Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Starbucks Hadirkan Koleksi Terinspirasi dari Wastra Nusantara

Berkolaborasi dengan Purana dalam rangka ulang tahun kemerdekaan Indonesia, Starbucks Hadirkan City Collection Merchandise.

Starbucks Hadirkan Koleksi Terinspirasi dari Wastra Nusantara
Courtesy of Starbucks Indonesia

Starbucks turut berpartisipasi memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dengan menghadirkan City Collection merchandise. Hasil kolaborasi Starbucks dengan merek fashion tanah air, Purana. 

BACA JUGA: Wajib Coba! Starbucks Perkenalkan Menu Baru Ramah Lingkungan

Jenama Indonesia yang didirikan oleh Nonita Respati pada 2009 silam, yang terinspirasi dari latar belakangnya sendiri. Ia dibesarkan oleh seorang ibu pengusaha sekaligus pengagum budaya Jawa. Nama Purana sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang bermakna "naskah kuno." Label ini pun bertujuan melestarikan kearifan lokal nusantara dalam desainnya. Purana menggabungkan kain tradisional, kerajinan tangan, lukisan, dan ilustrasi yang dibuat oleh seniman lokal menjadi seni kontemporer yang dapat dikenakan pada kehidupan sehari-hari. 

Courtesy of Starbucks Indonesia

Starbucks memiliki komitmen untuk memperkuat hubungan antar manusia dengan mengangkat komunitas lokal, di mana Starbucks menjadi bagian di dalamnya. Ini ditampilkan dalam upaya, Starbucks untuk terus bekerja sama dengan seniman lokal dalam menciptakan desain koleksi merchandise-nya. 

Atas landasan misi yang serupa, Starbucks dan Purana menghadirkan koleksi merchandise yang terinspirasi dari wastra beberapa kota di Indonesia. Dimulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Medan, Makassar dan Lombok.  

Courtesy of Starbucks Indonesia

Purana pertama kali kolaborasi dengan Starbucks dengan mendesain botol kaca air mineral khusus untuk Starbucks pada 3 tahun silam. Di City collection ini, Nonita berkeinginan untuk menghasilkan desain yang tidak terpisah, berlapis tapi tak menyatu serta memiliki pilihan warna yang sesuai untuk melambangkan setiap kota. 

"Tantangan terbesar mungkin lebih ke proses penggabungan ikon setiap kota, kain tradisional, dan flora atau fauna endemik dari kota tersebut,” ungkap Nonita Respati

Walau begitu, dengan 14 tahun konsistensi dan kerja kerasnya, dapat dikatakan Nonita berhasil melewati tantangan tersebut dengan menghadirkan elemen desain yang seimbang pada setiap tema pada koleksi ini. 

Tidak ada elemen yang berdiri sendiri, melainkan bergabung dengan harmonis dengan elemen lainnya.

Seperti misalnya, tema Jakarta dan Bali yang mengambil ikon kota dan dipadukan dengan batik khas kawasan tersebut. Sedangkan pada tema Surabaya dan Bandung diambil ikon flora dan fauna mereka, lalu pada tema Makassar dan Lombok menggabungkan ikon flora dan fauna dengan motif kain khas mereka. Terakhir, Medan, Yogyakarta dan Indonesia menggunakan motif kain yang memiliki nilai simbolis. 

Courtesy of Starbucks Indonesia

City Collection merchandise akan tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia dan e-commerce pada tanggal 17 Agustus, dan hadir dalam jumlah terbatas.

Koleksi ini hadir dalam bentuk tumbler berbahan stainless steel, cangkir keramik dan satu set demitasse. 

BACA JUGA:
Mengintip Kemegahan Starbucks Terbesar di Dunia
Ini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kulit, yang Lebih Dari Sekadar Minuman Penambah Energi

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Starbucks Indonesia)