Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Warna Cat Rambut yang Mampu Menutup Uban dengan Maksimal

Semuanya bisa Anda pilih dengan mengetahui warna kulit dan undertone.

Warna Cat Rambut yang Mampu Menutup Uban dengan Maksimal
Courtesy of [email protected]

Saat Anda ingin mengubah tampilan rambut, pasti Anda akan memilih segalanya yang terbaik. Melakukan research yang lengkap untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna dan tidak mengecewakan. Tetapi yang belum banyak orang terapkan dalam memilih tampilan yang sempurna adalah untuk mengetahui warna kulit. Tidak hanya warna kulit tapi juga undertone.

Baca juga: Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

Warna kulit (skintone) dan undertone adalah dua hal yang berbeda dan cukup membutuhkan waktu untuk memastikannya. Sama halnya seperti memilih warna wiasan wajah Anda yang berwarna. Skintone dan undertone adalah kunci dari segalanya, termasuk juga saat Anda ingin memilih warna rambut untuk menutup uban. Simak penjelasan seputar cat rambut di bawah ini, bersama dengan beberapa salon di Jakarta yang berbincang dengan Bazaar.

Apa itu cat rambut?

Cat rambut atau pewarna rambut merupakan salah satu produk kosmetik yang digunakan untuk mewarnai rambut. Produk ini diklasifikasikan ke dalam dua kategori menurut durasinya di rambut, yaitu sementara dan permanen. Klasifikasi ini sesuai dengan jenis bahan aktif yang terlibat dalam proses pewarnaan dan dengan proses pewarnaan itu sendiri, yang biasa dikenal sebagai produk pewarna rambut non-oksidatif dan oksidatif.

Menurut Dotz, co-founder Binkdotz Salon, ada dua jenis cat rambut yaitu natural color/permanen dan fashion color/vivids. Kedua jenis tersebut dapat digunakan untuk berbagai model yang sesuai dengan pilihan Anda secara pribadi. 

Apa saja model cat rambut?

Hal utama yang biasa dilihat orang saat mencari inspirasi di internet adalah model dan juga cat rambut. Apalagi sekarang banyak sekali yang menginginkan tampilan rambut ala Pinterest. Tetapi belum tentu di luaran sana semua orang telah mengetahui apa saja model cat rambut secara luas. Dari yang telah kami rangkum perbincangan bersama Dotz, dan Rica, haircolorist Alui Salon, berikut modelnya: 

1. Highlight 

Model ini menjadi salah satu model cat rambut paling populer di masa ini. Selain dapat memberikan dimensi pada rambut, model highlight juga dapat membuat rambut terlihat bercahaya.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

2. Balayage

Jika dulu rambut ombre sempat menjadi tren, kali ini balayage lebih banyak dipilih. Sedikit perpaduan dari ombre dan highlight yang membuat tampilan rambut hampir keseluruhan.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

3. Peek a Boo

Model rambut ini cocok untuk Anda yang belum begitu berani dengan mengubah rambut secara drastis. Karena peek a boo, memberikan tampilan cat rambut dibawah yang hanya terlihat jika Anda mengangkat rambut.

Courtesy of Instagram @binkdotzsalon
Courtesy of Instagram @binkdotzsalon

4. Babylight

Konsep yang sama dengan model highlight, tetapi menghasilkan cahaya yang lebih halus. Helai rambut yang diambil dari teknik model ini lebih sedikit dari highlight biasa.

Courtesy of Instagram @aluisalon
Courtesy of Instagram @alui.salon

5. Full Solid

Semua orang pasti sudah tahu yang satu ini. Model rambut yang merubah secara keseluruhan dengan satu warna yang sama.

Courtesy of Instagram @kyo1122
Courtesy of Instagram @kyo1122

6. Bang Dye

Mulai dikenal pada saat Jennie Blackpink menggunakannya, model bang dye menjadi salah satu pilihan banyak orang saat karantina di rumah. Selain mudah dan sedikit rambut yang digunakan, tampilan ini cukup akan merubah tampilan wajah Anda.

Courtesy of Instagram @jennierubyjane
Courtesy of Instagram @jennierubyjane

Bagaimana memilih warna yang tepat?

Setelah melihat beberapa gambaran model rambut, Anda akan dilema saat ingin memilih warnanya, karena takut tidak sesuai. Yang perlu Anda lakukan pertama adalah ketahui skintone dan undertone kulit masing-masing. "Untuk pilih warna rambut yang cocok bisa di sesuaikan dengan warna undertone kulit kita. Contoh, pelanggan kita yang kulit-nya warm undertone senang dengan tampilan yang lebih natural dan soft, ia bisa memilih babylight warna mushroom brown atau neutral brown. Ada juga yang senang sama warna yang lebih berani, warna pirang bisa menjadi opsi, tapi untuk pemilihan undertone-nya tidak boleh sampai salah karna bisa membuat warna kulit jadi lebih redup dan pucat," ucap Rica dan tim Alui Salon. 

Ada juga beberapa panduan dari Binkdotz Salon untuk masing-masing warna kulit:

  • Kulit terang (pink/kemerahan): cocok dengan warna ungu, biru, dan hijau, agar warna kulit dan rambut terlihat netral.

Courtesy of Instagram @heybiblee
Courtesy of Instagram @heybiblee
  • Kulit terang (kuning langsat): semua warna akan cocok, karena warna kulit ini bisa tergolong netral.

Courtesy of Instagram @raffinagita1717
Courtesy of Instagram @raffinagita1717
  • Kulit sedang (sawo matang): cocok dengan warna cool tone yang lebih terang.

Courtesy of Instagram @adiniawrst
Courtesy of Instagram @adiniawrst
  • Kulit gelap: cocok dengan warna yang juga gelap untuk memberikan kesan natural pada tampilan kulit.

Courtesy of Instagram @ciara
Courtesy of Instagram @ciara

Namun, di luar itu semua ia mengatakan, "Percaya diri! Karena sebenarnya warna apapun akan cocok kalau Anda percaya diri." 

Warna untuk menutupi rambut uban

Dengan cara pemilihan yang sama, Binkdotz Salon menyarankan bahwa "Uban tidak selalu harus digelapin, bisa juga hanya disarukan dengan warna fashion seperti warna biru, silver, ungu, dan lainnya." Dan menurut Alui Salon, "Favorit kita, warnain uban dengan warna cokelat natural yang tidak menutupi uban 100%. Jadi rambut uban tetap terlihat seperti uban yang memimik rambut babylight, namun ada kilau warna cokelatnya. Warna ini memberi kesan segar dan stylish tetapi tetap cocok untuk yang berusia dewasa," jelasnya. Sehingga menurut kami, hanya ada dua pilihan untuk memilih warna rambut penutup uban yaitu warna fashion dan juga cokelat natural. 

Courtesy of Instagram @alui.salon
Courtesy of Instagram @alui.salon

Pada intinya dalam memilih warna rambut untuk keperluan apapun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu skintone dan undetone kulit.

Baca juga: 

Tren Rambut Musim Dingin 2021 yang Dapat Anda Mulai Pakai

Ini Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit dan Juga Rambut

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], Bazaar US, Instagram @binkdotzsalon, @alui.salon, @kyo1122, @jennierubyjane, @heybiblee, @raffinagita1717, @adiniawrst, @ciara)