Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Cara Mengubah Perhiasan yang Sudah Tak Lagi Anda Kenakan dan Mengubahnya Menjadi Sesuatu yang Anda Sukai

Bazaar menyajikan panduan lengkap untuk Anda agar dapat kembali menggunakan warisan atau sebuah aksesori lama.

Bagaimana Cara Mengubah Perhiasan yang Sudah Tak Lagi Anda Kenakan dan Mengubahnya Menjadi Sesuatu yang Anda Sukai
Courtesy of BAZAAR UK

Kita semua pasti melakukan hal ini, tetap menyimpan pakaian dan aksesori yang sudah jarang kita kenakan, dan tidak ada yang lebih menunjukkan hal ini lebih dari kotak perhiasan Anda. Apakah itu cincin yang diturunkan kepada Anda atau sepasang anting yang Anda rasa tidak lagi sesuai dengan gaya Anda, sangat umum untuk mempertahankan perhiasan yang sebenarnya tidak Anda pakai namun enggan untuk memberikannya, sering kali karena itu menyimpan nilai sentimental. Tetapi, seperti halnya lemari pakaian, meskipun menggunakan apa yang sudah Anda miliki dan berinvestasi di dalamnya merupakan kebiasaan yang bagus, mengubah sesuatu yang sudah menjadi tumpukan debu menjadi bagian dari keseharian Anda yang Anda hargai setiap hari, dan ini begitu mudah dilakukan terlebih lagi menyangkut perhiasan.

“Tidak ada gunanya memiliki perhiasan yang disimpan dalam laci dan tidak pernah dipakai, hanya karena modelnya tidak lagi tepat untuk Anda,” ucap Emma Clarkson Webb, seorang desainer yang berasal dari London yang memiliki keahlian dalam berlian dan semi-precious sontes, dan yang sering membantu klien mengubah pusaka lama menjadi sesuatu yang lebih cocok untuk mereka. “Kami menemukan bahwa banyak orang gugup mendesain ulang perhiasan vintage karena mereka merasa bahwa itu merupakan perpisahan dengan sejarah yang melekat pada hal tersebut, serta sentimentalitasnya, tetapi ini salah. Kami masih bisa menciptakan sesuatu yang baru dan indah dengan tetap menghormati yang asli.”

Faktanya, dengan begitu banyak pilihan berbeda yang tersedia untuk kembali menggunakan perhiasan, Anda dapat mengubah sebanyak atau sesedikit yang Anda suka, berpegang pada aspek sentimental tertentu, sambil tetap membuat perhiasan itu lebih sesuai untuk Anda.

“Ketika datang untuk mengerjakan ulang heirlooms menjadi perhiasan baru, terkadang, kami hanya memperbarui bagian tersebut, menciptakan versi yang lebih modern dan dapat dikenakan dari desain yang ada,” kata perhiasan Rachel Boston. “Dengan proyek lain, kami akan melakukan transformasi sepenuhnya, di mana kami menggunakan kembali batu permata dan logam, dan juga dapat melengkapi dengan batu permata yang baru, tergantung pada arah desain yang dipilih klien kami.”

   

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Dan tentu saja, bahkan jika Anda benar-benar mengerjakan ulang karya tersebut, Anda masih dapat menyimpan beberapa bagian dari karya aslinya, seperti kembali ukiran pada batu, atau bahkan menambahkan elemen baru yang merupakan ode yang berasa dari sejarahnya, yang merupakan pilihan sempurna jika Anda begitu khawatir tentang kehilangan sifat sentimental dari desainnya. Bagaimanapun, menciptakan sesuatu yang akan Anda hargai daripada membiarkannya mengendap di laci selama bertahun-tahun merupakan cara yang bagus untuk menghormati perhiasan dan siapa pun atau apa pun yang mengingatkan Anda.

"Saya tidak terlalu senang dengan kenyataannya kalau segala perhiasan dan warisan ini hanya terbengkala tak pernah tersentuh di dalam brankas, di mana, sebenarnya perhiasan tersebut dapat menjadi apapun yang Anda inginkan – ini merupakan harta karun yang harus dihargai, dan dinikmati sesering mungkin," tutur Olivia Young, founder dari label perhiasan mewah, Ouroboros.

Ada banyak kegunaan lain untuk mengenakan kembali perhiasan lama Anda daripada membeli sesuatu yang baru, yang terpenting adalah seberapa efektif biayanya, terutama jika Anda akan menggunakan semua elemen dari perhiasan asli. Menghilangkan banyak sekali keperluan ekstra. Dan apabila Anda menggunakan bahwan asli, maka Anda hanya membayar biaya desain dan biaya produksi, yang tentu saja sangat menurunkan harga perhiasan pesanan Anda, dan mungkin membuat opsi ini terjangkau bagi Anda untuk pertama kalinya.

         

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Keuntungan lainnya dari hal ini adalah Anda menggunakan kembali bahan dari perhiasan lama Anda. Memanfaatkan batu dan logam yang telah diproduksi secara maksimal adalah pilihan yang jauh lebih sustainable daripada memulai dari awal. Hanya sedikit biaya yang Anda keluarkan untuk "membayar" terhadap lingkungan, Anda tidak mengambil batu dari tambang, sementara Anda juga menghilangkan banyak biaya transportasi lingkungan, yang akan Anda dapatkan dengan sesuatu yang baru.

Proses menata ulang batu juga bisa menjadi proses yang menyenangkan dan kreatif, memberi Anda kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar unik bagi Anda.

“Jenis kegiatan ini adalah beberapa aktivitas favorit kami,” kata Boston. “Ini adalah tantangan kreatif yang hebat untuk memberikan suatu kehidupan baru ke dalam karya lama, dan bekerja dengan benda-benda sentimental seperti itu begitu menyenangkan.”

Ada juga keuntungan untuk menciptakan sesuatu yang dipesan lebih dahulu dengan batu antik, daripada sesuatu yang baru, jelas Rachel. “Batu permata antik memiliki karakter nyata – dan kontras antara potongan lama dan baru, tampak sangat halus dan elegan.”

“Batu antik biasanya dipotong dengan tangan sehingga bentuknya tidak beraturan tetapi dengan punggung yang dalam dan karakteristik yang menarik,” tambah desainer Jessie Thomas. “Mereka tidak sempurna tetapi itulah mengapa mereka begitu menarik dan layak digunakan kembali.”

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Jadi, jika Anda memiliki perhiasan yang ingin Anda gunakan kembali, Anda mungkin bertanya-tanya hal apa yang dapat dilakukan – dan, kemungkinannya mungkin akan mengejutkan Anda.

“Pilihan Anda tidak terbatas dalam apa yang dapat Anda buat,” jelas desainer perhiasan Sophie Keegan, yang pernah membuat satu set cincin dari bros klien, yang diturunkan dari sang nenek. "Begitu batu-batunya dihilangkan dan emasnya telah dilebur, Anda memiliki awal yang benar-benar baru untuk menciptakan perhiasan impian Anda."

Apabila Anda memiliki cincin yang ingin Anda ubah menjadi sepasang anting atau kalung, ini juga mudah, jelas Olivia: “Tergantung pada jumlah permata, itu hampir selalu dapat diubah menjadi sesuatu yang lain – terkadang ini membutuhkan sumber batu permata yang serupa dan juga pembuatan yang cerdas untuk membuatnya serasi, tapi itu selalu mungkin.”

     

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Sementara itu, jika Anda sebenarnya bukan penggemar bentuk batu permata, ini juga dapat diubah sepenuhnya (yang juga merupakan pilihan bagus jika rusak atau terkelupas).

“Jika Anda memiliki batu tua yang bisa dipoles atau bahkan dibentuk ulang, ini selalu sangat menarik,” kata pendiri Minka Jewels, Lucy Crowther. “Saya bekerja dengan pemotong batu yang brilian, jadi selalu menyenangkan memikirkan bagaimana kita bisa sedikit mengubahnya.” 

 Meskipun batu permata apa pun dapat digunakan, bagian yang paling mudah untuk digunakan kembali adalah batu-batu besar, Jessia menjelaskan, ”Batu-batu itu cepat dihilangkan, dan nilainya sering kali disimpan di batu besar daripada beberapa batu kecil.”

“Penting juga untuk diingat bahwa Anda tidak harus menggunakan kembali semua batu sekaligus,” tuturnya. “Saya pikir orang sering terjebak pada hal itu; Anda dapat memilih apa yang Anda ambil untuk digunakan dalam desain baru, terkadang itu hanya satu batu, dan kemudian Anda dapat menyimpan semua yang lain untuk bagian lain di masa mendatang.”

Pada akhirnya, apakah Anda ingin melakukan sedikit atau banyak perubahan, penting untuk melakukan penelitian mendalam sebelum menetapkan pilihan. Cari tahu apa yang ingin Anda buat dan cari pengrajin perhiasan andal, yang gayanya Anda kagumi.

“Luangkan waktu untuk melihat semua perhiasan Anda, benar-benar pahami setiap batu permata dan mengapa itu mempunyai nilai sentimental bagi Anda,” jelas Olivia. “Lakukan riset Anda – lihat banyak perhiasan yang Anda sukai, jelajahi daerah perhiasan di tempat Anda tinggal untuk menarik perhatian Anda dan kumpulkan beberapa gambar. Lihat secara online dan juga di Instagram.”

"Begitu Anda memiliki ide tentang apa yang Anda inginkan, segera beranjak ke butik perhiasan - mereka akan memandu Anda melalui ide-ide Anda dan menyempurnakannya dengan beberapa ide mereka sendiri."

Penulis: Amy De Klerk; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman, Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of BAZAAR UK