Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui Fungsi Moisturizer untuk Seluruh Tubuh dan Kesalahan yang Sering Terjadi

Jangan anggap sepele pemakaian moisturizer!

Ketahui Fungsi Moisturizer untuk Seluruh Tubuh dan Kesalahan yang Sering Terjadi
Courtesy of [email protected]

Moisturizer memang cukup dikenal dengan perawatan kulit wajah, namun keseluruhan kulit tubuh Anda juga memerlukannya. 

Baca juga: Ini Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit dan Juga Rambut

Terkadang karena terlalu mementingkan perawatan wajah yang lebih sering terlihat orang lain, menjadi lebih penting dari bagian tubuh lainnya, salah satunya dalam memakai moisturizer. Tidak disadari, dalam jangka waktu yang lama jika kulit dibiarkan kering dan tidak dirawat, akan menimbulkan masalah kulit yang tidak diinginkan. Umumnya, kulit kita memiliki sifat yang sama, karena itu merupakan lapisan luar yang melindungi tubuh Anda. 

Jangan biarkan kulit Anda tersiksa, hanya karena kebiasaan buruk yang Anda jalani setiap harinya. Untuk menyadari betapa pentingnya menggunakan moisturizer, Bazaar telah merangkum beberapa penjelasan menarik dan penting untuk dibaca, terutama bagi Anda yang terbiasa tidak menggunakan moisturizer.

APA ITU MOISTURIZER

Kembali ke dasar, moisturizer merupakan salah satu perawatan kecantikan yang memiliki fungsi untuk memproteksi dan juga melebapkan kulit. Menurut seorang antusias perawatan kulit, Hyram (dikenal dengan @skincarebyhyram di Instagram maupun TikTok), yang rekomendasinya sempat menjadi tren di seluruh medial sosial dan dunia kecantikan mengatakan, "kandungan di dalam moisturizer cenderung memiliki reputasi berbasis minyak. Tapi saya percaya tidak semuanya harus berbasis minyak. Fungsinya adalah memberikan lapisan pada kulit Anda untuk mencegah keluarnya kandungan air yang ada pada kulit. Ingat apa yang tadi saya katakan, minyak dan air tidak akan pernah bisa bersatu, cara kerjanya sama seperti kelas sains kita," jelasnya.

Perlu Anda perhatikan bahwa produk menghidrasi (hydrate) itu berbeda dengan yang melembapkan (moisturise), tidak sedikit orang keliru pada hal ini. Perbedaanya ada di bahannya, di mana produk yang menghidrasi biasanya berbasis air, hal tersebut yang menjadikan keduanya sangat berbeda. "Menghidrasi kulit hanya akan memberikan tampak kulit yang lebih segar, sehat, dan tidak kering secara instan. Produk ini memang dibutuhkan juga, terutama yang memiliki kulit dehidrasi atau seseorang yang memiliki masalah kulit kurang mengandung air," ucap Hyram.

SARAN PEMAKAIAN

Waktu yang paling penting untuk menggunakan pelembab adalah setelah mencuci muka, mandi, bercukur, atau eksfoliasi. Bagi sebagian orang, mungkin dua kali sehari. Melembabkan setelah mandi sangat penting karena air panas menghilangkan semua kelembapan dan minyak dari kulit Anda, membuatnya kering. Meskipun air panas bisa membuat rileks, air panas juga bisa merusak kulit Anda. Jangan pernah melewatkan pelembap.

Courtesy of Dior Beauty
Courtesy of Dior Beauty

FUNGSI DARI MOISTURIZER

Banyak sekali fungsi yang bermanfaat dari menggunakan moisturizer, tetapi di sini kami akan memaparkan 5 fungsi terpenting yang harus diketahui:

1. Mencegah timbulnya masalah kulit

Masalah kulit yang sering terjadi antara lainnya adalah kering, flek, dan berminyak. Kondisi tersebut pastinya sangat ingin dihindarkan, karena bisa menimbulkan efek lebih lanjut. Seperti kulit yang sangat kering akan bersisik, kulit berminyak akan timbul jerawat, flek akan menjadi kusam, dan masalah kulit lainnya. Sehingga dengan merawatnya dengan moisturizer, itu akan membantu Anda mencegah hal-hal tersebut.

2. Kulit sehat ternutrisi

Kandungan moisturizer kebanyakan bervariasi seperti vitamin A dan B5 untuk mengencangkan dan membangun tingkat kelembapan, anti oksidan vitamin C dan E membantu melindungi kulit baru serta melawan kerusakan kulit, dan kandungan SPF yang melindungi Anda dari garis dan kerutan dini akibat sinar matahari. Pilihlah kandungan yang sesuai dengan keinginan dan jenis kulit Anda.

3. Bebas kusam

Kusam biasanya ditimbulkan dengan banyaknya minyak yang diproduksi oleh kulit kita. Namun, tahukah Anda moisturizer dapat menjadi solusinya? Menurut seorang ahli dermatologi asal Connecticut, Dr. Mona Gohara, "Kulit kita ini pintar dan dapat mendeteksi kekeringan, sehingga banyaknya produksi minyak pada kulit Anda itu mungkin saja karena kulit tahu bahwa mereka akan mengalami kekeringan." Maka dari itu, bagi Anda pemilik kulit berminyak juga penting untuk tetap menggunakan moisturizer.

4. Melembutkan dan merilekskan

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan secara instan adalah melembutkan. Pastinya bagi Anda yang sudah rutin menggunakan pelembap pada wajah ataupun tubuh, akan tahu rasanya kulit kembali menjadi rileks. Sehingga kerutan-kerutan dibagian tertentu seperti siku, lutut, atau pumit akan segera halus dalam itungan menit. 

5. Membantu kulit berfungsi dengan baik

Dengan kembalinya kelembapan kulit Anda, sudah pasti kulit akan berfungsi secara maksimal. Kita bisa mengumpamakan seperti tubuh yang lapar telah menerima makanan dan kembali berenergi. Moisturizer menjadi lapisan perlindungan kulit yang sangat penting dari polutan luar dan faktor lingkungan lainnya. Bonus, bagi Anda penggemar make-up, wajah Anda akan lebih gampang untuk mencampur semua produk yang digunakan dengan natural.

KESALAHAN YANG SERING TERJADI

Disamping pentingnya rutin menggunakan moisturizer, Anda juga harus tahu bagaiman cara pengaplikasian yang benar. Seringkali orang memakai sebuah produk yang penting, tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal karena salah pada proses aplikasinya. Berikut kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan moisturizer.

  • Mengaplikasikan di atas kulit kotor. Setiap menggunakan moisturizer pastikan Anda telah mencuci muka, karena pastinya tidak ada yang menginginkan tidur atau mulai beraktivitas dengan kulit kotor. Dan juga moisturizer tidak akan berfungsi secara optimal.
  • Menggosok terlalu kasar. Tolong aplikasikannya perlahan! dengan menggosok terlalu kasar Anda hanya membuat masalah baru yaitu kerutan. Menggosok terlalu kasar bukan berarti produk yang Anda gunakan akan langsung menyerap ke dalam kulit.
  • Produk tidak sesuai dengan jenis kulit. Selalu ingat bahwa semua jenis kulit orang itu berbeda, bahkan yang satu keturunan darah pun bisa berbeda. Sebagai contoh, bila Anda pemilik kulit yang sensitif hindari kandungan parfum yang dapat memicu timbulnya kemerahan.
  • Mengaplikasikan pada kulit yang kering. Berfungsi untuk kulit kering, tetapi tidak diaplikasikan saat keadaan kering. Setelah mandi atau cuci muka, jangan pet dry kulit Anda. Biarkan kulit sedikit lembap dan langsung gunakan moisturizer untuk mengunci kandungan air pada kulit. 
  • Tidak konsisten. Ini yang merupakan kesalahan dan masalah personal masing-masing orang. Memang cukup sulit untuk menerapkan rutinitas yang tidak disukai (kecuali pecinta dunia kecantikan), karena yang dilakukan akan terasa lama. Pada akhirnya hanya berujung pada ketidakpuasan menunggu dan tidak dilanjutkan. Hindari perilaku ini dan berilah hak kulit Anda (untuk dirawat)!

Baca juga:

Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

15 Serum Wajah yang Ampuh untuk Membantu Menghilangkan Bekas Jewarat

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], Dior Beauty)