan oleh sejumlah selebriti terkenal. Biasanya, athleisure ini terdiri dari trackpants, yoga pants, legging, sneakers dan juga sweatshirt. Athleisure tidak hanya bisa dikenakan untuk olahraga saja, Anda bisa mengenakannya kapanpun Anda membutuhkan penampilan santai, mulai dari hangout bersama teman-teman Anda hingga berbagai acara kasual lainnya. 


Oversized outer

Courtesy of Instagram @meganfox
Courtesy of Instagram @meganfox

Oversized cardigan, oversized blazer, oversized jacket. Luaran yang oversized merupakan salah satu busana favorit millenial. Luaran merupakan salah satu busana yang tepat untuk mengelevasi penampilan Anda kala Anda sedang kehabisan ide untuk berkreasi dengan isi lemari. Anda juga bisa mengkreasikan luaran oversized dari berbagai bahan seperti bahan leather seperti The Matrix. 


Low waist jeans

Courtesy of Instagram @marthahunt
Courtesy of Instagram @marthahunt

Rasanya tidak perlu diragukan lagi bila ada low waist jeans dalam daftar ini. milenial telah eksis dan merasakan secara langsung tren Y2k pada masanya. Kini, gaya tersebut kembali lagi. Tentu tidak mengherankan bila celana low waist merupakan salah satu gaya khas milennial. 

Skinny jeans

Courtesy of Instagram @mirandakerr
Courtesy of Instagram @mirandakerr

Celana yang mampu membentuk siluet kaki Anda menjadi lebih indah. Berbeda dengan Gen-Z yang sangat menggemari baggy jenas, celana jeans yang satu ini merupakan celana yang sering ditemukan pada penampilan para milenial keren.  


Tote bag

Courtesy of Instagram @ayladimitri
Courtesy of Instagram @ayladimitri

Tas yang dikenal sebagai tas klasik Amerika ini berdesain sederhana dan lebih berfokus pada usability-nya. Tote bag awalnya hanya dikenakan untuk menyimpan barang-barang belanjaan. Seiring berjalannya waktu dan munculnya berbagai varian, tote bag menjadi salah satu benda fashion. Tas bahu ini bisa dikenakan ke mana saja, mulai dari jalan-jalan ke mal, bekerja ataupun berwisata.   


Graphic tee and concert tee

Courtesy of Instagram @ddlovato
Courtesy of Instagram @ddlovato

Generasi milenial memang dikenal sebagai salah satu generasi yang suka bernostalgia dan tampaknya, generasi milenial juga suka bernostalgia hingga zaman sebelum generasi mereka, yakni generasi X pada tahun ‘80-an di mana kala itu band seperti AC/DC, Led Zeppelin hingga penyanyi lainnya seperti Janet Jackson yang sedang dalam puncak popularitas mereka. Selain itu, millenial juga menyukai kaos grafik bergambar. 


Celana palazzo 

Courtesy of Instagram @julstelle
Courtesy of Instagram @julstelle

Celana ini memiliki potongan lebar dari pinggang hingga ke bawah dan bersiluet A-Line. Celana ini merupakan salah satu favorit milenial. Saat dikenakan, Anda akan mendapatkan kesan yang sopan dan chic sehingga bisa digunakan ke berbagai kegiatan. 


Sneakers

Courtesy of Instagram @vanessahudgens
Courtesy of Instagram @vanessahudgens

Sebagai penunjang kenyamanan yang sempurna, sneakers merupakan sepatu yang digandrungi oleh para milenial. Selain memberikan kenyamanan, sepatu ini juga mampu memberikan penampilan yang sporty dan juga boyish


Warna-warna netral

Courtesy of Instagram @nina
Courtesy of Instagram @nina

Selain mengincar kenyamanan, millenial juga dikenal suka dengan gaya pakaian minimalis. Maka dari itu, palet warna netral seperti warna hitam, cokelat dan juga abu-abu sering hadir pada pakaian milenial. Gaya berpakaian dengan warna netral juga akan sangat mendukung penampilan profesional seperti yang para milenial inginkan. 

Baca juga : 

Tampilan Beragam di Fashion Show Brand Pakaian Dalam Milik Rihanna, Savage Fenty Vol. 3

14 Ide Kostum Halloween untuk Pasangan!


(Penulis : Jeslin L. Tang, Foto : Courtesy of Instagram : @beyonce, @nina, @meganfox, @vanessahudgens, @ddlovato, @julstelle, @ayladimitri, @mirandakerr, @marthahunt)