Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kulit, yang Lebih Dari Sekadar Minuman Penambah Energi

Bisa membantu meratakan warna kulit dan menghaluskan kulit, hingga mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Ini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kulit, yang Lebih Dari Sekadar Minuman Penambah Energi
Courtesy of Freepik.com

Tak hanya mampu memberikan dorongan energi agar semangat menjalani aktivitas setiap hari, ternyata kopi juga dinilai mampu mendorong tampilan kulit yang lebih sehat. Bukan tanpa alasan, antioksidan yang terkandung di dalam kopi mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan. Bahkan, kopi juga dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan mengurangi kehilangan air transepidermal. 

Selengkapnya, berikut enam manfaat kopi untuk kulit yang perlu Anda ketahui. 


Mengurangi tampilan selulit

Kopi telah terbukti dapat membantu mengurangi tampilan selulit. Ini dibuktikan pada sebuah studi kecil tahun 2011 dalam International Journal of Cosmetic Science, kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi tampilan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tampilan selulit yang mengganggu. 

Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Sebagaimana diketahui, kopi mengandung sejumlah antioksidan, ini termasuk polifenol, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), yang menjadi penyebab utama munculnya tanda-tanda penuaan dan kerusakan kulit. 

Sebuah penelitian tahun 2015 dalam International Journal of Dermatology,  menyimpulkan bahwa wanita Jepang berusia 30-60 tahun yang mendapatkan antioksidan tinggi dari kopi memiliki lebih sedikit bintik-bintik penuaan (age spots) akibat sinar UV di wajah mereka dibandingkan wanita yang tidak mendapatkan antioksidan sama sekali. 

Meskipun begitu, ini bukan berarti kopi dapat digunakan sebagai pengganti sunscreen. Anda tetap perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. 


Menghaluskan dan meratakan warna kulit

Sudah menjadi rahasia umum jika kopi dapat digunakan sebagai scrub, yang bagus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Inilah yang membuat kulit Anda terasa lebih halus dan warna kulit tampak merata. 

Tak hanya itu saja, sebuah hasil penelitian tahun 2013 dalam jurnal Analytical Methods, menunjukkan bahwa senyawa dalam kopi seperti caffeic acid dan antioksidan dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini, yang bisa meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 


Mengatasi mata bengkak (puffy eyes) dan mengurangi dark circles

Kopi juga dapat bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak (puffy eyes) dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini berkat kandungan kafein dalam kopi yang dapat merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah, yang bisa mengatasi mata bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 


Mengurangi peradangan

Berdasarkan studi tahun 2015 dalam International Journal of Dermatology, senyawa lain yang ditemukan dalam kopi, seperti asam klorogenat dan melanoidin, diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan, termasuk mengurangi peradangan di sekitar mata. Senyawa asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi hiperpigmentasi yang terkait dengan inflamasi. 


Menghaluskan kulit kaki

Kopi sebagai eksfoliator dapat secara efektif untuk membersihkan, menghaluskan, dan melembutkan kulit kaki. Ini karena kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di area kaki dan merangsang aliran darah serta sirkulasi di area tersebut, berkat kandungan kafein di dalamnya. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, rendam kaki di dalam air kopi dan gunakan ampasnya untuk menggosok sel kulit mati yang menumpuk di kaki. Lakukan secara rutin untuk membuat kulit kaki tampak lebih bersih, halus, dan lembut. 


Membuat masker wajah kopi 


Ada beberapa cara berbeda untuk membuat masker wajah kopi di rumah yang bagus untuk mendorong tampilan kulit sehat. Salah satu caranya adalah dengan mencampur bubuk kopi dengan bahan non-comedogenic, sehingga tidak menyebabkan munculnya jerawat. Berikut salah satu resep masker wajah kopi yang bisa Anda coba di rumah:

1. Campurkan bubuk kopi dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama hingga berbentuk pasta. 
2. Oleskan pasta ke wajah secara merata dan menyeluruh
3. Biarkan masker kopi selama kurang lebih 10-15 menit.
4. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. 

Lakukan rutinitas perawatan kulit ini dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

(Foto: Courtesy of Freepik.com)