Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Perhiasan Ikonis yang Akan Anda Kenang Selamanya

Dari gelang Cartier Love hingga gelang tenis Boodles, ini adalah perhiasan klasik yang akan bertahan seumur hidup.

10 Perhiasan Ikonis yang Akan Anda Kenang Selamanya
Courtesy of BAZAAR UK

Yves Saint Laurent pernah berkata, "mode akan berganti, tetapi gaya tetap abadi." Ketika anda menyusun koleksi perhiasan yang akan menemanimu seumur hidup, ingatlah bahwa beberapa hal benar-benar tidak pernah ketinggalan zaman. Bahkan, beberapa perhiasan klasik telah melampaui waktu, mencapai status ikonis dan kemampuan untuk memberikan sentuhan elegan pada setiap pakaian.

BACA JUGA: Bagaimana Perhiasan Batu Giok Menjadi Sebuah Simbol Harapan

Dengan musim liburan yang semakin dekat, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memanjakan diri atau orang yang Anda cintai dengan perhiasan yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan mendatang. Kreasi-kreasi ini, disukai oleh semua orang dimulai dari ikon Hollywood hingga keluarga kerajaan, akan selalu menjadi investasi yang bijaksana.

Jadi, berikanlah hadiah keabadian musim ini dengan perhiasan mewah yang mampu membawa kegembiraan selama puluhan tahun. Berawal dari gelang Cartier Love yang mudah dikenali hingga mutiara klasik Chanel, berlian stud De Beers, dan Lucky Talisman Alhambra Van Cleef & Arpels, berikut adalah 10 perhiasan istimewa yang dapat Anda beli sekarang dan kenakan selamanya. 

Desain Perhiasan Paling Ikonis dalam Sejarah

1. Jam Tangan Cartier Tank 

Courtesy of BAZAAR UK

Diperkenalkan pada tahun 1919, jam tangan Tank telah dinamai berdasarkan kendaraan lapis baja yang berkeliaran di medan perang Perang Dunia I, tetapi kesederhanaan desainnya terinspirasi oleh pandangan mata burung dari tank pertama, yang memiliki trek mengelilingi tubuhnya. Sejak saat itu jam tangan Tank memiliki pengikut yang setia.

Penggemarnya termasuk Yves Saint Laurent, Andy Warhol, Jackie Kennedy, Diana, Putri Wales, dan, baru-baru ini,Meghan, Duchess of Sussex.

2. Liontin Tiffany & Co. Open Heart

Courtesy of BAZAAR UK

Perancang Italia yang inovatif, Elsa Peretti, bergabung dengan Tiffany & Co. pada tahun 1974. Perhiasan yang ia ciptakan untuk Tiffany & Co. begitu modern sehingga masih terlihat relevan dan bergaya hampir setengah abad kemudian.

Potongan-potongan Peretti yang fluid dan struktural (seperti Bone Cuff, liontin Bean, dan kalung Scorpion yang berartikulasi) menarik minat gelombang wanita yang berani dan kuat seperti dirinya, termasuk Catherine Deneuve, Sophia Loren, dan Liza Minelli, yang menyukainya karena "sangat sensual, sangat seksi".

Salah satu desain Peretti yang paling mudah dikenali dan disukai adalah liontin Open Heart. Berbentuk hati yang ramping dan bergaris dengan pusat terbuka, terinspirasi oleh "Empty Spaces" dari patung Henry Moore. Liontin ini dapat menjadi sebuah pembukaan percakapan yang menarik dan, aksesori tersebut mempunyai sejarah desain ikonik, apakah dikenakan sendiri atau dilapis dengan perhiasan emas lainnya.

3. Anting Mutiara Chanel

Courtesy of BAZAAR UK

Dihiasi dengan keanggunan dan poise, mutiara adalah perhiasan yang sempurna untuk menambahkan sentuhan elegan pada setiap pakaian. Begitulah sehingga Coco Chanel pernah menyatakan bahwa seorang wanita "harus memiliki tumpukan dan tumpukan" mutiara.

Meskipun pakaiannya dianggap minimalis dan sporty pada masanya, Chanel sendiri menyukai perhiasan teater, dan memang terkenal dengan mengenakan tumpukan mutiara imitasi bersama dengan untaian mutiara asli. Gaya Chanel membuat rumah mode-nya identik dengan permata berkilau, dan mereka masih menjadi motif utama Chanel hampir seabad kemudian.

Anting mutiara adalah cara brilian untuk menghadirkan sentuhan kehidupan dan luminositas pada wajah Anda. Kreasi emas putih dan mutiara laut Chanel dilengkapi dengan tetesan mutiara budidaya yang dapat dilepas, menjadikannya tambahan yang dapat diubah dan mewah untuk kotak perhiasan apa pun.

4. Kalung Van Cleef & Arpels Alhambra

Courtesy of BAZAAR UK

Mengingatkan pada quatrefoil Moorish tradisional (pola dengan empat lingkaran yang tumpang tindih) atau lucky four leaf clover, kalung Alhambra Van Cleef & Arpels pertama kali diluncurkan pada tahun 1968 dan dinamai berdasarkan Alhambra Palace, Spanyol yang memiliki lengkungan semi-sirkular ikonik.

Desain tersebut memulai debutnya sebagai opera-length chain dengan 20 motif berbentuk four-leaf clover, masing-masing dibingkai dengan hiasan manik-manik emas. Kemudian, batu semi-mulia berwarna-warni, seperti turquoise, malachite, koral,dan lapis lazuli, diperkenalkan pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Saat ini, Alhambra adalah ciri khas Van Cleef yang mudah dikenali. Perhiasan ini terus  disegarkan dengan batu-batu baru serta sentuhan desain yang unik, memastikannya menarik bagi pencinta perhiasan modern dan kolektor klasik. Ambilah inspirasi dari penggemar Alhambra Hollywood, seperti Grace Kelly dan Romy Schneider, dan gunakanya untuk menambah kilau instan pada setiap penampilan siang hari.

5. Jam Tangan Bvlgari Serpenti

Courtesy of BAZAAR UK

Lentur dan sensual, ular telah menjadi simbol perhiasan Italia Bulgari sejak pertama kali muncul dalam bentuk jam tangan dan gelang berbentuk ular pada tahun 1940-an.

Pada awal tahun 60-an, jam tangan Serpenti menjadi terkenal ketika Elizabeth Taylor difoto mengenakan jam tersebut di lokasi syuting Cleopatra, film di mana ia menjadi aktris pertama yang mendapatkan kontrak senilai satu juta dolar.

Serpenti telah menjadi desain ikonik sejak saat itu, dan sekarang tampak desain tersebut dapat ditemukan merayap di koleksi besar tas, perhiasan,dan jam tangan Bulgari. Iterasi terbarunya yang paling mewah adalah jam tangan Serpenti Spiga, yang menampilkan gelang berlian berunsur grafik terinspirasi oleh desain arsip.

6. Gelang Tenis Berlian Boodles

Courtesy of BAZAAR UK

Gelang berlian ramping ini telah ada sejak tahun 1920-an tetapi menjadi terkenal berkat pemain tenis Chris Evert, yang memakainya saat naik pangkat dalam jajaran profesional pada tahun 1970-an.

Kesederhanaan elegan dari sederet berlian inilah yang membuat perhiasan ini menjadi sebuah hard-working piece. Tennis bracelet Boodles dapat terlihat chic dengan gaun koktail atau setelan jas serta T-shirt dan jeans. Boodles mengambil desain klasik menjadikan perhiasan pokok kotak perhiasan yang sempurna. Bahkan gelang ini dilengkapi dengan charm bola tenis kecil sebagai anggukan untuk asalnya.

7. Gelang Cuff Piaget

Courtesy of BAZAAR UK

Awalnya seorang watchmaker, Piaget memperoleh goldsmithing workshop pertamanya pada tahun 1961. Sejak itu Piaget telah menghasilkan perhiasan emas yang indah, taktil dan sensual dengan batu hias seperti lapis, malachite, dan opal untuk melengkapi jam tangan elegannya.

Selalu terinspirasi oleh warna-warna Mediterania, gelang emas Piaget yang dapat ditumpuk membawa sentuhan kehangatan cerah kepada apapun yang Anda kenakan dengannya.

8. Anting Cluster Harry Winston

Perhiasan Amerika, Harry Winston, mendirikan rumah eponimnya pada tahun 1932, dan terus menjadi terkenal berkat keahliannya untuk menangani beberapa berlian paling terkenal di dunia.

Sebagai 'Raja Berlian', Harry menjadi rumah perhiasan pertama yang meminjamkan berlian kepada seorang aktris (Jennifer Jones, yang dinominasikan untuk perannya dalam film Songs of Bernadette) untuk Academy Awards pada tahun 1944. Kilauannya telah terlihat di karpet merah di seluruh dunia semenjak saat itu. Marylin Monroe bahkan menyebutnya dalam lagunya Diamonds Are a Girl's Best Friend, dari film Gentlemen Prefer Blondes. Teknik khas Harry Winston muncul pada tahun 1940-an, ketika ia menggabungkan berlian pear dan marquise-cut pada sudut yang bervariasi untuk menciptakan 'cluster' brilian. Cluster tetap menjadi ciri khas perhiasan hingga saat ini, dan penggemarnya menyukainya karena kilauan intensnya - seperti yang terlihat pada A-listers seperti Jennifer Lopez, Charlize Theron, Margot Robbie, Helen Mirren, dan Natalie Portman.

9. Gelang Cartier Love

Courtesy of BAZAAR UK

Gelang Love adalah salah satu perhiasan yang paling dicari di Google, dan dengan alasan yang baik; ini adalah perhiasan ikonis yang mudah dipakai dan dipenuhi dengan pesan romantis yang mendasar.

Dibuat oleh perancang perhiasan Italia Aldo Cipullo untuk Cartier pada tahun 1969, gelang tersebut dimaksudkan sebagai 'modern handcuff' untuk pria atau wanita: bentuk ovalnya duduk sedekat mungkin dengan kulit dan diamankan di sekitar pergelangan tangan Anda dengan sekrup kecil untuk menandakan keabadian cinta sejati.

Dikatakan bahwa ketika gelang tersebut pertama kali diluncurkan, Cartier menghadiahkan pasangan gelang tersebut kepada beberapa pasangan paling terkenal di abad ke-20, termasuk Duke dan Duchess of Windsor; Elizabeth Taylor dan Richard Burton; Ali MacGraw dan Steve McQueen; dan Sophia Loren dan Carlo Ponti.

Lebih dari 50 tahun kemudian, gelang tersebut masih sangat populer, dikatakan rumah sakit New York menyimpan obeng Love mini untuk berjaga-jaga jika mereka perlu melepas gelang dari pasien dalam keadaan darurat.

10. Anting-anting Stud Berlian De Beers

Courtesy of BAZAAR UK

Sepasang anting-anting berlian klasik adalah perhiasan yang setara dengan Little Black Dress: bergaya tanpa usaha dan cara yang gagal untuk meningkatkan tampilan apa pun. Apa pun yang Anda pasangkan dengannya – baik itu setelan kerja, denim, atau jumper kasmir – mereka akan menambahkan kilau instan. 

BACA JUGA: 
Bagaimana Cara Mengubah Perhiasan yang Sudah Tak Lagi Anda Kenakan dan Mengubahnya Menjadi Sesuatu yang Anda Sukai
Rekomendasi Perhiasan Berwarna Emas dari Brand Lokal

(Penulis: Kim Parker; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)