Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Dessert Dingin yang Menyegarkan untuk Hari yang Panas

Dari classic ice cream sundae, sorbet buah, hingga watermelon sherbet, menawarkan cara menyejukkan diri yang menyenangkan dan menyegarkan!

8 Dessert Dingin yang Menyegarkan untuk Hari yang Panas

Di hari-hari yang panas, tidak ada yang lebih nikmat daripada menyantap seporsi dessert dingin (atau lebih, jika Anda mau) yang bisa memberikan rasa kelegaan dan kesejukkan di dalam tubuh, sekaligus bisa memuaskan selera manis Anda. Bayangkan ice cream dengan topping buah-buahan segar dan saus di atasnya, atau seporsi parfait dingin di cuaca yang terik dan panas. Sungguh terasa sangat nikmat dan menyegarkan, bukan?

Berikut ini Bazaar memiliki pilihan menu dessert dingin yang menyegarkan dan mudah dibuat, cocok untuk menyejukkan diri Anda di hari yang panas. 

1. Classic Ice Cream Sundae

Classic ice cream sundae adalah dessert dingin terfavorit sepanjang masa! Makanan penutup dingin satu ini memiliki rasa manis klasik yang pasti disukai semua orang. Classic ice cream sundae biasanya terdiri dari es krim vanilla yang diberi saus atau sirup rasa cokelat atau stroberi, dengan tambahan topping buah ceri dan meses warna-warni di atasnya. Kombinasi semuanya menjadikannya pilihan dessert dingin terbaik untuk hari yang panas!


2. Sorbet Buah

Sorbet buah dingin bisa menjadi alternatif es krim yang menyegarkan dan lebih ringan. Sorbet buah biasanya terbuat dari jus buah yang dibekukan, tanpa tambahan susu atau krim, sehingga memiliki rasa yang lebih dominan segar dari buah asli. 

Beberapa buah-buah yang sering dibuat menjadi sorbet buah termasuk lemon, mangga, stroberi, dan rasberi. Anda dapat membuat sajian sorbet buah dingin sendiri di rumah menggunakan jus buah segar dan membekukannya selama beberapa jam sebelum disantap. 


3. Raspberry-Yoghurt Popsicle

Popsicle, atau sering disingkat dengan sebutan pops, adalah dessert dingin berbentuk stick. Popsicle bisa terbuat dari susu, yoghurt, dan jus buah, atau campuran semuanya yang dibekukan pada wooden stick

Raspberry-yoghurt popsicle adalah dessert dingin yang terbuat dari campuran buah raspberry dan yoghurt yang dihaluskan lalu dibekukan dalam cetakan khusus dengan wooden stick ditengahnya selama beberapa jam sebelum disantap. 

4. Ice Cream Sandwich

Pada dasarnya, ice cream sandwich adalah sajian dessert dingin yang terdiri dari es krim yang diletakkan di antara dua roti tawar, biskuit, cookies, atau wafer lembut. Anda dapat memilih rasa es krim sesuai selera Anda, baik itu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan lainnya. 


5. Salad Buah Dingin

Untuk sajian hidangan penutup dingin yang praktis, salad buah dingin adalah pilihan yang paling tepat! Anda hanya tinggal mencampurkan greek yoghurt dengan potongan buah-buahan segar seperti stroberi, anggur, kiwi, apel, dan melon—atau, buah apapun yang Anda suka. Untuk menambah rasa segar, Anda bisa beri sedikit perasan jeruk nipis dan daun mint. Salad buah dingin ini tidak hanya menyejukkan tubuh Anda, tetapi juga menawarkan sejumlah vitamin dan antioksidan yang menyehatkan.


6. Fruit Yoghurt Parfait

Parfait bisa menjadi pilihan dessert dingin terbaik untuk hari-hari yang panas! 

Parfait adalah hidangan penutup berlapis yang biasanya disajikan dalam gelas ramping tinggi. Versi klasik parfait biasanya tersusun dari granola atau puding, yoghurt, kacang-kacangan, minuman beralkohol, whipped cream atau ice cream, dan potongan buah-buahan sesuai selera—biasanya rasberi, blueberry, atau stroberi. 

Tetapi, Anda bisa berkreasi dalam membuat parfait versi Anda sendiri. Misalnya saja, fruit yoghurt parfait yang terdiri dari perpaduan lembut puding dengan buah-buahan segar dan yoghurt. Di lapisan bawah, Anda bisa meletakkan puding vanila lembut, lalu beri sedikit plain yoghurt di atasnya, beri potongan rasberi, tambahkan lagi sedikit plain yoghurt, dan akhiri dengan potongan blueberry di lapisan paling atas. Rasanya sungguh nikmat dan menyegarkan! 


7. Granita Lemon Mint

Granita adalah suguhan yang menyegarkan dan beraroma mint untuk dinikmati di musim panas. Granita adalah hidangan penutup dingin dan manis yang mirip dengan sorbet, tetapi dengan tekstur yang lebih kasar. Granita terbuat dari campuran air, gula, dan buah atau pemberi rasa lainnya, yang dibekukan. 

Granita lemon mint terbuat dari campuran air lemon, daun mint, sedikit gula, dan air, lalu bekukan dalam wadah. Setelah setengah jam, keluarkan wadah dari freezer dan kikis dengan garpu untuk mendapatkan tekstur yang sedikit lebih kasar. Lanjutkan lagi membekukan granita lemon mint di dalam freezer, lalu ulangi cara yang sama setelah 30 menit kemudian. Barulah setelah itu, bekukan selama 1 sampai 2 jam sebelum dinikmati. 


8. Watermelon Sherbet

Sedikit berbeda dengan sorbet, sherbet mengandung sedikit lemak susu—tidak sebanyak kandungan lemak susu pada es krim—yang membuatnya memiliki tekstur yang sedikit creamy dengan rasa manis dan asam buah yang tidak terlalu dominan. 

Watermelon sherbet terbuat dari campuran air, gula, buah semangka, air lemon, perasa vanila, dan sedikit susu atau bisa diganti dengan plain yoghurt. Watermelon sherbet ini adalah hidangan penutup dingin yang menyegarkan dan nikmat di cuaca yang panas. 

Itulah beberapa pilihan menu dessert dingin yang menyegarkan dan mudah dibuat. Dari classic ice cream sundae, sorbet buah, hingga watermelon sherbet, menawarkan cara menyejukkan diri yang menyegarkan dan bisa memuaskan selera manis Anda di hari-hari yang panas. 

(Photo teaser by Nadin Sh / Pexels)