Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melihat Kesuksesan Pergelaran Art Jakarta 2022

Bertajuk Again! mari simak berbagai keseruan yang terjadi selama pekan seni Art Jakarta 2022 yang resmi kembali setelah dua tahun absen.

Melihat Kesuksesan Pergelaran Art Jakarta 2022
(Photographed by The Leonardi/Art Jakarta 2022)

Setelah dua tahun harus absen akibat pandemi Covid-19, akhirnya salah satu pergelaran pameran seni paling besar dan berpengaruh di Indonesia, yaitu Art Jakarta resmi kembali!

Baca juga: Art Jakarta 2022 Kembali Hadir di JCC Tanggal 26-28 Agustus Ini

Ya, sukses terselenggara dari tanggal 26-28 Agustus 2022 kemarin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pekan seni internasional yang telah konsisten diselenggarakan sejak tahun 2009 persembahan MRA Group ini kembali menampilkan koleksi karya seni rupa baik dari dalam maupun luar negeri.

Art Jakarta 2022
(Photographed by The Leonardi/Art Jakarta 2022)

Acara tahun ini memang terasa sangat istimewa, mengingat semenjak pandemi Covid-19 yang berlangsung di awal tahun 2020 kemarin, berbagai penyesuaian harus diambil termasuk ketika harus mengubah format penyelenggaraan Art Jakarta menjadi virtual di tahun 2020 silam, hingga memperkenalkan konsep baru yaitu Art Jakarta Gardens yang diselenggarakan di area outdoor pada bulan April 2020 lalu. 

Dan puncak dari acara Art Jakarta tahun ini pun ditutup lewat presentasi secara offline dengan mengusung tema Again! Dimeriahkan oleh penampilan dari 39 galeri dalam negeri serta 23 galeri dari luar negeri, para galeri ini memamerkan ribuan karya yang tersedia dalam wujud lukisan, instalasi, seni rupa hingga karya seni kontemporer.

Art Jakarta 2022
(Photographed by The Leonardi/Art Jakarta 2022)

Tidak hanya menghadirkan presentasi dari seni tradisional saja, sadar akan besarnya pengaruh dari seni digital pada perkembangan dunia seni akhir-akhir ini, selain membagi Art Jakarta menjadi tujuh segmen yang di antaranya terdiri dari Art Jakarta Gallery, Art Jakarta Spot, AJX, AJ1, Bali Art Scene, Scene, Art Jakarta Play, hingga Art Jakarta Talk. Dan salah satu bagian lain yang tak kalah menarik adalah hadirnya segmen Art Jakarta NFT. 

Seperti yang diketahui, konsep ini sendiri sebetulnya telah diperkenalkan sebelumnya pada gelaran Art Jakarta Gardens dan mendapat sambutan positif, untuk itu kini segmen Art Jakarta NFT yang berkolaborasi dengan thisPLAY Studio dan Work In Progress resmi kembali dan hadir dalam skala yang lebih besar demi memberikan pengalaman yang lebih komprehensif bagi para pengunjung.

Selain memberikan presentasi karya seni dengan kualitas terbaik, tahun ini bersama rekan setianya selama lima tahun terakhir ini yaitu UOB, Art Jakarta mempresembahkan sebuah segmen khusus yang didedikasikan bagi para anak-anak yang berkunjung ke Art Jakarta dengan tajuk Art Jakarta Play. 

Aart Jakarta 2022
(Photographed by The Leonardi/Art Jakarta 2022)

Dengan misi untuk mengasah kreativitas, kepekaan, serta imajinasi melalui beragam kegiatan, bersama dengan salah satu pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021 yaitu Meliantha Muliawan, Art Jakarta dan Meliantha secara khusus merancang sebuah ruang untuk memperkenalkan kesadaran akan lingkungan alam bagi anak-anak. 

Aart Jakarta 2022
(Photographed by The Leonardi/Art Jakarta 2022)

Dijumpai secara langsung selama konferensi pers Art Jakarta yang dilangsungkan pada tanggal 26 Agustus kemarin, Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan menuturkan pandangannya mengenai kembalinya gelaran Art Jakarta. “Pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni global. Situasi yang sulit itu tentu telah mendorong banyak pelaku ekosistem seni untuk bereksperimen.

Mulai dari pameran seni yang dihelat di platform media sosial hingga konser musik yang digelar dalam semesta video game, kita menemukan banyak terobosan baru dalam mengalami karya seni.

Kembali digelarnya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan era pandemi. Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan.” 

Harapan yang tak jauh berbeda juga turut disampaikan oleh CEO MRA Group, Maulana Indraguna Sutowo seperti yang dituturkan oleh Mita Soedarjo selaku Head of Division of MRA Media, “Semoga Art Jakarta tahun ini tidak hanya menjadi ajang yang memajukan dunia seni dan membuatnya menjadi berkelanjutan, tetapi juga bisa menjadi penyembuh dan penguat bagi dunia yang sedang berusaha bangkit kembali. Maju terus dunia seni Indonesia, berkarya terus senimannya, selamat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk semua.” 

Nantikan seri Art Jakarta selanjutnya yang direncakan akan kembali pada 25-27 Agustus 2023 hanya di JCC Senayan! See you next year!

Baca juga:

Investasi Bertemu Seni Persembahan Bibit di Art Jakarta 2022

Art Jakarta Kembali Lagi Tahun Ini, Namun Digelar Secara Virtual

(Foto: Courtesy of Art Jakarta)