Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Maria Sharapova Masih Melakukan Apa yang Ia Cintai

Mantan atlet tenis terbaik di dunia berbicara kepada Bazaar seputar tenis, karier barunya, dan apa yang ia harapkan dari ajang U.S Open.

Maria Sharapova Masih Melakukan Apa yang Ia Cintai
Courtesy of Bazaar US

Pada bulan Februari 2020, petenis profesional asal Rusia ini mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari dunia tenis profesional.

Saat itu, di usianya yang baru 32 tahun, ia telah mengantongi total 36 gelar, termasuk lima gelar utama, masing-masing satu dari Australian Open, Wimbledon, U.S. Open, serta dua gelar di French Open. Sampai saat ini, ia masih menjadi salah 1 dari 10 wanita, dan satu-satunya petenis kelahiran Rusia, yang berhasil meraih gelar grand slam dalam kariernya.

BACA JUGA: Foto Saat Kate Middleton Bermain Tenis dengan Emma Raducanu

2
Courtesy of Bazaar US

Maria berhenti dari olahraga yang dicintainya karena ia sudah tak lagi berada di puncak performa terbaiknya. Cedera yang dialaminya selama bertahun-tahun di lapangan telah menjadi rasa sakit yang tak henti-hentinya, serta ia tak dapat bersaing dengan pencapaiannya yang terdahulu. Namun, ia masih memiliki seluruh hidupnya di depan mata.

Setelah pandemi COVID-19, Maria mengikuti jejak para atlet profesional sebelumnya dan mengambil langkah natural yaitu menjadi duta merek olahraga dan kesehatan. Ia sekarang menjadi anggota dewan direksi merek fashion Moncler, dan terus mendukung label fashion lainnya, seperti Nike dan Evian. Ia juga berkolaborasi dengan berbagai perusahaan start-up, termasuk Therabody dan Tonal.

U.S. Open tahun ini menandai peristiwa besar bagi Maria, yang sekarang berperan sebagai pendukung dan penonton, menghormati olahraga yang sangat dikenalnya dengan aksinya sendiri.

Bersama Evian, sang atlet meluncurkan lapangan tenis terapung pertama di Pelabuhan New York. Maria akan bermain bersama para penggemar di lapangan ini, dan disiarkan di layar besar yang juga menayangkan pertandingan U.S. Open sehingga dapat disaksikan para penonton sambil berlayar.

Courtesy of Bazaar US

Kapal tersebut akan lepas jangkar pada 10 September, dan menjelang acara penting tersebut, Bazaar berbincang dengan Maria tentang kondisi tenis saat ini, kehidupannya di luar lapangan, dan apa yang ia nantikan di musim ini.

Apa yang Anda rasakan ketika melihat tenis sebagai pengamat, dan bukan pemain?

Saya menyukai olahraga ini.

Saya masih sering menonton pertandingan. Ketika saya di rumah dan ada pertandingan, saya biasanya menyetelnya di televisi dan melanjutkan hari. Saya menyukai tahap yang saya jalani, jadi saya benar-benar menghargai intensitas dan fokus yang dimiliki oleh para atlet ini.

Saya sangat memahami apa yang mereka lalui secara fisik dan mental, dan saya mengagumi upaya para pemain yang terus mengejar kesempurnaan pada tingkat tersebut. Saya sangat suka menonton, dan ada hubungan dan kebahagiaan ekstra karena saya telah menjadi bagian itu selama bertahun-tahun.

Apa 5 hal yang ada di tas Anda saat menghadiri pertandingan?

Hidrasi adalah bagian penting dari rutinitas saya ketika saya bepergian, jadi saya akan membawa botol Evian saya. Topi wide brim, walaupun ini mungkin tidak disukai oleh teman-teman di kursi saya saat saya menonton pertandingan.

Tabir surya SPF mineral Supergoop! yang saya gunakan untuk diri saya sendiri dan untuk anak laki-laki saya, Theo, serta lip balm. Selain itu, saya juga sangat suka mengambil foto dalam bentuk film, jadi saya mungkin membawa kamera film untuk mengambil beberapa gambar sepanjang hari.

4
Courtesy of Bazaar US

Bagaimana Anda melakukan transisi dari petenis profesional menjadi entrepeneur? Dan apakah Anda masih menyisihkan waktu untuk bermain tenis?

Meskipun saya telah meninggalkan kompetisi profesional, saya masih sangat menikmati pergi keluar dan berlatih dengan teman-teman saya.

Pasti lebih santai daripada ketika saya bermain secara kompetitif. Tetapi ada banyak cara untuk memanfaatkannya sebagai latihan dan beraktivitas di luar. Dan itulah salah satu hal yang saya nantikan di New York bersama Evian selama aktivasi SS Evian di sekitar putaran final U.S. Open. Untuk bermain dengan para penggemar di lapangan terapung pertama di New York.

Bagaimana  kondisi tenis perempuan berubah sejak Anda memulainya?

Tenis adalah olahraga yang sangat internasional, yang sangat menarik, terutama bagi para atlet wanita. Keatletisan, kekuatan, daya saing, dan mentalitas juara mereka dapat dirayakan sepanjang tahun di seluruh dunia. 

Fashion jelas berada di garis depan saat turnamen besar, terutama empat turnamen Grand Slam. Anda melihat banyak pemain yang menunjukkan kepribadian mereka dengan warna dan sponsor yang selaras. Jelas ada rasa hormat yang luar biasa atas apa yang mereka lakukan dan platform yang mereka bangun di mana mereka dapat membawa suara dan keatletisan mereka.

Apakah masih perlu banyak usaha untuk membuat olahraga ini menjadi tempat yang adil untuk semuanya?

Tenis selalu menjadi investasi yang sangat mahal untuk olahraga tingkat pemula di seluruh dunia. Jadi, untuk dapat menyediakan peralatan pada tahap awal tersebut, infrastruktur lapangan, dan juga bakat pelatih, baik pria maupun wanita, masih sangat terbatas. 

Sehingga untuk itu, sumber daya pasti perlu ditingkatkan, fasilitas umum juga demikian. Selain itu, diperlukan pola berpikir untuk bermain tenis sebagai hiburan, tanpa adanya tekanan untuk menjadikan diri Anda sebagai seorang profesional atau nomor satu di dunia. Tanpa harus menetapkan ekspektasi yang tinggi, serta menemukan cara untuk menikmati olahraga dan membuatnya menyenangkan. 

Semakin banyak orang yang terhubung dengan permainan ini, semakin baik bagi permainan ini secara keseluruhan, karena hal itu menciptakan penggemar dan antusiasme terhadap olahraga ini di luar dunia tenis.

Apakah Anda berharap putra Anda tumbuh menjadi petenis juga?

Ketika dia sedikit lebih besar, saya pasti akan pergi keluar, dan bermain dengannya dan membelikan raket mini untuknya, yang tentunya akan menjadi momen yang membahagiakan. 

Anak-anak tumbuh dengan sangat cepat, jadi saya pikir saat akan datang lebih cepat dari yang saya kira. Dan, jika dia memiliki keinginan untuk itu, maka baguslah, tapi dia tidak harus memilikinya. Sangat menyenangkan berada di luar ruangan bersamanya dan menemukan aktivitas yang menyenangkan. Saya yakin tenis akan menjadi salah satunya bagi kami berdua.

 

Mengapa partnership dengan Evian saat ini terasa seperti langkah alami selanjutnya?

Evian telah menjadi air resmi U.S. Open selama lebih dari 35 tahun, dan kemitraan kami telah melewati begitu banyak fase yang menarik. Mulai dari kampanye Live Young di awal kemitraan kami, hingga proyek sustainability dengan desainer asal Belanda, Iris van Herpen beberapa tahun lalu.

Hingga kini dapat menikmati U.S Open diatas air bersama SS Evian dengan lapangan tenis terapung pertama di New York.

Evian selalu menjadi yang terdepan dalam hal hidrasi, mengedukasi para atlet dan penggemar tentang apa artinya gaya hidup yang sehat dan seimbang. Ini merupakan perpanjangan dari kemitraan kami, yang memungkinkan kami untuk merayakan tenis, menyebarkan pentingnya terhidrasi, dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bersama.

BACA JUGA:
40 Gaya Favorit Para Selebriti Sepanjang Sejarah Pertandingan Tenis Wimbledon
Naomi Osaka Mengungkapkan Bahwa Meghan Markle Menghubunginya di Tengah Rehat Kesehatan Mental dari Tenis

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)