Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Memilih Jaket Outdoor yang Pas Beserta Rekomendasinya!

Sebagai pencinta petualangan, jaket merupakan pakaian yang wajib!

Tips Memilih Jaket Outdoor yang Pas Beserta Rekomendasinya!
Layout by Sophie El Fasya

Bagi para penyuka petualangan seperti mendaki gunung ataupun camping di tengah hutan, jaket merupakan salah satu perlengkapan paling penting. Terkesan sepele, namun pakaian yang Anda pilih bisa saja menjadi penentu kenyamanan selama beraktivitas.

Sebab itu, terdapat jaket outdoor yang diciptakan untuk menunjang kegiatan luar ruangan dengan bahan-bahan yang telah disesuaikan menurut tujuan dari masing-masing kegiatan. Untuk itu, terdapat beberapa fitur yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah jaket outdoor: 


Breathability

Untuk jaket outdoor, sangat penting memilih jaket dengan bahan breathable. Kain breathable ini tidak akan membuat gerah karena memiliki sirkulasi udara baik yang mampu air serta keringat menguap lewat pori-pori kain dan juga mencegah air dari luar untuk meresap, membuat Anda lebih nyaman saat menjalankan aktivitas. Apabila jaket tidak memiliki kemampuan breathable yang tinggi, pakaian Anda akan cepat lembap dan hal tersebut akan menyebabkan kedinginan. 


Tahan Air

Kondisi alam yang tidak bisa ditebak membuat Anda harus selalu mengantisipasi dengan jaket tahan air. Terlebih pegunungan yang cenderung lebih lembab dapat meningkatkan resiko basah. Tentunya beraktivitas dalam kondisi tubuh yang basah tidak nyaman. Di samping itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan hipotermia. Di mana suhu badan Anda turun drastis hingga di bawa 35 derajat celcius, menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan organ tubuh lainnya.


Mobilitas

Jaket outdoor yang nyaman biasanya adalah jaket yang ringan dan dapat memudahkan pergerakan. Penting untuk memerhatikan ukuran dari jaket agar pas di tubuh Anda. Jaket yang kebesaran akan meninggalkan terlalu banyak ruang bagi tubuh dan juga jaket Anda yang dapat mengurangi keefektifan jaket tersebut, sementara jaket yang terlalu ketat juga mampu menghalangi kebebasan bergerak. Sebab itu, Anda perlu memerhatikan ukuran dari jaket dan mempertimbangkannya bersama dengan dalaman yang akan Anda kenakan. 


Durabilitas

Banyaknya pergerakan di alam lepas tidak menutup kemungkinan akan bergesekan dengan ranting ataupun bebatuan yang akan membuat jaket robek. Untuk mencegah robekan, sebaiknya memilih jaket berbahan kain tahan abrasi. 


Warna

Courtesy of Instagram @jackwolfskin

Warna gelap cenderung akan menyerap lebih banyak cahaya matahari, dan membuat Anda lebih cepat kepanasan. Pilihan yang lebih baik untuk beraktivitas di luar adalah warna terang karena mampu memantulkan cahaya dan membuat Anda lebih mudah dikenali. Namun, meski demikian, Anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi Anda. 


Setelah Anda tahu apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli jaket outdoor, berikutnya Bazaar akan memberikan rekomendasi jaket outdoor yang pastinya fashionable untuk Anda. 

Forester Adventure, Rp. 325,000 

Courtesy of Forester Adventure

Selain dapat menjaga Anda tetap hangat dan nyaman dengan bahannya yang didesain khusus untuk aktivitas luar ruangan, jaket ini juga dilengkapi dengan empat kompartemen yang dapat memudahkan Anda. Selain itu, untuk mengelevasi pakaian ini agar lebih fashionable, Anda bisa memilih warna yang sedang tren tahun ini, yakni lilac. 

Savana, Rp. 350,000

Courtesy of Lazada

Berbahan dasar taslan yang tahan air dan didesain dengan durabilitas yang pas untuk Anda yang aktif bergerak. Jaket ini juga terdiri atas kombinasi warna yang terang sehingga mampu menambah kesan ceria dan juga aman kepada Anda. 


Pull & Bear Rp. 449,000 

Courtesy of Pull & Bear

Jaket ini terbuat dari bahan 100% polyester yang tahan panas dan juga anti air, sehingga Anda bisa beraktivitas dengan tenang. Selain itu, luaran ini juga memiliki desain yang sporty dengan kombinasi warna netral yang mampu membuat Anda tampak lebih fashionable. 


Eiger, Rp. 519,000

Courtesy of Eiger

Dengan bahan yang memiliki fitur windblock, jaket ini memang dirancang secara anatomi untuk aktivitas seperti trekking ataupun perjalanan ke tempat dengan suhu yang lebih rendah. Selain memiliki penutup kepala dan dilengkapi dengan enam saku, jaket ini mampu Anda kreasikan dengan preferensi Anda melalui gaya lengan yang dapat diatur dan juga adjuster di bawah jaket.  

Zara, Rp. 629,900

Courtesy of Zara

Quilt merupakan salah satu tren terbesar untuk musim Fall/Winter tahun ini. Jaket rompi dari Zara ini didesain untuk tahan air dan angin, selain itu, katalog yang satu ini juga tidak akan menghalangi pergerakan lengan Anda. Terlebih, Anda bisa lebih bebas dalam melakukan padu padan dengan dalaman yang Anda pilih. Adapun rompi ini dapat dikenakan untuk bersepeda juga.  


Uniqlo, Rp. 899,000 

Courtesy of Uniqlo

Dari tampilannya yang berdetail quilt, jaket ini sekilas tampak cukup tebal. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jaket ini didesain setipis mungkin untuk menangkal dingin dan menunjang kenyamanan Anda selama beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, kerahnya berpotongan turtle neck, salah satu gaya busana yang masih tren hingga sekarang mampu menjaga Anda tetap dalam gaya sembari beraktivitas. 

Adidas by Stella McCartney, Rp. 3,042,000 

Courtesy of Adidas By Stella Mccartney, Farfetch

Dengan fitur yang dapat menyerap keringat serta neckline yang tinggi, jaket kolaborasi antara Adidas dan label mode Stella McCartney ini mengutamakan kenyamanan tanpa melupakan aspek stylish bagi para penggunanya. Jaket ini cocok dikenakan untuk bersepeda dan juga aktivitas berat lainnya. 


Paco Rabanne, Rp. 7,776,400 

Courtesy of Paco Rabanne, Luisaviaroma

Ingin tampil totalitas selama kegiatan? Jaket ini adalah pilihan yang tepat. Selain berbahan polyester yang tahan panas dan air, jaket ini juga mengusung tren metalik yang glamor dan mampu menjadikan Anda pusat perhatian. 


Moncler, Price upon request 

Courtesy of Moncler

Dengan siluet shift dan layering yang menyenangkan serta panjang melampaui lutut, jaket dari Moncler ini siap untuk menemani perjalanan Anda melawan badai dan hujan yang menyerang atau sekadar tampil stylish untuk berbelanja. 

Baca juga : 

Rekomendasi Sweater Crop dan Tips Padu Padan Buat Beragam Bentuk Tubuh

Model Ikat Pinggang Rancangan Desainer yang Bisa Anda Beli

(Penulis: Jeslin L Tang, Layout : Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Eiger, Forester, Luisaviaroma, Farfetch, Zara, Pull & Bear)